Senin 29 Juni 2015 adalah hari pertama adikadik masuk sekolah setelah menikmati libur panjang semesteran. Berbeda dengan adik-adik kelas lainnya di unit SD, untuk adikadik kelas Merkurius ini merupakan hari pertama dimana mereka memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi dari sebelumnya. Dari hari pertama adik-adik masuk sekolah, semua adik terlihat semangat dan bergembira belajar di kelas baru dan mendapat teman baru.

Di Sekolah Tetum Bunaya, kedatangan adik-adik kelas Merkurius yang setara dengan kelas 1 SD memiliki sistem yang berbeda dengan sekolah lain pada umumnya. Kedatangan hari pertama sekolah dijadwalkan bertahap, tidak semua adik kelas Merkurius datang bersama-sama dihari pertama masuk sekolah. Hal ini juga berlaku untuk kelas Venus, Bumi dan Mars.

Untuk tahun ajaran 2015-2016 adik-adik kelasMerkurius Abu-abu berjumlah 15 orang. Kegiatan yang dilakukan adik-adik Merkurius Abu-abu selama satu minggu ini adalah kegiatan untuk masa adaptasi siswa dengan lingkungan baru yang ditempatinya. Setiap pagi ketika adik-adik datang kesekolah, mereka disambut kakak seperti biasanya kemudian diarahkan untuk menyimpan sepatu dan sandal yang dibawa dari rumah ke rak sepatu di depankelas, menyimpan tas di loker, menulis absen, mengambil wudhu dan bersiap untuk sholat dhuha setelah itu dilanjutkan dengan membaca surat-surat pendek dan doa bersama kak Samsul.

Pada hari pertama masuk sekolah yaitu Senin (29 Juni 2015) adik-adik kelas Merkurius Abu-abu yang datang berjumlah 4 orang. Di hari ini Merkurius Abu-abu digabung dengan Merkurius Jingga untuk melakukan kegiatan LAS (LatihanAktivitasSehari-hari) seperti berjalan pelan, berbicara pelan, mengeluarkan dan memasukkan kursi, serta berkunjung kesetiap ruangan di gedung SD. Ketika belajar berjalan pelan dan berbicara pelan kakak pendamping kelas mencontohkannya terlebih dahulu kemudian adik adik satu persatu diminta untuk mempraktikkan kegiatan tersebut. Saat belajar berjalan pelan, kakak pendamping memberikan tantangan untuk adik-adik berupa berjalan pelan dilingkaran dengan memegang lonceng dan adik-adik mengusahakan lonceng yang dipegangnya tidak berbunyi. Sedangkan adik-adik mempraktekkan berbicara pelan dengan cara memperkenalkan dirinya ketika duduk di lingkaran. Setelah itu adik-adik diajak bermain bebas agar tidak jenuh dan adik-adik memilih permainan Domikado dan juga permainan kotak pos.

Di hari kedua masuk sekolah, Selasa (30 Juni 2015) adik kelas Merkurius Abu-abu bertambah 4 orang menjadi 8 orang. Hari ini juga masih digabung dengan kelas Merkurius Jingga untuk setiap kegiatan. LAS pada hari ini masih mengulang kegiatan seperti kemarin yakni berjalan pelan, berbicara pelan, mengeluarkan dan memasukkan kursi, melihat setiap ruangan yang ada di gedung SD dan untuk hari ini ditambah dengan kegiatan menamai benda-benda milik pribadi seperti sandal dan alat sholat, member penanda pada loker serta cara naik dan turun tangga.

Pada hari Rabu (1 Juli 2015) adik-adik Merkurius Abu-abu bertambah 4 orang lagi dan jumlah adik-adik di hari ketiga ini adalah 12 orang. Dimulai hari ini kegiatan yang biasanya dilakukan bersama di kelas Merkurius Jingga, kini dilakukan terpisah karena adik yang masuk sekolah sudah bertambah banyak. Hari ini, ada salah satu adik yang membawa booklet tentang liburannya lalu adik tersebut diminta untuk menceritakan pengalamannya ketika berlibur, adik-adik lainnya mendengarkan dan secara bergiliran melihat foto-foto liburan temannya tersebut. Selanjutnya, adik-adik diajak mengulang kegiatan seperti hari kemarin. Hari ini juga adik-adik kelas Merkurius Abu-abu membuat dan mewarnai gambar kumbang sesuai dengan yang mereka inginkan untuk display nama yang akan ditempel pada pintu kelas sebagai penanda kelas. Adik-adik terlihat sangat senang di hari ini bukan hanya karena membuat kumbang tetapi karena kakak mengajak adik-adik belajar naik turun tangga sambil memperkenalkan lingkungan SD di luar ruangan kemudian bermain bebas di lapangan.

Masuk di hari keempat, Kamis (2 Juli 2015) 3 orang adik datang melengkapi jumlah adik-adik kelas Merkurius Abu-Abu yang sebelumnya berjumlah 12 orang. Hari ini semua adik Merkurius Abu-Abu hadir semua. Saat duduk dilingkaran setelah Brain Gym, tiba-tiba ada salah satu adik yang meminta kepada kakak untuk memimpin doa dihari itu, lalu kakak mempersilahkan. Hari ke empat bersekolah adik-adik terlihat lebih percaya diri dari hari-hari sebelumnya dan berlomba-lomba untuk mencontohkan setiap kegiatan seperti saat kegiatan mengeluarkan dan memasukan kursi, memindahkan benda dari satu tempat ke tempat lainnya. Di hari ini juga adik-adik diajak membuat peraturan kelas yang berjudul “Sikapku di Kelas”, ada yang menuliskan berdo’a, menjaga tangan, menjaga sikap, menjaga kaki dan lain sebagainya. Setelah membuat peraturan kelas adik-adik diajak berkegiatan di lapangan berkeliling sambil berjalan pelan dan mempraktikkan naik turun tangga serta berfoto bersama di amphiteater.

Di hari terakhir pada minggu ini, Jum’at (3 Juli 2015) adik-adik dibagi menjadi tiga kelompok untuk menghias dan menempel display nama kelas Merkurius. Dua kelompok diminta untuk mengkolase kardus yang dibentuk daun dan satu kelompok bertugas mewarnai kardus yang dibentuk gambar pohon kemudian adik-adik menempelnya secara bersama-sama di pintu dan menempelkan kumbang yang telah dibuat hari Rabu kemarin. Setelah selesai membuat display nama ada salah satu adik yang menceritakan tentang pengalamannya berlibur sambil menunjukkan foto-foto di booklet yang dibawanya. Kemudian, setelah itu adik-adik diajak bermain bebas di lapangan sebelum pulang. Adik-adik terlihat senang sekali ketika bermain ada yang belajar memanjat pohon dan ada juga yang mengamati ulat yang menyerupai daun.

Selama bulan Ramadhan ini adik-adik kelas Merkurius sudah belajar berpuasa walaupun hanya sampai jam 9 atau setengah hari (sampai dzuhur) bahkan ada  beberapa orang yang belajar berpuasa sampai Maghrib. Untuk adik yang berpuasa sampai jam 9 diberikan ruangan khusus untuk snack time, sedangkan untuk yang berpuasa sampai dzuhur atau maghrib dipersilahkan untuk membaca diperpustakaan atau menggambar di kelas Merkurius Jingga selama menunggu temannya memakan bekal.

Ditulis oleh Kak Indri

Open chat