Senin 29 Juni 2015 hari yang ditunggu-tunggu oleh anak-anak Sekolah Tetum Bunaya, khususnya kelas Saturnus. Tidak seperti kelas-kelas dibawahnya dimana hari masuk setiap anak dibagi bertahap setiap harinya. Di kelas Saturnus yang setara dengan kelas 6 SD ini semua anak masuk secara bersamaan  di hari pertama sekolah. Menyenangkan sekali buat mereka bertemu teman-teman setelah kurang lebih 3 minggu libur semester.

Sebagian anak kelas Saturnus langsung menuangkan hobinya dengan bermain bola di pagi hari. Hari pertama sekolah yang bertepatan dengan bulan Ramadhan dan mereka menjalani ibadah puasa sama sekali tidak membuat semangat mereka turun untuk melakukan berbagai aktivitas di sekolah.

Di hari pertama ini semua bercerita tentang liburan secara bergantian, ada yang bercerita berlibur ke Bandung, Semarang, dan Banjarmasin. Selain itu, ada juga anak yang bercerita mengisi liburannya dengan bermain game dan laptop. Sebagian lagi megatakan bosan dengan libur yang terlalu panjang dan ingin cepat-cepat masuk sekolah.

Ada cerita salah satu anak yang membuat teman-teman ingin berkunjung ke rumahnya. Salah satu anak itu bercerita di waktu liburan ia membuka kursus Art n Craft, kreasi , dan seni di rumahnya setiap hari Rabu dan Jumat. Ia juga membagikan kartu nama buatannya dengan percaya diri dan menunjukkan ekspresi pengelola kursus profesional.  Mendengar hal itu, Anak-anak lainnya tertarik untuk ikut sebagai peserta kursus seni.

Kegiatan lainnya di hari pertama seperti berjalan pelan, bersalaman, mengenal kelas-kelas di sekolah juga Anak-Anak jalani dengan antusias. Di akhir jam belajar mereka mengatakan tidak mau pulang karena masih kangen dan ingin berlama-lama di sekolah.

Ingin berlama-lama di sekolah hampir setiap hari anak-anak kelas Saturnus ungkapkan walaupun bukan di hari pertama sekolah, bahkan itu hampir berlaku untuk setiap anak di Sekolah Tetum Bunaya. Mereka begitu menikmati setiap proses belajar yang diberikan di sekolah. Salah satunya untuk kelas Saturnus kali ini mereka diajak melihat langsung proses pembangunan kelas yang akan mereka tempati di hari-hari belajar setelah masa adaptasi.

Di hari pertama ini dari 11 anak di kelas Saturnus ada 2 anak yang belum masuk. Satu diantara mereka mengabarkan sakit, dan salah satunya masih berada di luar kota. Anak-anak yang sudah masuk pun berharap di hari kedua mereka belajar semua teman mereka hadir.

Ditulis oleh Kak Fifi

Open chat