Kegiatan di kelas Merkurius Jingga pada bulan Agustus ini sangat menyenangkan karena memasuki tema: Aku dan Perayaan 17 Agustus. Sekolah mengadakan lomba-lomba seru yang melibatkan Ayah Bunda serta adik-adik.

Pada minggu pertama dihari Senin dimulai dengan olahraga bersama Kak Ikhwan, adik-adik diajak berjalan sehat mengelilingi Jalan Timbul. Kegiatan berikutnya menghitung teman yang ada di kelas Merkurius Jingga dengan menggambar sejumlah temannya. kegiatan dihari Selasa Mrs Arti mengenalkan tentang Myself Potrait, adik-adik menjelaskan tentang dirinya, nama, warna kesukaan, hobi, kegiatan yang aku suka dan kegiatan yang tidak aku suka. Pada hari Rabu adik-adik diajak untuk bercermin melihat dirinya mulai dari kepala sampai kaki, bagaimana warna rambut, bentuk mata dan hidung, warna kulit. Setelah bercermin mereka sudah mengenal dirinya secara fisik kemudian menggambar Aku sesuai yang mereka lihat dicermin. Hari Kamis kegiatan menari bersama Kak Rani, adik-adik menari tarian “Ondel-Ondel”.

.

Kegiatan berikutnya mengenal Al-Quran bersama Kak Samsul, adik-adik dikenalkan tentang cara arah membaca Al-Quran dan apa saja isi di dalamnya. Kegiatan dihari Jumat upacara Pramuka, adik-adik antusias mengikuti susunan upacara pramuka. Pertama kalinya untuk kelas Merkurius mengikuti upacara, adik yang ada dibarisan belakang terlihat penasaran ingin mengetahui apa yang dilakukan Kakak kelasnya saat upacara, ada salah satu adik yang kecapekan karena barisnya terlalu lama. Setelah upacara adik-adik membantu untuk menempelkan bendera segitiga merah putih yang terbuat dari  kertas crepe, mereka senang sekali karena bendera yang dibuat panjang sekali memenuhi lapangan bola.

Kegiatan diminggu kedua pada hari Senin dan Selasa adik-adik menonton Ayah dan Bunda berlomba. Mereka sangat bersemangat ingin menonton lomba dan berharap kelompok Ayah dan Bundanya menang. Pada hari Rabu Merkurius Jingga mengikuti lomba bakiak, saat di kelas Kakak menjelaskan kemungkinkan nanti jika menang akan melawan kelas Venus sampai kelas Saturnus, adik-adik langsung takut kalah karena melawan Kakak yang lebih besar, kemudian Kakak menjelaskan tidak apa-apa yang penting Kita harus semangat dan berusaha yang terbaik. Lombapun berlangsung dan tidak disangka ternyata kelas Merkurius Jingga menang memasuki babak perebutan juara tiga dan empat, lawan mereka yaitu kelas Saturnus…. Waaah ini adalah pertama kalinya dalam lomba kelas Merkurius Jingga melawan kelas Saturnus. Kelompok Merkurius Jingga tetap semangat mengikuti lomba, semua kelas mendukung menyemangati kelas Merkurius Jingga namun karena adik-adik terlihat lelah setelah beberapa kali lomba mereka terjatuh dan didahului kelas Saturnus, walaupun terjatuh mereka tetap semangat bangun lagi berjalan sampai ke garis finish dan Merkurius Jingga menang sabagai juara keempat.

.

Dihari Kamis adik-adik mengikuti lomba lempar bola, setiap akan lomba mereka selalu bersemangat untuk menang. Alhamdulillah kelas Merkurius memasuki babak perebutan juara tiga dan empat. Babak tersebut dilakukan dihari Jumat kelas Merkurius Jingga melawan kelas Venus, dari hasil point yang didapat Alhamdulilla kelas Merkurius Jingga mendapat juara Keempat. Setelah lomba lempar bola adik-adik menonton Bunda lomba lari estafet dilajutkan pembagian hadiah.

.

Pada minggu ketiga dihari Senin adik-adik mengikuti upacara 17 Agustus yang dihadiri oleh Ayah dan Bunda. Setelah itu berkumpul di Amphi Theater untuk bernyanyi bersama, Ayah dan Bunda secara bergantian maju kedepan untuk menyanyikan lagu-lagu Nusantara. Kegiatan dihari-hari berikutnya adik-adik bercerita tentang lomba yang diikuti di hari raya kemerdekaan, mereka antusias bercerita di depan teman-temannya dan menggambarkan lomba-lomba yang diikuti, untuk adik yang tidak mengikuti lomba di rumah boleh menggambarkan lomba yang diikuti di sekolah. Mereka juga mengenal anggota tubuh yang terdiri dari kepala, leher, tangan dan kaki sambil bermain duck duck goose, setelah bermain adik-adik menjelaskan anggota tubuh apa saja yang bergerak saat bermain. Saat kegiatan bersama Kak Samsul dikenalkan bacaan taawudz.

Adik-adik sangat senang mengikuti kegiatan dibulan Agustus dengan lomba-lomba yang mereka ikuti. Mereka belajar berkompetisi, berkelompok, dan berjuang bersama.

Ditulis oleh Kak Nita

Open chat