“Langit Bulan…” sapa kak Dian. Adik-adikpun menjawab: “Iyaaa”. “Siapa yang mau jalan-jalan?” tanya kak Dian. Serentak mereka menjawab: “Aku…” dilanjutkan dengan pertanyaan “Mau kemana kak?” dan celetukan “Pasti rahasia” kak Dian tersenyum mendengarnya.

Kak Dian bertanya “Adik-adik, coba lihat di playground kita ada apa?”. Adik-adik menjawab: “Ada tanaman, pohon, perosotan” enak jawaban mereka berikan. Kak Dian tanya lebih lanjut: “Kalau dipohon, yang warnanya hijau-hijau apa ya?” Mereka menjawab : ”Daun…”. Kak Dian lanjutkan: “Nah hari ini kegiatan kita mengenal berbagai macam daun. Ada daun yang besar, ada juga yang kecil, juga ada daun yang panjang. Mau lihat daun-daun yang ada di sekolah kita seperti apa? Yuk, kita jalan-jalan mengumpulkan daun keliling sekolah, tapi daun yang sudah jatuh ya”.

Dengan antusias adik-adik mengumpulkan daun-daun, mulai dari playground TK, pemimpinnya memegang keranjang, melewati KB, SD hingga ke amphiteater. “Kak, lihat daunnya seperti hati!” “Kak daunnya panjang-panjang” salah seorang adik menunjukkan daun bambu. Adik-adik terlihat ceria, berlari-lari mendului mengambil daun.

Setelah dirasa cukup, adik-adik kembali ke kelas. Mereka senang dengan daun yang berhasil mereka kumpulkan.

Di teras, dengan beralaskan koran, kakak mengeluarkan daun tersebut satu-persatu sambil menjelaskan bentuk daun dan dari pohon apa daun tersebut berasal. Adik-adik bergiliran memegang daun tersebut. “Kak, ada yang warna coklat, merah, lalu kuning ya” tanya mereka. Kakak menjelaskan “Iya, daun tersebut ada yang sudah layu, dan ada juga yang terkena panas matahari”.

Adik-adik bergembira di hari itu.

 

Ditulis oleh Kak Dian

Open chat