Bisa dibilang “Aku datang, aku bermain, aku berkarya” adalah kredo Kelas Langit. Mereka selalu happy dan bersemangat. Itu juga tampak ketika mereka mengadakan Pameran Karya Kelas Langit, berupa pementasan dan presentasi kegiatan. Pameran karya ini merupakan bentuk laporan kami kepada orang tua murid. Berikut adalah catatan Kak Kiki, guru Kelas Langit:

Pada hari Sabtu 8 Oktober 2011 pagi –antara pukul 07.30-08.15– orang tua dan adik-adik mulai berdatangan. Mereka mengisi absen terlebih dahulu di pintu samping. Tiba di lokasi, adik-adik bermain bebas dan orang tua saling beramah tamah.

Acara dibuka oleh Kak Dewi, dengan mengucapkan terima kasih atas kedatangan orang tua dan sedikit menjelaskan mengenai acara. Kemudian Kak Ami selaku Koordinator Taman Kanak-Kanak Sekolah Tetum Bunaya memberikan kata sambutan.  Mami Ken dan Ibu Kay –masing-masing Koordinator Kelas Bulan dan Langit Bintang– juga memberikan sambutan.

Kak Dewi, Kak Ami, Mami Ken dan Ibu Kay (searah jarum jam dari kiri atas)

Setelah itu Kak Dewi mempersilakan adik-adik untuk membuat lingkaran di karpet. Mereka diminta minum air mineral terlebih dahulu sebelum melakukan Brain Gym bersama Kak Kiki dan Kak Dewi. Orang tua yang ingin mengikuti Brain Gym pun dipersilakan minum air putih.

Adik-adik mengikuti Brain Gym dengan tenang. Ibu Kay ikut di dalam lingkaran, sementara orang tua murid lain melakukan Brain Gym di tempat duduk mereka.

Brain Gym.

Setelah Brain Gym, adik-adik melakukan permainan auditori. Mereka menutup mata dan menebak dua suara berturutan. Seperti halnya di kelas, adik-adik antusias mengikuti permainan dan menjawab apa yang mereka dengar. Bahkan ada yang menambahkan bahwa ia mendengar suara kamera. Pada saat mereka menutup mata memang beberapa orang tua mengabadikan momen itu dengan memotret.

Usai tebak suara, mereka mengisi kalender dengan mengenal hari dan tanggal.

Pada pukul 09.00-09.30 adik-adik memakai celemek. Mereka diminta memakai celemek sendiri, dan boleh membantu atau dibantu teman.

Memakai celemek sendiri.

Membantu teman.

Membantu menalikan celemek.

Setelah memakai celemek, adik-adik dapat memilih kegiatan. Ken mengayak, Raya menuang air, Hafi dan Rayyan meronce, Kay memasang mur dan baut, Abira mengocok, Rino, Izza dan Akbar melakukan balok silinder, Thifa memeras spons, Liza broad stairs, Izza balok silinder, Marvin menjepit dan Keiza menyendok biji-bijian.

Memeras.

Menyendok.

Saat sudah mendekati pukul setengah sepuluh, mereka mengembalikan barang di rak, dan berkumpul untuk bernyanyi bersama. Mereka menyanyi Memandang Alam dan Aku Anak Indonesia.

Menyanyi.

Orang tua yang bangga.

Dan acara yang ditunggu adik-adik adalah … makan bersama. Hari itu menu istimewa mereka adalah bihun sayuran … hmm. Mereka mengikuti proses makan bersama dengan tertib, dan spontan sikat gigi selesai makan.

Makan bersama dengan tertib.

Waw, tamu Kelas Langit –Adik Kei– ikut mengembalikan piring:)

Usai makan, mereka bermain Kucing dan Tikus. Setelah permainan berakhir, adik-adik menyanyi Now It’s Time to Say Goodbye.

Bye … indahnya hari itu, bersekolah bersama ayah dan bunda:)

Open chat