Catatan Kak Wiwik (Guru Kelas Merkurius – Kelas 1 SD):

Setelah melewati masa adaptasi, pada bulan Agustus ini Adik-Adik kelas Merkurius kembali mengikuti aktivitas di sekolah dengan tema Budi Pekerti.

Setiap pagi Adik-Adik Merkurius datang ke sekolah dengan semangat. Mereka datang langsung menuju kelas, mengisi daftar hadir, dan mengikuti kegiatan tadarus yang dibimbing Kak Samsul.

Saat Waktu Lingkaran, Adik-Adik sudah mulai hapal dengan rutinitas yang biasanya dilakukan bahkan kadang-kadang mereka langsung melakukan Brain Gym setelah mendengar suara musik.

Pada minggu pertama, dengan subtema Tenggang Rasa, mereka diajak untuk mengenal bentuk geometri. Dengan antusias mereka menyebutkan benda-benda yang ada di rumah memiliki bentuk dasar segi tiga, segi empat dan lingkaran.

Bertepatan pada bulan Agustus Adik-Adik Merkurius menyanyikan lagu Hari Merdeka. Mereka sangat tertarik dengan lagu tersebut dan bernyanyi dengan semangat.

Di akhir pekan minggu pertama mereka mengikuti kegiatan Pesantren Kilat dengan tema “Aku Anak Saleh”. Pada kegiatan tersebut Adik-Adik diajak untuk  melakukan tadarus, belajar tentang doa harian, mengalunkan lagu Islami dan merasakan nikmatnya berbuka bersama.

Pada minggu kedua, dengan subtema Tanggung Jawab, mereka  mulai belajar membaca. Dimulai dari membaca huruf, membaca dua suku kata, dan membaca kalimat sederhana. Di akhir minggu kedua mereka mengikuti kegiatan memasak kue bawang. Dalam kesempatan tersebut Adik-Adik berlatih mengulek, memotong, menguleni, membentuk kue menggunakan garpu dan mengemas ke dalam wadah plastik. Saat mengemas mereka terlihat antusias memasukkan kue ke dalam wadah.

Di akhir tema, Adik-Adik mengikuti kegiatan Halal Bihalal bersama teman, kakak-kakak dan beberapa orang tua murid di sekolah. Mereka menceritakan pengalaman mereka saat berlebaran dan melakukan sholat Idul Fitri bersama keluarga.

 

Menunggu giliran melempar bola.

 

Selasa adalah hari olahraga.

Kue lebaran Kelas Merkurius untuk Kak Endah

 

Open chat