Pada hari Senin pagi yang cerah tanggal 29 Juni 2015 dihalaman Sekolah Tetum Bunaya mulai terdengar suara ramai riuh adik-adik yang mulai berdatangan memasuki gerbang sekolah. Hari ini adalah hari pertama bagi kelas Bumi dan kelas lain kembali masuk sekolah setelah menikmati liburan selama 3 minggu. Adik-adik datang dengan senyum ceria menuju kelas Bumi yang berada di lantai atas. Pada minggu pertama ini adik-adik datang secara bertahap karena masih dalam masa adaptasi, sehingga jumlah adik akan terus bertambah setiap harinya. Di kelas Bumi ada yang berbeda dengan kelas sebelumnya yaitu Venus Nova dan Venus Farra, karena sekarang dikelas Bumi tidak lagi dibagi menjadi dua kelompok. Hal ini karena adik-adik sudah dapat untuk bersikap tenang dan kebersamaannya menjadi semakin hangat.

Kegiatan adik-adik di pagi hari adalah sholat Dhuha dan mengaji, terlebih saat ini adalah bulan Ramadhan. Adik-adik telah berlatih berpuasa, akan tetapi tetap bersemangat dalam setiap mengikuti kegiatan di kelas maupun bermain diluar. Kegiatan adik-adik selama minggu pertama ini adalah mengingat kembali tentang Latihan Aktivitas Sehari-hari (LAS). Mulai dari berjalan pelan, menarik dan memasukkan kursi, membuka dan menutup pintu dan naik turun tangga. Adik-adik secara bergantian melakukan semua kegiatan ini dengan baik dan sungguh-sungguh. Adik-adik juga diajak untuk berkeliling lingkungan Sekolah Tetum Bunaya, mulai dari kelas di SD, TK, KB serta gedung SD yang baru dibangun. Selain melihat kelas, adik-adik juga berkenalan dengan adik dan kakak kelasnya.

Adik-adik yang hadir pada hari pertama menyambut teman-teman lainnya yang belum datang dengan membuat tulisan selamat datang yang diberi hiasan dan bertuliskan nama adik yang sudah datang. Kemudian setiap harinya adik yang baru datang dapat menuliskan namanya di kertas tersebut sebagai tanda hadir masuk di kelas Bumi.

Selama satu minggu ini adik-adik secara bergiliran menceritakan pengalaman liburan mereka bersama dengan teman maupun dengan keluarganya. Ada adik yang bercerita tentang liburan bersama keluar kota, menonton film di bioskop, bermain sepeda bersama teman dan mengikuti kegiatan les. Semua adik  tampak senang dan sangat menikmati liburan sekolahnya. Tidak lupa pula adik-adik membuat buklet tentang liburan yang telah diceritakan kepada kakak dan teman-teman.

 

Adik-adik dapat memilih locker sendiri kemudian diberi penanda yang berisi nama adik  sesuai dengan kreasi adik-adik sendiri agar tidak tertukar dengan teman yang lain. Kegiatan selanjutnya adalah membuat display kelas, yang pertama dibuat adalah “Sikapku Di Kelas” dibuat  oleh dan untuk adik-adik sendiri. Penanda kelas dibuat sendiri oleh adik-adik dengan bimbingan dari kakak, penanda kelas dibuat dari karton board yang dipotong seperti bentuk puzzle kemudian adik-adik diberi kesempatan untuk menyusun puzzle tersebut agar dapat membentuk gambar bumi. Adik-adik terlihat sangat antusias saat sedang menyusun puzzle ini, terlihat kekompakan adik di kelas Bumi. Setelah tersusun kemudian dilem dan diwarnai sendiri oleh adik-adik dengan krayon. Sebagai penanda nama, adik-adik membuat gambar alat transportasi, binatang, gedung, bendera sesuai dengna keinginan masing-masing adik, setelah jadi penanda kelas ditempel di pintu kelas Bumi.

Hari pertama ada 4 orang adik yang hadir dan bertambah 5 adik stiap harinya hingga hari keempat atau hari Kamis jumlah adik ada 17, ada dua orang adik yang belum dapat datang kesekolah: satu adik terjatuh saat sedang berlatih naik sepeda dan satu adik lagi sedang dalam masa penyembuhan setelah di khitan, sehingga keduanya masih membutuhkan waktu untuk dapat beristirahat.

 

Ditulis oleh : Kak Titis

 

Open chat