Di pagi hari saat kedatangan adik-adik, Kakak-kakak menyambut mulai dari gerbang sekolah, saat membuka sepatu dan saat naik ke atas ke kelas Antariksa. Kemudian mereka mengisi absen yang ada di depan kelas, dan setelah itu turun ke mushola dan mengaji bersama Kakak. Mereka bermain sambil menunggu waktu masuk. Saat sudah masuk adik-adik melakukan brain gym.

Sebelum berkegiatan, di Circle Time adik-adik melakukan tepuk semangat, menyebut nama hari, menghitung jumlah teman yang hadir, mengisi absen, dan berdoa. Cara mengisi absen tidak dilakukan dengan cara yang sama setiap waktu, namun berbeda-beda atau bisa juga disesuaikan dengan subtema. Salah satu contoh ketika mengisi absen, seperti ini: Kakak menyebutkan sebagian nama adik saja, misalnya “Sila”. Lalu adik yang disebut sebagian namanya itu menunjuk tangan dan menyebutkan namanya dengan lengkap “Saya, Byalifa Luna Akhsila”.

Setelah selesai berdoa, adik-adik diingatkan kembali kegiatan yang dilakukan hari sebelumnya, dan juga kegiatan apa saja yang akan dilakukan hari ini. Jika di playground tidak becek adik-adik lalu bermain bebas sambil diawasi Kakak-kakak. Selesai bermain, adik –adik kembali ke kelas Antariksa, untuk Snack Time. Adik-adik menunggu semua temannya mengambil snack, lalu berdoa bersama sebelum makan.

Kemudian kegiatan inti dimulai dengan masing-masing kakak. Setelah kegiatan selesai, adik-adik menulis  jurnal dan makan. Setelah itu sikat gigi dan berganti pakaian. Kakak memperhatikan di masing-masing tempat berganti pakaian. Anak laki-laki di kelas masing-masing dan anak perempuan di mushola.

Setelah itu mereka di lingkaran untuk bersiap pulang, menyanyikan lagu “Now it’s time to say goodbye”. Setelah itu kakak memanggil satu-persatu adik dan di dampingi saat turun tangga. Mereka berbaris, dan pemimpin memimpin barisan. Kemudian adik-adik berbaris keluar dan diserahkan kepada orangtua dan penjemput.

Ditulis oleh Kak Dwi Rizki

Open chat