Catatan Kak Wiwik, guru Kelas Merkurius (Kelas 1):

Memasuki Februari, adik-adik Kelas Merkurius mengikuti kegiatan dengan tema Aku, dan subtema Tubuhku.

Kebiasaan mereka begitu datang ke sekolah adalah berjalan ke kelas untuk melakukan salat Duha. Setelah tiba saat Circle Time (Waktu Lingkaran), mereka duduk berdampingan dalam lingkaran untuk menyimak dan berdiskusi. Memasuki bulan ke-7 bersekolah, mereka sudah dapat bersikap tenang dalam lingkaran, sekalipun masih ada yang cenderung berbicara dengan teman sebelah.

Mengisi absen.

Menaruh buku penghubung.

 

Pada minggu pertama, mereka diajak mengenal lebih dekat tentang tubuh sendiri dengan menggambar diri dan membuat buklet tentang cara menjaga kesehatan. Mereka juga belajar mengenal batas kadaluwarsa pada makanan kemasan.

Poster diriku.

Di minggu berikutnya mereka membuat poster diri seukuran tubuh, mengenal ekspresi wajah, dan mengenal perbedaan yang tampak pada anak laki dan perempuan. Mereka juga belajar mempresentasikan gagasan tentang cara menjaga kesehatan tubuh. Kegiatan yang berkesan di bulan ini adalah percobaan udara dengan meniup balon.

Menulis jurnal.

Memilih aktivitas sendiri: ada yang bekerja, ada yang menulis, ada yang makan, ada yang baca buku.

 

Lagu yang mereka pelajari di bulan Februari adalah Ampar-Ampar Pisang.

Pada minggu ketiga mereka belajar menjaga kebersihan diri dengan memotong kuku. Mereka juga belajar membaca angka pada alat pengukur suhu tubuh.

Kegiatan olah tubuh yang mereka lakukan adalah naik egrang, yang ditujukan untuk mengkoordinasikan tangan dan kaki. Mereka juga berlatih menggelantung pada tali untuk dan melatih kekuatan tangan.

Sebagian dari mereka belajar mengenal nama-nama benua dan membuat peta dunia.

Open chat