Ekskul Eco Art adalah ekskul yang ditunggu-tunggu oleh kelas Merkurius. Sebelum kegiatan sudah ada pertanyaan: “Kakak, hari ini mau buat apa?” kalau tidak dijawab, atau dijawab seperti ini “Apa ya, rahasia…” pasti adik penasaran dan merayu “Kakak, apa dong, hari ini buat apa?” sambil memegang tangan.

Hari Jumat, 24 April 2015, Eco Art mengusung tema nuansa merah atau biru. Pukul 11.00 adik-adik duduk di lingkaran, Kak Ami mengucap salam dan mengabsen. Selesai absen, kak Ami menjelaskan tema yang diusung hari ini. Namun sebelumnya Kak Ami mengajak adik-adik untuk melihat sekeliling, yang ada didalam kelas. Kemudian Kaka meminta adik-adik untuk menyampaikan apa yang dia lihat. Satu persatu bersuara “Aku lihat kotak” “Buku” “Tas” dan  benda-benda yang berwarna merah di kelas. Kemudian Kak Ami bertanya kepada adik-adik “Jika kalian diminta membuat sesuatu yang berwarna merah, kalian ingin membuat apa?” Adik-adik menjawab “Kursi Kak”, “Tas Kak” “Bando Kak” dan banyak lagi jawaban adik-adik yang tidak sama jawaban satu sama lainnya.

Setelah adik-adik menjawab pertanyaan, hal yang paling mereka tunggu adalah belanja di Tetum Mart. Kakak menyiapkan lima keranjang kemudian meminta adik berbelanja secara bergantian. Adik boleh berbelanja tiga jenis barang dan tidak lebih. Adik-adik berbelanja didampingi kakak. Sesampainya di Tetum Mart adik-adik memilih barang yang ia perlukan seperti bungkus kopi, bekas deterjen, dan botol air mineral.

.

Setelah berbelanja, adik-adik bergegas membuat yang ia inginkan. Ada yang membuat tas, ada yang membuat baju. Selesai membuat, adik-adik memperlihatkan pada kakak dan meminta kak Tri untuk memotretnya.

.

Kemudian adik-adik membereskan ruangan. Mereka memilah barang yang masih bisa dipakai, dikembalikan lagi ke Tetum Mart. Kemudian mereka merapikan kelas. Ada yang menyapu, ada yang merapikan gunting, lem dan pensil. Adik-adik bekerja sama untuk merapikan kelas yang mereka pakai.

Setelah itu adik-adik duduk di lingkaran dan menceritakan apa yang telah ia buat. Kegiatan berakhir dan mereka membawa atau memakai benda yang ia buat dengan bangga.

Ditulis oleh Kak Ami

Open chat