Catatan Kak Rifda (Guru Kelas Bumi – Kelas 3 SD):

Setelah melewati masa adaptasi, pada bulan Agustus lalu Adik-Adik kembali mengikuti aktivitas di sekolah. Tema di bulan itu adalah Budi Pekerti yang meliputi subtema Tenggang Rasa dan Tanggung Jawab.

Adik-Adik Kelas Bumi memahami makna tenggang rasa melalui kegiatan sehari-hari di sekolah, seperti menjaga sikap, dan menyimak serta merespon ketika teman bercerita.

Dalam hal tanggung jawab Adik-Adik Kelas Bumi tentunya sudah berlatih di kelas-kelas sebelumnya. Sekarang ini mempraktikkannya dengan menunjukkan sikap baik, kapan pun,  datang tepat waktu, memahami alur kegiatan, dan menyelesaikan kegiatan dengan baik.

Setiap datang ke sekolah, Adik-Adik langsung menuju kelas dengan semangat. Setelah mengisi daftar hadir dan shalat Dhuha, mereka langsung mengikuti kegiatan tadarus dan doa harian yang dibimbing oleh Kak Samsul.

Kegiatan tadarus.

 

Pada minggu pertama, dengan subtema Tenggang Rasa, Adik-Adik memulai membaca buku dengan menyuarakannya. Diharapkan mereka dapat membaca dengan lafal dan intonasi yang tepat. Mereka menulis puisi dan membacakannya di hadapan teman-teman dengan penghayatan, dan kemudian menceritakan isinya.

Pada kegiatan bahasa, mereka belajar menggunakan huruf kapital dan tanda baca pada kalimat.

Adik-Adik juga membuat kartu Lebaran untuk orang tua masing-masing.

Saat diajak menyanyikan lagu Syukur, mereka menyimak terlebih dahulu karena belum pernah mendengarnya. Setelah mendengarkan dengan  baik, mereka dengan antusias menyanyikannya.

Di akhir pekan, Adik-Adik mengikuti kegiatan Pesantren Kilat dengan tema “Aku Anak Saleh”. Pada kegiatan tersebut Adik-Adik diajak untuk  melakukan tadarus, membaca doa-doa harian, menyanyikan lagu Islami dan merasakan nikmatnya berbuka bersama bersama teman-teman dan kakak-kakak.

Fardhan azan saat menjelang sholat ashar berjamaah di kegiatan Aku Anak Saleh.

Pada minggu kedua, dengan subtema Tanggung Jawab, Adik-Adik membuat buklet perkembangan pada manusia dan mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup pada kegiatan Sains.

Pada kegiatan kesenian mereka terlihat gembira saat bermain congklak.

Adik-Adik pun melakukan kegiatan menggambar secara berkelompok. Mereka membuat gambar, yang dipakai sebagai latar panggung dalam acara Family Gathering.

Salah satu karya untuk latar panggung.

Adik-Adik pun mengikuti kegiatan membuat cheese balls di rumah Cahaya. Dalam kesempatan tersebut Adik-Adik mengocok margarin dengan mixer, dan membentuk adonan menjadi bulatan kecil. Mereka menabur keju, mengolesi bagian atas kue dengan kuning telur, dan memanggangnya. Sekalipun tidak sabar  untuk segera menikmati kue buatan sendiri, mereka tetap menatanya stoples untuk ditunjukkan kepada keluarga di rumah.

Kue Lebaran kelas Bumi.

 

Di akhir pekan mereka mengikuti acara Family Gathering dengan menyanyikan lagi Kembali ke Sekolah. Mereka dilibatkan sebagai panitia, dalam berbagai aktivitas di acara itu.

Kak Wiwik, Cahaya dan Gina menunjukkan tanda panitia.

Usai libur Lebaran, mereka pun masuk dan mengikuti kegiatan Halal Bihalal bersama teman-teman, Kakak-Kakak, dan sebagian orang tua di sekolah. Mereka membawa kue Lebaran, dan menikmatinya bersama.

 

Open chat