Salah satu kegiatan yang paling berkesan adalah ketika adik-adik kelas Langit memanen pisang yang pohonnya tumbuh di halaman gedung Kelompok Bermain. Kegiatan ini dilakukan agar adik-adik merasakan hasil pohon yang mereka rawat sejak masih bersekolah di Kelompok Bermain. Adik-adik terlihat antusias saat menemani Pak Ari mengambil buah pisangnya. Pohon pisangnya memang sangat tinggi, karena itu butuh bantuan Pak Ari untuk mengambilnya. Satu tandan pisang yang dipanen dibagi untuk kelas Langit Bulan dan Langit Bintang. Berbagai reaksi ditunjukkan adik-adik, ada yang memang suka makan pisang, ada yang tidak suka namun mau mencoba karena bangga memakan buah pisang dari hasil panen. Mereka bergembira menimati buahnya bersama.

 

.

Panen buah nangka dilakukan kelas Langit dan Antariksa. Buah yang dipanen tercium harum, dan lebat buahnya. Sewaktu memanen, bergantian antara kelas Langit dan kelas Antariksa. Adik-adik kelas Langit diajak berkeliling kebun nangka yang letaknya didepan kelas, tanpa menggunakan alas kaki didampingi kakak. Ada beberapa adik yang tidak mau menyentuh tanah karena basa oleh hujan dan mereka belum nyaman berjalan diatas tanah tanpa alas kaki. Namun ada juga adik-adik yang nyaman saja berjalan diatas tanah tanpa alas kaki.

.

Kakak dan adik memetik buah nangka bersama, melihat langsung proses memetik buah. Setelah selesai adik-adik membersihkan kaki dan bersiap-siap mencicipi buah nangka dengan bergabung di ruang Antariksa. Adik-adik ada yang memang suka buah nangka, ada yang baru mencoba. Adik-adik yang awalnya tidak menyukai buah nangka diperkenalkan dengan tahapan memegang, mencium dan menjilat, lalu mencoba sedikit. Semua tahapan ini dilakukan kakak tanpa paksaan. Semua adik mau mencoba, walaupun ada beberapa yang baru mencoba sampai tahap menjilat saja.

Senang sekali dapat ikut serta dalam kegiatan ini, memberikan pengalaman yang berbeda. Adik-adik nampak ceria dan nyaman.

Ditulis oleh Kak Irma

Open chat