Orientasi Kelas Jupiter jatuh pada hari Sabtu 7 Februari 2015. Di pagi yang cerah itu, orangtua murid yang datang pertama adalah Bunda Senja, yang datang bersama Senja dan Enjang. Kemudian menyusul Vira dan Ayah, juga adik Vira. Karena adik bayinya Vira sedang flu, bundanya tidak ikut hadir. Kemudian Bunda Gina jadi tamu berikutnya. Sambil menunggu, Senja, Vira dan Gina mengerjakan buklet kegiatan Kedatangan Penulis Cilik, yaitu kegiatan kelas Yupiter di hari Jumat sebelumnya.

Acara dimulai pukul 08.20, dibuka oleh kak Wiwik dan dilanjutkan oleh kak Lely. Kemudian satu-persatu kakak SD diperkenalkan kepada orangtua murid, bergantian maju memperkenalkan diri. Mulai dari kak Samsul, lalu kemudian kak Jeri. Saat kak Jeri bercerita pernah ikut drum band, ayah Yoga bertanya “Dulu pegang alat apa kak?” kak Jeri menjawab “Saya di bagian terompet”. “Apa hubungannya matematika dengan terompet?” tanya ayah Yoga lagi. “Ya sebelum memegang terompet harus tahu urutan nada, dan ada hitungannya” jawab kak Jeri. “Oh iya, berarti sebelum kenal terompet harus kenal angka dulu ya” kata ayah Yoga. Setelah itu lanjut kak Fifi, kak Wini, kak Aty dan Ms. Arti yang maju memperkenalkan diri.

Acara dilanjutkan dengan menampilkan foto-foto kegiatan adik-adik Yupiter dari saat kedatangan sampai pulang. Kakak-kakak juga mempresentasikan pelajaran di kelas Yupiter. Dimulai dengan kak Endah yang membahas kegiatan Bahasa Indonesia dengan menceritakan target yang ingin dicapai di kleas Yupiter. Kak Endah juga menceritakan hasil wawancara dengan penulis cilik Athifa. Selesai presentasi, kak Endah mengajak orangtua murid mengenal pelajaran Bahasa Indonesia kelas Yupiter dengan cara membuat elemen cerita.

Setelah itu, giliran kak Jeri mendemonstrasikan caranya mengajar Matematika dengan metode konvensional dan metoda lain. Kepada orangtua dibagikan soal matematika untuk dikerjakan dalam waktu lima menit, kemudian dibahas bersama cara penyelesaiannya. Begitu juga dengan pelajaran IPA, kak Wini membagikan soal dan dibahas bersama orangtua. Kemudian, Ms Arty mengajak orangtua bernyanyi dalam bahasa Inggris.

Pukul 10.30 kak Jeri mengenalkan game keseimbangan otak kanan dan kiri untuk melatih daya konsentrasi. Para orangtua murid cukup terhibur dengan games ini.

Sebelum presentasi ditutup, Mama Cahaya mengungkapkan harapannya agar kelas Yupiter dapat membuat karya  berbentuk buku seperti Athifa, sang penulis cilik, supaya bisa menjadi modal dan kenang-kenangan. Kak Lely menjelaskan bahwa kelas Yupiter memang sedang dalam proses menuju kesana.

Selanjutnya masih akan ada acara tanya jawab dan juga pemilihan koordinator kelas. Namun sebelumnya ada rehat snack time dulu, baik orangtua maupun adik-adik Yupiter bergantian mengambil makanan.

Kemudian ada kejadian tak terduga, Mama Dika tiba-tiba pingsan dan harus segera mendapatkan perawatan medis. Acara orientasi langsung ditutup dan Mama Dika segera dilarikan ke klinik terdekat.

Ditulis oleh Kak Fifi

Open chat