Hari Senin tanggal 29 Juni 2015 adik-adik Merkurius Jingga mulai masuk sekolah. Adik-adik masuk tidak sekaligus untuk membantu adaptasi mereka terhadap lingkungan baru. Mulai hari Senin ada 3 adik yang masuk, ditambah hari Selasa 4 adik, kemudian ditambah lagi hari rabu 4 adik, dan hari Kamis ditambah lagi 4 adik,jadi di hari Kamis dan Jumat adik-adik sudah masuk semua. Jumlah adik di kelas Merkurius Jingga ada 15 orang.

Pada minggu pertama ini adik-adik terlihat ceria dan semangat menyambut sekolah barunya karena mereka sudah lebih besar, dari sekolah Taman Kanak-kanak (TK) menjadi Sekolah Dasar (SD). Saat adik-adik datang kesekolah ada yang terlihat malu-malu dan ada yang percaya diri.

Kegiatan adik-adik sampai di sekolah yaitu  membuka sepatu, meletakkan sepatu di rak sepatu, bersalaman dengan Kakak, menyimpan tas di loker, mengisi absen, shalat dhuha, mengaji bersama salah satu kakak di Kelas Merkurius, bersalaman dengan Kakak-Kakak, dan jika masih ada waktu mereka bisa bermain di lapangan. Pukul 07.30 adik-adik bersiap untuk Brain Gym dengan melihat gerakan yang dicontohkan Kakak, kemudian Silent Games yaitu duduk bersila dengan badan rileks sambil memejamkan mata dan mendengarkan suara-suara disekitar, setelah selesai Kakak bertanya apa saja suara yang mereka dengar, kegiatan ini untuk membuat adik-adik lebih fokus saat menerima kegiatan berikutnya. Dengan Silent Games adik-adik juga bisa merasakan badannya sebelum memulai pelajaran apakah ada yang sakit, lemas, mengantuk atau sudah semangat. Setelah itu adik-adik berdoa dipimpin oleh adik yang mau memimpin atau dibantu Kakak karena adik-adik masih berlatih untuk memimpin doa. Kemudian Kakak mengabsen dengan menyebutkan nama panggilan dan adik menyebutkan nama panjangnya, adik-adik dapat menyebutkan nama panjang mereka. Kegiatan berikutnya adik-adik melakukan hal yang berbeda-beda di setiap harinya dengan semangat dan senyum keceriaan.

Pada hari Senin adik-adik berlatih berjalan pelan. Dengan diberikan contoh oleh Kakak berjalan di garis lingkaran sambil berputar, tangan disamping dan mata melihat kedepan. Kemudian adik-adik dipanggil secara bergantian. Berikutnya berbicara pelan, adik-adik diajak berbicara atau mengobrol bersama Kakak dan teman dengan suara yang pelan. Kemudian memasukkan dan mengeluarkan kursi dari meja. Adik-adik berusaha agar tidak mengeluarkan suara berderit saat mengeluarkan dan memasukkan kursi. Semua itu dilakukan dengan fokus dan tenang. Setelah berkegiatan adik-adik diajak bermain kotak pos dan berjalan-jalan mengitari kelas sambil berkenalan dengan Kakak kelas Venus sampai Mars.

Dihari Selasa kegiatan yang dilakukan masih sama untuk adik yang baru hadir. Adik yang sudah melakukan di hari Senin boleh mencoba lagi atau melihat temannya sambil melatih ketenangan menunggu giliran. Kegiatan lain ditambah naik turun tangga.

Hari Rabu sudah mulai banyak adik yang masuk, jika di hari Senin dan Selasa kelas Merkurius Jingga dan Merkurius Abu-abu digabung,mulai hari Rabu karena adik yang masuk bertambah maka kelas Jingga dan Abu-abu mulai dipisah. Kegiatan yang dilakukan masih sama seperti dihari sebelumnya. Hari ini adik-adik mulai membuat display kelas yaitu membuat nama untuk ditempel di pintu. Mereka sangat senang mewarnai kepik, dan menambahkan kakinya, ditambah mereka penasaran kepik yang dibuat akan untuk apa nantinya . Setelah berkegiatan di kelas, adik-adik diajak bermain bebas diluar, ada yang ingin main bola, melihat ikan, memanjat pohon atau berlarian. Namun sebelum bermain di luar Kakak mengingatkan untuk jangan terlalu lelah karena adik-adik sedang berpuasa, ada yang sampai zuhur dan ada yang sampai maghrib.

Kegiatan dihari Kamis diawali bermain “Halo Teman” di lapangan. Permainan ini untuk saling mengenal teman di kelasnya. Kemudian kakak mengenalkan cara dan manfaat mencuci tangan, adik-adik praktek satu persatu mencuci tangan di wastafel. Pada hari ini adik-adik Merkurius Jingga sudah hadir semua, Kakak mengajak kembali berkeliling sekolah dan berkenalan dengan Kakak di dalam kelas. Kegiatan yang lain mengenal aturan di kelas, aturan ini adik-adik sendiri yang menyebutkan untuk dilaksanakan di dalam kelas. Mereka menyebutkan seperti menjaga sikap, sayang teman, mendengarkan Kakak, menjaga tangan dan kaki, jika ingin bicara angkat tangan, dan lainnya.

Hari Jumat adik-adik tetap bersemangat datang ke sekolah. Mereka mulai terbiasa dengan kegiatan rutin di pagi hari dengan mandiri. Saat Kakak mulai menyalakan musik, adik-adik langsung bersiap di lingkaran untuk Brain Gym. Display kelas untuk ditempel di pintu sudah selesai, mereka bebas memililih tempat yang sudah disediakan untuk menempelkan nama dan kepik mereka. Adik-adik sangat senang karena nama mereka ada di pintu kelas menandakan mereka ada di kelas Merkurius Jingga. Aturan dan jadwal piket juga sudah dibuat. Banyak yang bertanya “Jadwa piket itu apa Kak?”, karena banyak yang belum tahu, Kakak menjelaskan tugas-tugas selama piket dan cara pelaksanaannya.

Setiap hari sebelum pulang sekolah, adik-adik ditanyakan bagaimana perasaan mereka selama berkegiatan di sekolah. Ada yang menjawab senang, ada yang katakan semangat, dan ada yang mengatakan senang sekali. Untuk adik yang belum berpuasa diberikan ruangan untuk makan bekal di kelas Merkurius Abu-abu sedangkan untuk yang berpuasa berkegiatan bebas di kelas Merkurius Jingga: ada yang membaca buku, menggambar bebas, atau mengobrol bersama teman. Mereka sangat gembira bermain dan berkegiatan bersama teman-teman baru di Sekolah Tetum Bunaya.

Ditulis oleh Kak Nita

Open chat