Catatan Kak Aas, dan Kak Dewi,  Guru Kelas Langit (TK-A):

Di bulan Agustus, bertepatan dengan bulan Ramadhan,  Adik-Adik Kelas Langit mengikuti kegiatan bertema “Kemerdekaan Melawan Hawa Nafsu”.  Di pagi hari setelah mengisi absen Adik-Adik menuju saung dan mengikuti kegiatan tadarus bersama-sama. Mereka terlihat bersemangat melakukan semua kegiatan yang diberikan di sekolah.

Adik-Adik Kelas Langit diajak memahami arti puasa secara mendasar. ketika Kakak menanyakan kata-kata apa saja yang berhubungan dengan bulan Ramadhan, mereka menyebutkan, puasa, sahur, buka, beduk, kolak, dan tarawih.

Mereka juga mengikuti kegiatan pesantren kilat bertema “Aku Anak Saleh”. Adik-Adik Kelas Langit belajar berwudhu dengan tertib, shalat ashar berjamah, bernyanyi lagu-lagu Islami,membaca doa-doa harian,  mengikuti bacaan  surat-surat pendek dan mewarnai kaligrafi.

Di luar kelas, Adik-Adik berlatih motorik kasar dengan berjalan di papan titian, senam, dan bermain bola.

Latihan Aktivitas Sehari-Hari mereka lakukan dengan menyendok biji-bijian, juga membawa, dan menggulung alas kerja. Kegiatan tersebut mereka lakukan dengan tenang.

Pada minggu berikutnya mereka menyanyikan lagu “Aku Anak Indonesia” dengan semangat. Mereka juga membuat bendera Merah Putih, mengenal tempat ibadah, membuat kartu Lebaran, dan kolase ketupat.

Di akhir pekan mereka menari di acara Family Gathering dengan penuh percaya diri.

Saat mengikuti kegiatan memasak mereka bersemangat membuat kue bolu cubit senyum. Mereka mencampur bahan-bahan, mengocok adonan, dan mencetak. Adik-Adik terlihat senang dan gembira ketika mencicipi kue buatan mereka sendiri.

Di minggu terakhir, pada subtema “Mengenang Liburan” mereka bercerita tentang liburan Lebaran. Saat bercerita mereka terlihat percaya diri. Ada yang berlibur di rumah nenek, ada yang jalan-jalan ke luar kota, seperti Yogja, Solo, dan Bandung.

Membaca doa-doa harian.

Enjang bernyanyi dengan percaya diri

Kemandirian

Koordinasi tangan dan kaki yang terlatih

kecerian bermain di luar kelas.

Circle Time (Waktu Lingkaran) bersama Kak Aas.

Open chat