Catatan Kak Septi dan Samsul, guru Kelas Venus (Kelas 2 SD Tetum Bunaya):

Usai libur Lebaran, Kelas Venus memulai kegiatan belajar dengan mengikuti Halal Bihalal. Mereka senang karena saling berjumpa lagi dan mulai beraktivitas lagi di sekolah.

Di kegiatan Halal Bihalal itu mereka bersalaman dengan teman, kakak dan sebagian orang tua yang bertugas sebagai koordinator kelas. Mereka mencicipi kue Lebaran yang mereka bawa.

Sebelum libur, selama Ramadhan, mereka melakukan tadarus, melafalkan dan menghafal doa dan surat pendek sebelum jam kegiatan di kelas dimulai.

Minggu pertama di bulan Agustus bertepatan dengan bulan Ramadhan. Adik-Adik mengikuti kegiatan Aku Anak Shaleh yang dilakukan di sore hari. Mereka melakukan shalat asar berjamah, membaca doa-doa harian, menyanyi lagu-lagu Islami,  melafalkan serta menghapal  surat-surat pendek, dan sholat Maghrib berjamaah.

Dalam kegiatan sehari-hari, di minggu itu mereka belajar materi bahasa dengan menggambar ekspresi, membuat gambar cetak, membaca mendengarkan cerita,  menulis kata yang didiktekan, dan menulis cerita bersambung. Mereka juga belajar matematika dengan pengurangan bilangan.

Adik-Adik Kelas Venus juga melakukan kegiatan olah tubuh di luar kelas, seperti melompat tali dan berlari cepat.

Di minggu terakhir, mereka membuat ucapan Lebaran untuk orang tua masing-masing, juga membuat kue khas Lebaran, kastengel. Saat membuat kue mereka mengenal bahan-bahan masakan, menimbang, mengaduk, menguleni, dan membentuk. Kegiatan membentuk membuat Adik-Adik berkreativitas dengan mudah. Ada yang membentuk wajah, huruf, segi empat, dan bulatan kecil.

Saat Family Gathering, mereka tampil dengan percaya diri menyanyikan lagu  Maju Tak Gentar. Salah satu dari mereka, Abraar, dengan percaya diri menyanyi solo di panggung.

 

Menuju area pesantren kilat.

 

Berbaris sebelum tampil bernyanyi di acara Famaily Gathering

 

Tampil dengan percaya diri.

 

Berkumpul untuk kegiatan olah raga.

 

Pemanasan

 

Kemampuan motorik kasar yang terlatih.

 

Tiaz mengikuti kegiatan olah raga.

 

 

 

 

 

 

 

 

Open chat