Tanggal 29 Juni 2015, adik-adik mulai masuk di awal tahun ajaran baru. Adik-adik masuk sesuai dengan jadwal yang tertulis di Ramadhan Kit. Adik-adik masuk secara bertahap selama masa adaptasi dan di hari Kamis sudah lengkap semua masuk. Selama masa adatasi adik-adik melakukan kegiatan Latihan Aktivitas Sehari-hari (LAS), seperti berbicara pelan, berjalan pelan, naik turun tangga, mengeluarkan dan memasukkan kursi, menyimpan buku penghubung, membawa benda, dan menyapu. Adik-adik yang datang meletakkan tas dan sepatu di tempat yang telah disediakan dan menulis absen. Sebelum masuk adik-adik melakukan sholat dhuha terlebih dahulu.

Pukul 07.30 WIB adik-adik masuk ke dalam kelas dan melakukan Brain Gym. Setelah Brain Gym, Kakak-Kakak memberi salam kepada adik-adik dan adik-adik menjawab salam dari Kakak. Adik-adik terlihat senang di hari pertama masuk sekolah. Mereka senang karena bertemu lagi dengan teman-temannya setelah liburan semester. Adik-adik menceritakan liburan mereka kepada Kakak dan teman-teman. Salah satu adik bercerita dan adik yang lain mendengarkan. Ada adik yang berlibur ke bioskop untuk menonton film, ada yang berlibur di tempat-tempat wisata di luar kota, serta liburan di rumah bersama keluarga.

Setelah bercerita tentang liburan, adik-adik melakukan kegiatan berikutnya yaitu Latihan Aktivitas Sehari-hari. Kakak memberi contoh terlebih dahulu dan adik-adik memperhatikan contoh yang kakak berikan. Adik-adik berlatih berjalan pelan di lingkaran dan di lorong depan kelas serta berlatih mengeluarkan dan memasukkan kursi. Selesai kegitan LAS, adik-adik berbaris di depan kelas dan berkeliling sekolah untuk mengenal kelas. Di lantai satu, adik-adik berkunjung ke kelas Merkurius Abu-abu dan Jingga. Mereka memberi salam kepada kakak-kakak pendamping kelas dan berkenalan dengan adik-adik baru. Selanjutnya mereka berkunjung ke Kelas Venus Nova. Di lantai dua, mereka berkunjung ke kelas Venus Farra, Bumi, ruang administrasi, dan ruang Kak Endah. Selanjutnya mereka berkunjung ke Kelas Yupiter dan Saturnus.

Kegiatan berikutnya yaitu membuat nama locker. Mereka mengambil bahan-bahan ke Tetum Mart. Bahan-bahan yang mereka ambil adalah plastik bekas detergen atau makanan dan karton hitam.  Selesai membuat nama loker, adik-adik membuat buklet cerita liburanku dan bermain bebas di lapangan basket. Sebelum pulang adik-adik duduk di lingkaran dan membaca surat-surat pendek. Selesai membaca surat pendek, kakak memberi salam dan menanyakan kegiatan adik-adik hari pertama masuk di sekolah. Adik-adik menyebutkan satu-persatu kegiatan yang mereka lakukan hari ini. Kemudian, adik-adik membaca doa pulang dan memberi salam kepada kakak.

Hari kedua adik-adik yang datang bertambah jumlahnya menjadi 8 orang. Kegiatan yang dilakukan yaitu LAS, membuat jadwal piket, dan menulis “Harapanku di Kelas Mars”. Setelah Brain Gym, adik-adik yang baru datang bercerita tentang liburannya. Selesai bercerita dan mendengarkan cerita, kegiatan berikutnya yaitu LAS. Kegiatan LAS yang dilakukan hari ini adalah berbicara pelan, berjalan pelan, memasukkan dan mengeluarkan kursi, dan naik turun tangga. Adik-adik yang baru datang membuat nama loker dan membuat buklet cerita liburanku. Adik-adik yang kemarin sudah membuat nama loker, membuat jadwal piket. Jadwal piket dibuat oleh adik-adik menggunakan bahan-bahan dari Tetum Mart seperti kardus dan kertas bekas. Selesai membuat nama loker dan membuat display jadwal piket, adik-adik membersihkan dan merapikan kelas. Kelas sudah bersih dan rapi, Kakak memberi waktu kepada adik-adik untuk bermain bebas. Adik-adik bermain petak umpet di lapangan basket. Meskipun adik-adik sedang berpuasa mereka tetap senang bermain petak umpet. Selesai bermain adik-adik kembali ke dalam kelas dan beistirahat terlebih dahulu sebelum melakukan aktivitas selanjutnya. Selesai beristirahat adik-adik menulis “Harapanku di kelas Mars”. Selesai menulis adik-adik duduk di lingkaran. Kakak menanyakan kegiatan hari ini dan kemudian pulang.

