Persiapan Buku Tahunan Antariksa semakin lama semakin dekat waktunya menuju pelepasan kelas Antariksa. Awal pembuatan buku tahunan Antariksa dirapatkan dan musyawarah bersama  karena tema besar di Taman Kanak-kanak adalah Bumiku, maka tertuanglah ide buku tahunan yang berbentuk bulat seperti bumi. Namun pada suatu hari Kak Endah mengusulkan kepada Kak Dewi dan Kak Kia bentuk buku tahunan yang berbeda. Kak Endah mengusulkan buku tahunan yang mengambil lukisan tangan hasil karya adik-adik dan dibuat dari bahan kain,  berbeda dengan buku-buku tahunan sebelumnya. Sangat menarik, karena ide yang berbeda tentunya terdapat pengalaman yang berbeda dalam pembuatannya. Proses pembuatan buku tahunan ini didampingi oleh Kak Endah, dan terlihat sekali di tiap proses pembuatannya adik-adik menikmati mengekspresikan lukisan yang berbeda-beda, dan di setiap proses pembuatannya adik-adik saling berkomunikasi, bercerita dengan bangga apa yang telah dibuatnya. Hasil lukisannya lucu-lucu dan indah.

Dalam pembuatan Memory Quilt ini terdapat beberapa tema, yaitu Inilah Aku, Usiaku, Tinggiku, Berat Badanku, Cap tangan, Cap Kaki, Keluargaku, Kakak-kakakku di sekolah, dan Teman-temanku. Adik-adik membuat lukisan dengan ciri khasnya masing-masing.

.

 

Pada kegiatan awalnya, Kak Endah menjelaskan apa yang dimaksud dengan berat dan tinggi, dijelaskan ukuran centimeter dan kilogram dengan menggunakan alat pengukur tinggi badan dan juga timbangan. Pada tahapan ini semua adik-adik sangat menikmati, dan antusias dengan kegiatan tersebut, selalu menanyakan Kak Endah kalau beliau tidak datang, karena ingin melanjutkan lukisan kenangannya.

.

Untuk kegiatan membeli bahan dan prosesnya, saya diajak  berbelanja seru bersama Kak Endah ke Pasar Mayestik. Kakak-kakak memotong bersama bahan-bahan persiapan, dan Kak Endah menjahit dengan semangat dan ceria. Semua ini menjadi pengalaman yang mengesankan, dan saya mendapat ilmu di setiap prosesnya.

.

Semoga Buku Tahunan ini yang berbentuk lukisan kenangan dapat memberikan kesan yang indah sehingga menciptakan kebahagiaan dan kebanggaan untuk semua.

Ditulis oleh Kak Irma

Open chat