Pagi itu Kelas Mars belajar di Ruang Semut yang terletak di gedung TK. Ruang Semut adalah ruangan serba guna yang juga digunakan sebagai tempat belajar komputer. Hari itu mereka akan melakukan kegiatan ICT (Information, Communication, Technology).

Sebelum memulai kegiatan, mereka melakukan kegiatan Circle Time untuk membahas mengapa hari itu ke sana. Menurut Kak Endah, hari itu, Senin 4 November 2013, adalah Harpitnas. Apa itu Harpitnas? Anak-anak menebak, sampai akhirnya tahu bahwa kata itu adalah singkatan dari Hari Kejepit Nasional. Hari itu disebut “kejepit”, karena diapit dengan dua hari libur. Dua hari sebelumnya, adalah Sabtu dan Minggu, yang merupakan hari libur. Hari Selasa adalah hari libur tahun baru Islam.

Untuk memberi apresiasi kepada anak-anak yang tetap giat belajar sekalipun ada sebelum dan sesudahnya hari libur, sekolah melakukan kegiatan yang istimewa di setiap kelas. Di TK ada kegiatan mendongeng, kelas Merkurius berkebun, Venus memasak bakso, Bumi membuat kegiatan melukis kaos, dan Mars? Membuat blog.

“Horee!” kata mereka.

Blog itu adalah blog kelas, dan setiap anak dapat mengisi. Nama blog mereka adalah http://kidblog.org/KelasMars/.

Blog Kelas Mars

 
Kidblog adalah blog yang aman. Anak tidak perlu membuat email.

Ini misalnya, tulisan salah satu anak.

Hai semuanya. Selamat datang di Mars’ blog. Senang rasanya mempunyai kidblog untuk anak. Kalian juga kan. I love my blog karena pertamanya kita membuat blog. Pastinya happy kalau kita bisa prestasi dengan karya kita. Semoga aja blog kita nggak RIP. Nanti karya kita kita bisa ilang. Semoga blog ini bermanfaat yaaa buat kita. Manfaat blog ini sangat … banyak karya kita. Karya kita nanti bisa dipajang di internet. Blog is forever. Oh iya sekian sampai sini dulu. Bye.

Kegiatan ICT ini akan menjadi kegiatan rutin untuk Kelas 4 setelah midsemester berlalu.