Kegiatan Summer Day Camp untuk Smarty Ants diadakan dua hari berturut-turut, yaitu hari Selasa, 9 Juni 2015 dan Rabu, 10 Juni 2015.

Hari pertama Summer Day Camp, adik-adik berbaris di depan sebelum masuk ke dalam kelas. Di dalam kelas adik-adik duduk bersama kakak-kakak dari Smarty Ants. Kakak-Kakak Smarty Ants memperkenalkan diri dan mengabsen adik satu persatu. Apabila adik disebut namanya, mereka menjawab: “I’m present”. Setelah diabsen, ada penjelasan dari Coach Summer Day Camp mengenai aturan-aturan selama acara ini berlangsung. Salah satu aturannya adalah memakai bahasa Inggris selama acara berlangsung. Kegiatan selanjutnya adalah membangun tenda dan menghias area perkemahan. Area perkemahan dihias dengan pohon, bunga, dan buah yang dibuat dari kertas krep dan ditempel di dinding tembok.

.

Saat membangun tenda, adik-adik dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok 1 lebih dahulu selesai membangun tenda. Mr. Adit bertanya mengenai warna-warna yang terdapat di tenda. Tenda sudah dibangun dan dihias, selanjutnya adik-adik bernyanyi If You are Happy dan belajar mengenal bagian-bagian tubuh dari kepala sampai kaki. Mr. Adit memberi intruksi seperti: ” Touch your ear” dan adik-adik memegang telinganya. Selesai latihan bernyanyi, adik-adik membersihkan sampah yang terdapat di sekitar tenda. Sampah-sampah dibuang ke tempat sampah yang telah disediakan.

.

Waktunya istirahat, adik-adik diperbolehkan makan bekal yang dibawa dari rumah. Pihak Smarty Ants juga menyediakan makanan ringan dan minuman untuk adik-adik. Setelah istirahat, adik-adik duduk di dalam lingkaran dan bermain Domikado. Permainan Domikado dilakukan dengan bernyanyi Domikado kemudian menghitung sampai sepuluh. Adik yang kesepuluh akan diberikan satu pertanyaan atau permintaan dari kakak-kakak Smarty Ants. Seorang anak diberikan pertanyaan kartun apa yang paling dia suka, sedangkan anak yang lain diminta untuk menyanyikan ABC Song. Sebelum pulang Mr. Hendra memberitahukan pengumuman apa saja yang harus dibawa untuk Summer Day Camp hari kedua. Adik-adik harus membawa baju tidur, bantal, makanan favorit, dan mainan. Setelah itu mereka berdoa dan pulang.

Hari kedua Summer Day Camp, adik-adik duduk di dalam lingkaran dan bermain Touch YourBody. Setelah bermain, adik-adik diabsen oleh Miss Weni dan diberikan nametag. Kegiatan hari ini yang pertama adalah Make The Craft. Adik-adik diajarkan membuat kepala singa dari kertas. Kertas yang digunakan ada 4 warna yaitu, kuning, merah, krem, dan putih. Adik-adik terlihat bersemangat dalam membuat Lion Craft. Selesai membuat Lion Craft, adik-adik latihan menari dengan lagu The Lion Sleep Tonight. Adik-adik mengikuti tarian yang terlihat di layar LCD. Adik-adik terlihat sangat senang saat latihan menari dan mengikuti tarian dengan baik.

.

Kegiatan selanjutnya yaitu bermain di play ground. Adik-adik diminta untuk membawa mainanannya masing-masing. Mereka masuk ke dalam tenda dan bermain di dalam tenda. Setelah bermain, kakak-kakak Smarty Ants dan adik-adik foto bersama di play ground. Pukul 10.45 WIB, waktu adik-adik untuk istirahat. Adik-adik diperbolehkan makan bekal yang dibawa. Pihak Smarty Ants juga menyediakan makanan dan buah untuk adik-adik. Mereka makan di dalam dan di depan tenda. Setelah makan, adik-adik membuat pohon dari cat warna yang dicetak di tangan mereka atau disebut dengan Painting Tree. Terlebih dahulu adik-adik diajarkan bagian-bagian tumbuhan seperti, daun, batang, dan akar. Kemudian diberitahukan warna untuk daun, batang, dan akar. Setelah itu, adik-adik bergantian dalam membuat Painting Tree dan menjemur hasil Painting Tree mereka agar cepat kering,

.

Adik-adik kembali ke dalam kelas. Adik-adik diminta untuk berganti pakaian tidur, membawa bantal, dan mainannya. Adik-adik diberikan pertanyaan, mainan apa yang dibawa dan kenapa suka dengan mainan tersebut. Ada yang membawa boneka, mobil-mobilan, dan lego. Kegiatan terakhir yaitu pemberian sertifikat dan penutupan. Adik-adik berbaris di play ground. Selanjutnya satu persatu dipanggil dan diberikan sertifikat dan hasil karya. Adik-adik foto bersama dengan kakak-kakak Smarty Ants. Sebelum pulang adik-adik memberi pesn dan kesan untuk acara ini. Adik-adik merasa senang mengikuti acara Summer Day Camp. Mereka berkata: “I’m happy”.

.

.

 

Ditulis oleh Kak Kia dan Kak Ratna

Open chat