Hari ketiga adik-adik yang datang bertambah lagi jumlahnya menjadi 12 orang. Kegiatan yang dilakukan masih sama seperti hari sebelumnya yaitu LAS. Setelah Brain Gym, adik-adik yang baru datang bercerita tentang liburannya. Selesai bercerita dan mendengarkan cerita, kegiatan berikutnya yaitu LAS. Adik-adik yang baru datang membuat nama loker, membuat buklet cerita liburanku, dan menulis “Harapanku di kelas Mars”. Adik-adik yang datang dari hari Senin dan Selasa membuat display aturan kelas dan menghias jadwal piket. Display aturan kelas dibuat oleh adik-adik menggunakan bahan-bahan seperti kardus bekas, plastik bekas, daun dan batang kering. Salah satu kakak memenani adik-adik yang mencari daun kering di halaman sekolah dan ada kakak yang mendampingi adik-adik di dalam kelas. Kakak bertanya kepada adik-adik mengenai aturan di dalam kelas. Mereka menjawab”, jaga sikap kak”. Kemudian kakak bertanya lagi, “Selain itu apalagi adik-adik?”. Adik-adik menjawab, “berjalan belan, berbicara pelan, jaga tangan, jaga kaki, jaga mulut, sayang teman, membantu teman, dan mendengarkan kakak”. Ternyata adik-adik masih ingat aturan-aturan di dalam kelas. Display aturan kelas dibuat bersama-sama, setelah itu mereka juga meghias display jadwal piket dengan lucky star(lipatan kertas berbentuk bintang) yang mereka buat dari kertas dan diwarnai dengan pensil warna. Seteleh mereka selesai mengerjakan, adik-adik meminta untuk bermain bebas. Setelah bermain bebas adik-adik kembali ke kelas dan duduk di lingkaran. Sebelum pulang mereka menceritakan kegiatan hari ini dan membaca doa sebelum pulang.

Hari keempat adik-adik yang datang berjumlah 16 orang. Ada satu adik yang belum bisa hadir hari ini dan ada satu adik perempuan baru di kelas Mars. Kegiatan yang dilakukan masih sama seperti hari sebelumnya yaitu LAS. Sebelum masuk adik-adik melakukan sholat dhuha terlebih dahulu. Pukul 07.30 adik-adik masuk dan melakukan Brain Gym, adik-adik yang baru datang bercerita tentang liburannya. Selesai bercerita dan mendengarkan cerita, kegiatan berikutnya yaitu LAS. Adik-adik yang baru datang membuat nama loker, membuat buklet cerita liburanku, dan menulis “Harapanku di kelas Mars”. Adik-adik yang datang dari hari Senin, Selasa, dan Rabu membuat display nama kelas. Kakak bertanya kepada adik-adik mengenai ide untuk display nama kelas. Adik-adik mengutarakan idenya, ada yang ingin membuat roket, alien, dan astronot. Akhirnya mereka sepakat untuk membuat roket. Adik-adik membuat roketnya masing-masing. Roket yang dibuat sesuai dengan yang mereka inginkan. Mereka menggambar roket dikertas dan mereka warnai serta diberi nama. Roket yang sudah diwarnai mereka tempel di kardus bekas dan kemudian mereka gunting. Setelah itu, mereka tempel di steroform berwarna hijau. Beberapa menit lagi waktu pulang, adik-adik menulis jurnal dan melanjutkan kembali menghias display nama kelas besok. Adik-adik duduk di lingkaran, kakak memberikan salam dan menanyakan kegiatan hari ini. Adik-adik menyebutkan kegiatan-kegiatan hari ini. Mereka membaca doa dan pulang.

Hari kelima adik-adik kelas Mars yang datang sudah lengkap. Mereka senang karena teman-teman sudah datang semua ke sekolah. Kegiatan yang dilakukan masih sama seperti hari sebelumnya yaitu sholat dhuha, Brain Gym, LAS, menghias display nama kelas, dan menulis “yang akan kupelajari di Kelas Mars”. Sebelum masuk adik-adik melakukan sholat dhuha terlebih dahulu. Sambil menunggu jam masuk, beberapa adik kelas Mars bermain di lapangan. Pukul 07.30 adik-adik masuk dan melakukan Brain Gym, adik-adik yang baru datang bercerita tentang liburannya. Selesai bercerita dan mendengarkan cerita, kegiatan berikutnya yaitu LAS. Kegiatan LAS hari ini ditambah dengan membawa benda. Adik-adik berlatih membawa benda seperti gunting, piring, dan gelas. Selesai LAS, satu adik yang baru datang membuat nama loker, membuat buklet cerita liburanku, dan menulis “Harapanku di Kelas Mars”. Adik-adik yang lainmenghias display nama kelas. Adik-adik menghias display nama kelas dengan kertas bekas dan kardus bekas. Selesai menghias dan menempelkan display nama kelas di pintu, adik-adik menulis “yang akan kupelajari di Kelas Mars”. Mereka menuliskan apa yang akan mereka pelajari di kelas Mars dan menggantungkan kertas tulisan mereka di tali yang dipasang di dinding tembok kelas. Selesai menulis, adik-adik diberikan waktu bermain bebas.

Sebelum bermain bebas, adik-adik kelas Mars dan Kakak Pendamping Kelas Mars foto bersama di lapangan depan dan di air mancur. Selesai foto bersama, adik-adik bermain piramid dan petak umpet. Mereka bermain bersama-sama. Mereka terlihat sangat senang bermain petak umpet. Adik-adik hanya bermain di dalam lingkungan sekolah, tidak diluar sekolah. Pukul 10.10 WIB, adik-adik  kembali ke dalam kelas dan menulis jurnal kegiatan hari ini. Setelah menulis jurnal, adik-adik duduk di lingkaran dan membaca doa niat puasa, doa berbuka puasa, niat sholat tarawih dan witir bersama teman-teman dan kakak. Kakak memberikan salam dan menanyakan kegiatan hari ini kepada adik-adik. Adik-adik menyebutkan kegiatan yang dilakukan hari ini. Mereka membaca doa dan pulang. Kakak menunjuk adik yang paling tenang keluar pertama, dan adik yang ditunjuk menunjuk lagi temannya yang paling tenang, dan seterusnya. Adik-adik menyimpan buku penghubung ke dalam tas dan bersiap untuk pulang. Adik-adik yang sudah dijemput segera pulang dan adik-adik yang belum dijemput menunggu sampai dijemput.

Ditulis oleh : Kak Ratna

Open chat