Semester dua ini kelas Yupiter mempelajari tema kebebasan berorganisasi dan keputusan bersama.

Tentang kebebasan berorganisasi, kakak bertanya kepada adik-adik: di rumah/di kampung/di kompleks perumahannya ikut kegiatan apa? Rata-rata menjawab tidak ada kegiatan di sekitar tempat tinggal, beberapa adik menjawab kegiatan mengaji, les, selebihnya mereka tidak terikat dengan kegiatan sosial di masyarakat sekitar. Ketika kakak menyebutkan kata organisasi, mereka sudah familier dengan kata ini, karena di semester ini pelajaran IPS membahas tentang organisasi kepemudaan dan organisasi sosial pada zaman pergerakan nasional seperti Budi Utomo, Muhammadiyah, Serikat Dagang, dan lain-lain. Namun ketika  kakak menanyakan pengertian organisasi mereka masih belum lancar mendeskripsikannya. Setelah dipancing, akhirnya ada yang menjawab perkumpulan. Jawaban yang benar, organisasi adalah tempat atau wadah perkumpulan bagi dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan yang sama.

Kemudian kakak mengatakan di lingkungan sekolah juga mempunyai organisasi, di lingkungan siswa juga punya organisasi yaitu OSIS. Karena di Sekolah Tetum belum ada OSIS, maka agar adik-adik Yupiter tidak penasaran maka di kelas Yupiter dibentuklah OSIS sambil memasukkan materi Keputusan Bersama. Bentuk keputusan bersama ada dua yaitu musyawarah untuk mufakat dan voting. Adik-adik lebih memilih voting. Dengan voting, adik-adik belajar sabar, dewasa dan mandiri (tidak boleh terpengaruh jawab teman dan harus sesuai suara hati). Akhirnya terbentuklah pengurus OSIS di kelas Yupiter: Ketua, Wakil Ketua, Sekertaris dan Bendahara. Adik-adik Yupiter sudah cukup dewasa dan mandiri, namun kadang kesadaran untuk disiplin masih kurang seperti: tidak mau antri, tidak memakai celemek, menyelipkan kotoran sisa menghapus pensil, minum sambil berdiri, dll. Akhirnya ditambahlah daftar pengurus OSIS yaitu Sie Kedisiplinan, Sie Perlengkapan, Sie Kebersihan dan Sie Kreatifitas.

Alhamdulillah dengan terbentuknya OSIS ini adik-adik Yupiter lebih teratur dan selalu saling mengingatkan. Buku jurnal, map lesson sheet, loker, selalu rapi. Disamping itu adik-adik juga sudah mempelajari salah satu bentuk keputusan bersama dalam berorganisasi.

Ditulis oleh Kak Fifi

Open chat