Hari Senin tanggal 29 Juni 2015 adalah hari pertama masuk sekolah setelah liburan akhir semester  di Sekolah Tetum Bunaya. Hari ini adik adik kelas Yupiter masuk secara bersamaan. Adik adik kelas Yupiter terlihat sangat bersemangat  karena mereka memasuki kelas yang baru dan bertambah pula kedewasaan mereka. Kelas Yupiter di Tetum Bunaya setara dengan kelas 5 SD. Di hari pertama masuk adik-adik menjalani masa adaptasi yang bersamaan pula dengan datangnya bulan Ramadhan. Hari ini ada 13 adik yang masuk karena ada satu adik yang berhalangan hadir karena sedang mengikuti pesantren kilat. Mereka sangat antusias mengikuti kegiatan meskipun mereka sedang berpuasa.

Kegiatan rutin di pagi hari adalah brain gym dan adik adik semua ingat dengan gerakannya. Usai brain gym kemudian dilanjutkan dengan doa pagi bersama dipimpin oleh salah satu adik. Usai doa pagi dilanjutkan dengan absen dan salam pembuka dari kakak pendamping kelas Yupiter. Kegiatan selama adik adik maemasuki masa adaptasi telah diprogramkan  meliputi pengembangan diri dan pendalaman ibadah di bulan Ramadhan.

Kegiatan pagi yang diikuti adik adik meliputi pengembangan diri adalah mulai dari berjalan pelan,berbicara pelan,memasukkan dan mengeluarkan kursi, naik turun tangga dan lain lain. Di hari pertama ini adik adik juga melakukan kunjungan ke kelas lain dan berkenalan dengan adik adik dari kelas Merkurius yang mana setara dengan kelas 1 SD. Usai melakukan kunjungan ke kelas lain adik adik kembali ke kelas dan mereka bercerita tentang pengalaman liburan mereka. Ada yang pergi ke rumah nenek, ada yang berbuka puasa bersama adik adik yatim piatu di salah satu panti asuhan dan ada juga yang dirumah saja. Mereka juga becerita kalau mereka sempat nobar menonton film bersama-sama di bioskop.

Dihari berikutnya kegiatan pagi setelah doa pagi adalah mengaji dan menulis hafalan sholat dhuha beserta artinya. Adik adik tampak sangat bersemangat mengikuti setiap kegiatan di kelas. Kegiatan berikutnya adalah membuat display untuk kelas mereka, memberi nama untuk  locker mereka, membuat nama adik adik untuk di letakkan di depan pintu masuk kelas, jadwal piket setelah masa adaptasi, aturan kelas, birthday chart dan harapan mereka nanti di kelas Yupiter. Aturan dan harapan  di kelas mereka buat sendiri dari hasil pemikiran mereka sendiri. Adik adik menuangkan ide dan kreatifitas mereka dalam waktu yang singkat. Mereka membuatnya dengan penuh keceriaan dan kerjasama yang solid. Mereka terlihat menikmati setiap kegiatan yang mereka jalani bahkan saat sudah tiba waktu pulang mereka enggan untuk pulang karena masih ingin di sekolah bersama-sama dengan teman-temannya menikmati kebersamaan.

Ditulis oleh Kak Sendang

Open chat