Hari Kamis 12 Februari 2015 SD Tetum Bunaya mengadakan acara Fun Science yang bertemakan “Science Itu Asik”. Acara ini merupakan acara pengganti dari rencana Hari Becek-becek yang dibatalkan karena cuaca kurang mendukung.

Acara ini menggunakan semua ruang kelas di gedung SD, yang dibagi menjadi 6 laboratorium untuk 2 bagian, yaitu kelompok atas yang terdiri dari kelas Bumi, Mars, Yupiter dan kelompok bawah yang terdiri dari kelas Merkurius Abu-abu, Merkurius Jingga dan Venus.

Kegiatan masing-masing kelas adalah sebagai berikut:

  • Kelas Merkurius Abu-abu (Laboratorium 1): Nature printing (cetak daun)
  • Kelas Merkurius Jingga (Laboratorium 2): Pembuatan teh manis hangat
  • Kelas Venus (Laboratorium 3): Percobaan telur mengambang
  • Kelas Bumi (Laboratorium 4): Nature printing
  • Kelas Mars (Laboratorium 5): Percobaan minyak dan air
  • Kelas Yupiter (Laboratorium 6): Percobaan susu pelangi

Kegiatan dimulai jam 13.00, namun sebelum itu adik-adik sudah berdatangan, ada yang ekskul Tahfiz, ada juga yang datang cepat karena penasaran dengan acara Fun Science ini. Beberapa dari mereka berjalan mengelilingi lab satu dan lainnya dengan pertanyaan yang tidak habis-habis “Ini mau buat apa sih, Kak?” Namun pertanyaan mereka dijawab “Rahasia, lihat nanti ya” 🙂

Tepat pukul 13.00 acara dimulai dengan braingym, absen, dan berdoa. Setelah itu mereka diberi pengarahan dengan pembagian lab. Setelah itu mereka berkegiatan di kelas yang mereka tempati terlebih dahulu. Misalnya, kelas Bumi melakukan cetak daun dahulu sebelum kelas Mars dan Yupiter melakukannya bergantian.

Adik-adik kelas Bumi tidak mengalami kesulitan mencetak daun karena sudah pernah melakukannya ketika kegiatan mural. Mereka menyukai kegiatan tersebut bahkan masing-masing anak membuat 2 cetakan, dan hasilnya di pajang didepan kelas agar cepat kering. Setelah mencetak daun, adik-adik membereskan kembali laboratorium dan menata ulang perlengkapan di meja seperti sedia kala. Kelas Mars sudah menunggu didepan pintu, bergantian melakukan kegiatan cetak daun.

.

.

Kelas Yupiter melakukan percobaan susu pelangi. Susu sapi murni yang diberi pewarna makanan dan dicelupkan cairan sabun dengan cotton bud menghasilan pusaran pelangi yang indah, dan membuat Adik-adik ingin mencoba lagi.

.

Kelas Mars membuat percobaan terakhir, dengan mengisi tiga buah gelas plastik dengan air dan minyak dengan komposisi berbeda. Gelas pertama berisi air saja, gelas kedua berisi air dan minyak, gelas ketiga berisi minyak saja. Apa yang terjadi ketika masing-masing gelas dimasukkan bongkahan es batu? Pada gelas pertama es batu mengapung. Pada gelas kedua es batu berada dibawah minyak. Pada gelas ketiga es batu tenggelam didasar minyak.

.

Selesai melakukan tiga percobaan, adik-adik makan bekal dikelas masing-masing. Setelah itu mereka membuat buklet yang memaparkan alat, bahan, cara kerja dan hasil dari tiga percobaan yang telah mereka lakukan.

Dikelompok bawah pada Laboratorium 1 adik-adik kelas Venus melakukan cetak daun. Karena baru pertama kali melakukan, mereka harus diingatkan saat menyapukan cat pada bagian belakang daun agar tekstur tulang dan serat daun terlihat cantik saat dicetak di kertas. Adik-adik terlihat tenang dan fokus.

.

Di Laboratorium 2, adik adik Merkurius Jingga sedang berbaris untuk merasakan perbedaan suhu pada tiga wadah air: air keran, air hangat kuku dan air panas. Mereka menyentuhkan telapak tangannya secara perlahan ke tiga wadah dan merasakan perbedaannya. Ada yang menyeringai kepanasan, namun tetap senang melakukannya. Setelah itu Kakak pendamping kelas mengajarkan cara membuat teh manis hangat pada adik-adik untuk minuman teman mereka makan bekal nanti.

Di Laboratorium 3, adik-adik Merkurius Abu-abu terlihat menanti pembagian gelas kecil berisi garam. Di hadapan mereka ada gelas plastik berisi air dan sendok. Mereka akan melakukan percobaan telur mengapung. Caranya: kedalam air dimasukkan beberapa sendok garam, lalu diaduk sampai larut. Kemudian telur dimasukkan. Telur yang sebelumnya tenggelam saat dimasukkan air, setelah dilarutkan garam akan mengapung ke atas permukaan air.

Setelah mencoba ketiga kegiatan, adik-adik makan bekal dan membuat buklet.

Selesai bukletnya, adik-adik makan catering bersama, yang biasanya mereka makan siang bersama kali ini mereka makan sore bersama dengan menu favorit mereka: spagetti. Setelah makan, adik-adik menggosok gigi dan bersiap sholat berjamaah.

Adik-adik pulang pukul 4 sore dengan gembira, dijemput oleh orang tuanya.

 

Ditulis oleh Kak Intan

Open chat