Catatan Kak Ami, guru Kelas Venus (2 SD):

Begitu memasuki gerbang sekolah anak-anak Kelas Venus menyapa dan bersalaman dengan Kakak. Selesai menyimpan sepatu mereka langsung menulis di kertas absensi, lalu mengambil air wudu untuk salat Duha.

Di hari pertama mereka menyusun kertas berbentuk lingkaran bertuliskan ringkasan buku yang mereka baca selama libur menjadi ulat yang panjaaaang sekali. Ya, mereka membaca 4-5 buku, bahkan lebih sehingga ulat itu menjadi panjang.

Di bulan Januari ini merupakan masa adaptasi setelah liburan. Di minggu pertama mereka menceritakan liburan bersama keluarga, dan (yang juga penting) belajar menyimak dan menghargai saat orang lain bercerita.

Sesuai dengan tema keluarga di bulan ini, mereka juga diminta menulis cerita tentang kegiatan sehari-hari yang dilakukan keluarga. Mereka pun belajar memilah sampah organik dan anorganik. Mereka memanfaatkan barang bekas untuk dipakai sebagai bingkai foto keluarga, dan dalam kelompok mereka membuat pohon keluarga Tetum Bunaya.

Mereka juga berlatih mengisi biodata keluarga, dan dilanjutkan dengan membuat sejarah keluarga. Dengan kertas yang telah dibuat gambar ayah/ibu/kakak/adik/diri sendiri dan tanggal lahir masing-masing, mereka mempresentasikan sejarah keluarga. Kegiatan yang menarik dan membuat mereka bersemangat. Teman-teman pun menyimak dan bertanya.

Pada kegiatan bahasa Inggris mereka menambah kosa kata baru dengan tema My Family.

Tentu saja mereka tetap berlatih kepekaan dengan membersihkan kelas menjelang pulang.

Senyum Venus.

Membuat ulat si kutu buku.

Mengerjakan latihan bahasa Inggris.

Melipat alas makan.

 

Juga membersihkan kelas sebelum pulang.

 

Olahraga.

 

Presentasi sejarah keluarga.

Presentasi "Pengalamanku dengan Sifat Allah Mahamendengar".

 

 

 

 

 

 

 

Open chat