Ini surat Kak Endah kepada Kakak-Kakak:

 

Mohon kehadiran Kakak-Kakak untuk menyambut kehadiran Mike Wood, Selasa 8 Oktober 2013, pukul 13.00 di Ruang Semut (?). 

Ini adalah foto beliau (tidak ditampilkan di sini karena diambil dari suatu situs).

Saya akan sampaikan sedikit tentang MW:

Sebetulnya Mike Wood adalah seorang pengacara yang bekerja di perusahaan konsultan. Tahun 1995 dia mendirikan Leapfrog (http://www.leapfrog.com/en/index.html). Waktu pensiun tahun 2004, Wood sudah membuat 120 juta educational systems, buku anak interaktif, dan games untuk di rumah.

Tahun 2006 dia mendirikan SmartyAnts, online learning tool untuk membantu anak-anak membaca (dengan kurikulum pendidikan nasional AS, Common Core).

Dalam kunjungan ke Indonesia, Tetum dipilih menjadi salah satu tempat yang dikunjungi MW, mungkin karena keunikannya (adanya pepohonan, di tengah perkampungan) yang tidak ditemui di tempat lain.

Saya sendiri bersedia bekerja sama dengan SA karena programnya berbasis linguistik. Pada dasarnya SA itu untuk mengajarkan membaca, dengan kurikulum pendidikan nasional AS, Common Core. Kurikulum CC khusus di bidang bahasa, sangat terasa jenjang scope dan sequence-nya (kedalaman dan keluasan). Diawali dengan fonik (mendengarkan bunyi bahasa /p/, /b/, /n/ dll), kemudian berlanjut ke tingkat kata /p/ + /a/ + /n/ menjadi ‘pan’ dst, terus kalimat, dan berlanjut ke wacana). Selama 11 level, anak hanya belajar mendengar.

Selama ini metode pengajaran bahasa Inggris yang diterapkan di Tetum adalah total physical response, dan tidak menitikberatkan pada gramatika, seperti yang biasanya yang diperoleh dalam metode pengajaran bahasa Inggris.

Nah, Kakak-Kakak, mohon bantuan tidak hanya untuk kedatangan MW, tapi juga berjuang menyampaikan kebenaran dalam pendidikan.

.

.

.

.

.

.

.

.

 

Open chat