Pada bulan Agustus 2014 yang lalu Sekolah Tetum Bunaya menyelenggarakan kegiatan lomba gapura 17 Agustus, dimana tim orangtua SD mendapat predikat Tim Inspiratif yang bekerjasama dengan kompak dalam pembuatan gapuranya. Sebagai hadiah, SD Tetum Bunaya mengadakan kegiatan Fun Art yang diselenggarakan hari Rabu tanggal 21 Januari 2015 yang lalu.

Sebelum Fun Art diselenggarakan, para orangtua murid telah diberi informasi tentang kegiatan yang akan dilakukan yaitu:

  1. Pameran Mural
  2. Sosialisasi Mural di SD Tetum Bunaya
  3. Face Painting
  4. Melukis dengan batu

Untuk kegiatan Face Painting orangtua murid beberapa hari sebelumnya telah memilih dahulu temanya dari mural yang dilukis di dinding gedung Kelompok Bermain, gedung TK atau gedung SD yang akan dilukis diwajah adik-adik. Pada pelaksanaannya para orangtua telah hadir sejak pukul 07.00 sebelum acara dibuka di jam 09.00. Mereka datang dengan semangat untuk melukis wajah anaknya dan adik-adik pun menyukai gambar yang dibuat di wajah mereka.

Acara dibuka oleh paduan suara Suara! Suara! yang menunjukkan kebolehannya berolah vokal menyanyikan lagu dolanan Lir Ilir diiringi oleh Kak Gilang. Penampilan mereka menarik perhatian orangtua dan adik-adik yang menyaksikan.

Kak Endah membuka acara dengan memberi sambutan untuk semua orangtua yang menghadiri acara Fun Art. Kemudian diputarkan video yang memperlihatkan proses pembuatan mural di Sekolah Tetum Bunaya yang juga melibatkan adik-adik. Semua mural yang dilukis adalah hasil karya adik-adik. Baik itu gambar, peta hijau, maupun karya 3 dimensi dikerjakan oleh adik-adik, kemudian di foto oleh tim mural, lalu di proyeksikan ke dinding sebelum akhirnya dilukis sampai selesai.

Setelah pemutaran video, kak Guntur Wibowo sang pelukis mural tampil memperkenalkan tim-nya dan menyampaikan kesan-kesannya selama bekerja sama dengan Sekolah Tetum Bunaya. Diakhir katanya, kak Guntur memberikan tanda kenangan berupa sebuah blackboard bertuliskan ucapan terima kasih.

Selanjutnya orangtua murid melakukan tur mural bersama kak Endah, kak Guntur dan tim. Dimulai dari mural di Kelompok Bermain, Taman Kanak-kanak, dan diakhiri di gedung SD. Orangtua sangat menikmati tur mural ini, dan sangat memperhatikan penjelasan kak Guntur dan kak Endah, yang lebih diperjelas lagi dengan pameran proses pembuatan mural di halaman gedung SD. Kegiatan tur mural berakhir di amphiteater dengan tanya jawab dan snacktime bersama.

Sementara itu adik-adik bersama kakak pendamping kelas mengikuti lomba menyusun batu yang telah mereka lukis di hari Selasa sebelumnya. Mereka terlihat sangat bersemangat menghias dan menata batu-batu hasil karyanya.

Alunan lagu Kembali ke Sekolah yang dinyanyikan paduan suara Suara! Suara! memanggil orangtua dan adik-adik untuk berkumpul kembali di lokasi. Masing-masing kelas diminta maju bergantian untuk bercerita maupun menyampaikan kesan-kesannya mengikuti kegiatan Fun Art ini. Ada juga kelas yang bernyanyi saat maju ke panggung.

Semua kelas mendapat berbagai predikat seperti: terheboh, terinspiratif, selaras, kreatif, ceria dan istimewa. Semua kelas mendapat penghargaan berupa karangan bunga dan hadiah yang diberikan kepada para orangtua.

Acara Fun Art berakhir pada pukul 11.45, semua terlihat puas dan senang.

 

Sumber tulisan: Laporan Kegiatan Fun Art oleh kak Dedien

Open chat