Catatan Kak Leli, guru Kelas Antariksa (TK B):

Di awal semester genap ini Kelas Antariksa dengan bersemangat melakukan kegiatan yang diberikan. Kegiatan di bulan ini bertema “Aku”, dengan subtema “Keluargaku”.

Di bulan ini mereka mulai membuat jurnal kegiatan agar ayah dan bunda di rumah bisa tahu kegiatan mereka. Mereka menyampul buku jurnal dan menghiasinya dengan gambar. Setiap hari mereka dengan bersemangat menuliskan kegiatan yang dilakukan.

Mereka melakukan kegiatan bahasa dengan menyebutkan alamat rumah. Ada yang telah menyiapkan alamatnya di kertas, dan membacakan alamat rumahnya dengan jelas. Mereka juga berlatih matematika dengan menyebutkan nomor-nomor telepon yang diketahui, dan berlatih mengenal jam dengan alat peraga. Selain itu, mereka berlatih motorik halus dengan mencap jari: mereka mencap ibu jari pada bak stempel dan menempelkannya pada kertas, lalu berkreasi menjadi berbagai bentuk. Misalnya, kupu-kupu.

Mereka juga menggambar anggota keluarga, dan menyebutkan nama ayah, bunda dan kakak atau adik. Pada kegiatan estetika, mereka menganyam dengan daun pisang, seperti tikar.

Pada minggu terakhir Januari, mereka menggambar peta dari rumah ke sekolah. Mereka menggambar jalan dan tempat yang dilewati setiap hari.

Pada kegiatan bercakap-cakap, mereka menyebutkan kegiatan di rumah secara kronologis.

Permainan baru yang mereka pelajari adalah bola bekel. Wow, mereka terlihat senang melempar, mengambil bekel, menangkap bola, dan menyebarkan biji bekel.

Kegiatan di luar kelas yang mereka ikuti adalah melempar dan menangkap bola, main bola, serta bermain bola basket. Pada kegiatan bahasa Indonesia, mereka berkenalan dengan konsonan ganda dan diftong “ai” (misalnya, pada kata “pakai”, “helai”).

Pada kegiatan bahasa Arab, mereka diperkenalkan dengan kata usroti (keluargaku), sedangkan pada kegiatan bahasa Inggris, mereka bernyanyi dan menambah kosa kata dalam tema My Family.

Bulan ini diakhiri dengan karyawisata ke Kidzania.

(Foto-foto di bawah ini diambil oleh Andi Andyanto, fotografer, pada waktu berkunjung ke Tetum Bunaya semester lalu):

Waktu Lingkaran.

 

Persiapan ke mesjid.

 

Menunggu teman-teman untuk ke mesjid.

 

Menjalin pertemanan sepanjang jalan.

 

Di mesjid.

Open chat