Hari ini Kamis tanggal 20 Agustus 2015 adik-adik kelas Langit berkegiatan memasak. Mereka akan membuat kue Putri Salju yang biasa disajikan saat lebaran. Sebelum berkegiatan Kakak berinteraksi dengan adik-adik dengan menyampaikan  tentang kue lebaran dan mereka antusias mengungkapkan pengalamannya ada menjawab ketupat, kue stroberi dan  ada yang menjawab kue putri salju.  Kegiatan  dimulai dari kelas Langit Jingga Hijau mereka menuju ke kebun nangka untuk melakukan kegiatan memasak bergantian dengan kelas Langit Putih Biru.

Adik-adik duduk membentuk lingkaran, kemudian Kakak memperkenalkan bahan-bahan dan peralatan yang akan digunakan untuk membuat putri salju, Bahan yang digunakan  antara lain terigu, susu bubuk, mentega, telur, gula halus dan peralatannya adalah alat untuk memipihkan adonan, cetakan berbentuk bulan sabit, loyang, saat di perkenalkan oven dan kompor, ada adik yang mengatakan “aku punya kaa di rumah”.

.

Setelah Kakak memperkenalkan bahan-bahannya, adik-adik merasakan tekstur dari masing-masing bahan secara bergantian. Salah satu adik ada yang mengatakan “lembut ka..”, dan “ehmmm manis” saat merasakan tekstur terigu dan gula halus. Setelah mencampur semua bahan dan membuat adonan adik-adik mulai memipihkan adonan dan mencetaknya. Adik-adik mencoba satu persatu dan diletakkan diloyang yang sudah dioleskan mentega dan ada adik yang mengatakan “Kak..abis itu disimpan di oven ya  Ka?” dan salah satu adik mengatakan “kalau oven mama aku ada kabelnya Ka..”,  setelah loyang terisi penuh kemudian Kakak mengajak adik-adik untuk melihat saat kue dimasukkan ke dalam oven.

Setelah masak adik-adik mencicipi kue bergantian dan membawa pulang kue Putri Salju yang mereka buat dalam kemasan yang sudah diberi nama dan ditempel oleh adik-adik.

.

Kegiatan memasak ini bertujuan untuk mengenalkan kepada adik-adik proses memasak, membuat kue dari mulai mengenal alat dan bahan, merasakan tekstur dari bahan-bahan yang digunakan, mencampur bahan, mengaduk adonan dan mencium aroma kue saat kue sedang dioven/dibakar.

Ditulis oleh : Kak Lusi

Open chat