Volume merupakah salah satu materi di kelas 5 SD. Dalam materi ini anak-anak biasanya diminta menghitung volumesebuah benda tanpa tahu inti dari volume itu sendiri. Terkadang anak terpaksa menghafal rumus-rumus dari benda-benda yang akan dihitung volumenya.

Untuk mengenal volume, anak-anak dapat mengenalnya melalui membandingkan dua buah benda. Benda yang pertama berbentuk ceper seperti papan jalan, buku tulis, kertas lembaran, dan lain-lain. Sedangkan benda yang kedua adalah benda yang memiliki dinding dan alas permukaan, seperti gelas, kotak kue, box makanan, kaleng, dan lain-lain.

Dari kedua benda itu anak-anak diminta untuk mencari perbedaan yang paling mencolok dari keduanya. Kemudia anak-anak melakukan uji coba dengan menuangkan air, tanah kelereng atau apapun ke kedua benda tersebut. Dari percobaan itu anak-anak akan memahami bahwa benda yang dapat diisi adalah benda kedua (gelas, kaleng, kotak, dan lain-lain) yaitu benda yang memiliki permukaan dan dinding.

.

Daripercobaan tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa benda yang dapat diisi atau memiliki volume memiliki ciri-ciri: 1) mempunyai permukaan (alas) dan 2) mempunyai dinding (tinggi).

Setelah anak-anak tahu perbedaan benda bervolume dan tidak bervolume, selanjutnya diperkenalkan perhitungan untuk mencari volume benda. Karena anak-anak tahu bahwa ada dua ciri benda yang bervolume, maka sama artinya bahwa jika kita ingin mencari perhitungan volume makan kita harus tahu berapa luas permukaan benda, dan berapa tinggi benda. Sehingga diperolah bahwa volumen benda dapat diperoleh dari luas permukaan dikali tinggi benda (V = La x t ).

Ditulis oleh Kak Jeri

Open chat