6 November 2013 anak-anak kelas Laut Lumba-lumba (Kelompok Bermain usia 3- 4tahun) kebagian pagi yaitu 08.00 hingga 10.00. Dalam seminggu belajar hanya 3 hari. Sedang kelas Lumba-lumba Pinguin belajar siang dari  10.00 hingga 12.00.

Anak satu-satu datang ke unit Kelompok Bermain. Mereka sudah mampu beradaptasi sehingga tak ada lagi rengekan tak mau ditinggal pengantar (orang tua, nenek, atau baby sister). Buka kaos kaki sendiri dilanjutkan sepatu dan meletakkannya di rak.

Untuk adik Pinguin karena kelas Lumba-lumba belum keluar mereka meletakkan di samping meja absen. Hari ini absentnya berupa segitiga. Mereka menempelkan dekat nama. Ajaib walau belum bisa membaca mereka tahu nama masing-masing, bahkan nama temannya juga tahu. Karena setiap sekolah mereka presensi.

Anak Lumba-lumba bermain di halaman. Ada tangga pelangi, kotak pasir, bahkan bisa sambil membaca  buku duduk di dingklik, suasana halaman yang asri membuat nyaman menikmati gambar-gambar.  Sementara di dalam kelas,  Anak Lumba-lumba sedang menyantap makan siangnya.

Sebelum makan anak-anak berada dalam lingkaran, dipanggil satu persatu oleh Leader of the Week, Andini. Anak yang dipanggil mencuci tangan, melap tangan. Mengambil alas makan. Sendok dan garpu diletakkan diatas gambar benda tersebut.

Anak-anak mengambil piring. Tidak kelas Laut saja  kelas Darat sudah diajarkan makan menggunakan  piring porselen. Mengambil nasi, lauk dan sayur sendiri agar mereka bertanggung jawab menghabiskan. Anak yang sudah selesai  mengambil makanan duduk berdoa terlebih dahulu.

Selesai makan, sikat gigi, berkumur menggunakan air minum yang mereka bawa. Mengganti baju sendiri. Berkumpul di lingkaran mengingat pelajaran yang dilakukan. Memakai sepatu. Berbaris pulang. Betapa menyenangkan sekolah hari ini.  

Sementara itu Kelas Laut Pinguin Brain gym, membaca kalender, dan berkegiatan seperti yang dilakukan kelas Lumba-lumba. Ini cuplikan anak-anak belajar tentang Kura-kura. Kak Lucy membawa kura-kura peliharaan.

Belajar membuat garis lengkung

“Adik-adik lihat tubuh kura-kura ini?”

“Tubuh itu apa Kak?” salah satu adik bertanya.

“Tubuh itu yang ada pada manusia, binatang: seperti kura-kura ini. Ada…,” kak Lucy menunjukkan mata.

Anak-anak menjawab,” Mata.”

Kemudian bagian-bagian yang lainnya. Seperti mulut, hidung.

“Bagian belakang ini apa?” tanya Kak Lucy

“Ekor.”

“Lihat ini di punggunga ada….? Siapa yang tahu?”

Anak-anak berkisar 3 hingga 4 tahun itu berdiam. Raut muka mereka memikirkn sesuatu.

“Tempurung, adik-adik. Coba sebutkan sekali lagi tem-pu-rung.”

Kak Maryam dan anak-anak dengan suara khas balita. “Tem-pu-rung.”

Mereka diajak Kak Lucy dan Kak Maryam bernyanyi kura-kura. Liriknya sebagai berikut.

 “Jalannya bagaimana adik-adik?”

Mereka menirukan gerakan kura-kura. Anak-anak bergantian memegang kura-kura. Menyenangkan bukan?

 

Open chat