Kelas Antariksa Bintang dan Antariksa Bulan akan berkunjung ke dokter gigi. Tujuan kegiatan ini adalah: adik-adik diperkenalkan cara sikat gigi yang benar, adik-adik diperkenalkan dengan makanan yang baik untuk kesehatan gigi, adik-adik tahu cara merawat gigi dan mengajarkan adik-adik tidak takut berkunjung ke dokter gigi.

Sebelum kunjungan, adik-adik diperkenalkan lewat buku cerita yang berjudul “Aku berkunjung ke dokter gigi”. Hal ini bertujuan untuk menyemangati adik-adik dan perkenalan dengan dokter gigi. Dalam buku cerita tersebut, adik-adik dikenalkan dengan alat-alat dokter gigi. Diharapkan dengan mengenal dokter gigi lewat buku cerita ini nantinya tidak ada adik-adik yang takut saat diperiksa.

Selanjutnya adik-adik menggambar dokter gigi sesuai dengan isi buku cerita. Selain dari buku cerita, ada adik-adik yang juga bercerita tentang pengalamannya berkunjung ke dokter gigi.

Ketika adik-adik kelas Antariksa berjalan santai mengelilingi jalan Timbul, kakak menunjukkan rumah ibu dokter gigi yang akan kami kunjungi. Kakak juga memberitahu nama dokter tersebut Drg. Ria.

Hari yang dinanti adik-adik tiba, mereka datang lebih pagi dari biasa karena kawatir ditinggal berkunjung ke dokter gigi jika terlambat hadir.

Adik-adik berkunjung secara bergantian. Pertama adik-adik kelas Langit, jam 08.00-09.00. Selanjutnya adik-adik Antariksa. Mereka sangat antusias saat berkenalan dengan Drg. Ria. Mereka aktif bertanya juga menjawab pertanyaan yang diberikan ibu dokter. Setelah selesai tanya-jawab, adik-adik bergantian diperiksa giginya. Adik-adik yang menunggu giliran membuat buklet makanan yang sehat dan tidak sehat/merusak gigi. Pemeriksaan selesai, namun ada satu adik yang tidak mau diperiksa giginya. Akhirnya Drg. Ria membujuk dan mengajak semua adik untuk membujuk temannya itu bersama-sama untuk membuka mulutnya. Akhirnya adik tersebut mau diperiksa.

Adik-adik kelas Antariksa senang sekali dengan kunjungan tersebut, dan mereka mendapatkan kartu keterangan gigi sehat yang akan diberikan kepada ayah bundanya.

Ditulis oleh Kak Kia

Open chat