Pada saat saya magang pertama di kelas Merkurius Jingga, saya mendampingi Kak Lely dalam pelajaran IPA. Topik pelajaran waktu itu adalah mengenai benda-benda langit di siang hari. Proses belajar tidak dilakukan di dalam kelas, melainkan di luar kelas. Saya membantu menyiapkan alat-alat yang diperlukan, seperti: papan jalan, kertas dan penjepit kertas.

Adik-adik berbaris dengan rapi keluar kelas. Kak Lely meminta adik-adik menggambar di kertas benda-benda langit di siang hari. Ada yang menggambar awan, ada yang menggambar matahari, langit warna biru, pelangi, dan hujan. Adik-adik cukup senang dalam pelajaran ini. Saat sedang menggambar di luar, didepan gedung Kelompok Bermain ada seorang adik yang menemukan hewan kaki seribu. Awalnya ada adik yang takut, namun setelah dijelaskan bahwa hewan ini tidak berbahaya akhirnya adik-adik berani memegangnya.

Setelah semua selesai menggambar, adik-adik kembali ke kelas. Tugas selanjutnya membuat benda-benda langit dari bahan barang bekas yang tersedia di Tetum Mart. Saya menemabi adik-adik untuk mengambil barang-barang bekas yang mereka perlukan di Tetum Mart. Ada yang mengambil kardus, botol bekas, kertas HVS, plastik dan karton. Mereka mengambil sesuai kebutuhan, apabila berlebih atau sisanya masih dapat dipakai, mereka akan kembalikan ke Tetum Mart.

PelajaranĀ  hari ini sangat menyenangkan, adik-adik terlihat begitu kreatif dalam membuat benda-benda langit dari barang bekas. Dengan mengamati langsung di luar kelas, adik-adik lebih mudah memahami dan menjadi kreatif ketika memanfaatkan barangĀ  bekas.

Ditulis oleh Kak Ratnasari

Open chat