Catatan Kak Wiwik, Guru Kelas Merkurius (Kelas 1 SD):

Setelah masa liburan Semester I usai, pada bulan Januari Kelas Merkurius kembali beraktivitas memasuki Semester II.

Pada hari pertama mereka datang dengan penuh semangat dan segera menuju kelas. Saat Waktu Lingkaran, ada yang berusaha duduk tenang walaupun tidak sabar untuk segera menceritakan pengalaman liburan. Ada juga yang terlihat letih karena baru kembali dari luar kota sehari sebelumnya.

Namun mereka sudah siap untuk belajar….

Di minggu pertama, mereka berlatih menulis jurnal kegiatan yang telah dilakukan di kelas. Mereka juga mulai berlatih Senam Cerdas Ceria yang mirip gerakan Brain Gym. Tapi saat ini mereka masih dalam tahap pemanasan. Mereka pun berlatih menyanyi lagu Minangkabau, Kampuang Nan Jauah di Mato. Lagu ini dipilih karena di bulan ini mereka belajar dengan tema keluarga. Kampung menyiratkan keluarga, bukan?

Pada minggu kedua mereka membuat pohon keluarga. Pada kegiatan sains mereka mengenal ukuran berat dengan menimbang benda-benda yang ada di kelas.

Minggu berikutnya mereka mencoba membuat pewarna dari bahan alami dan memanfaatkannya untuk melukis. Mereka juga belajar menganyama untuk latihan koordinasi mata dan tangan.

Mereka pun membuat pohon keluarga dan bercerita tentang orang-orang di dalam keluarga masing-masing.

Alhamdulillah, mereka telah dapat melakukan semua kegiatan dengan tenang.

(Foto-foto di bawah ini diambil di hari pertama pada saat mereka bersama-sama menggambar di kertas besar. Hasil karya itu akan dipakai sebagai pembatas ruang pada acara-acara di sekolah)

 

 

 

Open chat