Bulan Agustus merupakan bulan pertama bagi adik-adik Merkurius melaksanakan program pembelajaran karena sebelumnya ketika masuk di bulan ramadhan adik-adik hanya melakukan kegiatan LAS (Latihan Aktivitas Sehari-hari). Pada bulan pertama adik-adik belajar di kelas Merkurius tema yang diambil adalah “Aku dan Teman Baru”. Tema ini diambil menyesuaikan dengan keadaan adik-adik yang kini berada di lingkungan baru denganteman kelas yangbaru meskipun lebih banyak adik lulusan dari TK Tetum Bunaya. Jadi, kegiatan Merkurius di bulan ini lebih memfokuskan pada perkenalan diri adik-adik.

Kegiatan di minggu pertama dengan tema di atas yaitu adik-adik diajak untuk memperkenalkan diri di depan teman-temannya dengan bercerita tentang dirinya mulai dari menyebutkan nama panjang, nama panggilan, alamat rumah dan menyebutkan anggota keluargannya. Saat memperkenalkan dirinya adik-adik terlihat semangat dan adapula beberapa adik yang terlihat masih malu-malu. Tidak hanya memperkanalkan dirinya adik-adik juga diajak untuk mengenal dan mengetahui jumlah teman kelasnya dengan menghitung seluruh temannya. Adik-adik menghitung satu persatu temannya selanjutnya adik-adik menggambar diri dan temannya serta menuliskan jumlah keseluruhan adik-adik kelas Merkurius Abu-abu. Begitupun pada kegiatan Bahasa Inggris adik-adik diminta untuk membuat gambar dirinya sendiri dengan judul “My Self Potrait”. Pada kegiatan IPS adik-adik diajak mengenal dirinya sendiri dengan bercermin dan mengidentifikasi ciri-ciri pada dirinya mulai dari bagian kepala hingga kaki. Saat bercermin beberapa adik ada yang bertanya pendapat kakak dan teman-temannya apakah hidungnya mancung atau pesek. Sedangkan kegiatan IPA diminggu pertama adik-adik diperkenalkan dengan lingkungan sekitar sekolah dan menggambarkan tanaman yang ada dihalaman sekolah. Untuk Agama adik-adik belajar mengenal Al-Qur’an, dan untuk bulan ini materi SBK (Seni Budaya  dan Keterampilan) untuk adik Merkurius yaitu mengenal Kebudayaan Betawi dengan belajar tari ondel-ondel. Kemudian kegiatan pramukanya yaitu belajar mengikuti upacara, karena bulan ini merupakan bulan kemerdekaan Indonesia maka setelah upacara adik-adik perkelas menghias taman belakang sekolah dengan membuat hiasan berwarna merah dan putih sedangkan pengembangan dirinya masih mengulang kegiatan LAS.

.

Pada minggu kedua dibulan Agustus, SD Tetum Bunaya mengadakan perlombaan untuk memperingati sekaligus memeriahkan perayaan kemerdekaan Indonesia. Perlombaan ini diselenggarakan untuk murid dan para orang tua murid. Jadi ketika perlombaan berlangsung adik-adik menonton dan memberikan semangat untuk ayah bundanya serta temannya yang mengikuti lomba. Pada kegiatan lomba agustusan ini semua adik Merkurius abu-abu diikutsertakan mengikuti perlombaan,dari 15 adik dibagi menjadi 4 kelompok untuk mengikuti perlombaan. 2 kelompok mengikuti perlombaan bakiak dan 2 kelompok lainnya mengikuti perlombaan lempar bola. Adik-adik terlihat bersemangat mengikuti kegiatan perlombaan yang diselenggarakan meskipun tim dari Merkurius abu-abu tidak masuk ke babak final tetapi semangat dan sportifitas adik-adik patut diacungi jempol. Di minggu ke-2 juga ada beberapa kegiatan di kelas yang dilakukan adik-adik Merkurius abu-abu yaitu seperti membuat Event Chart dengan menggambarkan kegiatan kemarin, sekarang dan besok. Kemudian belajar PKn dengan menggambar dirinya serta menuliskan identitas diri seperti nama, alamat dan berbagai hal yang mereka sukai. Puncak kegiatan yang diselenggarakan hari ini berakhir pada hari jum’at dimana setelah melakukan upacara adik-adik diajak menonton para orang tua berlomba estafet, dan penghujung acara ditutup dengan pembagian hadiah. Inilah momen yang ditunggu adik-adik meskipun Merkurius abu-abu tidak masuk ke dalam babak final namun kelas kami tetap menjadi juara pada kategori tim yang sportif. Adik-adik sangat senang sekali. Pengembangan diri di minggu ini yaitu mendengarkan sejarah hidup teman.

.

Minggu ketiga rutinitas pembelajaran kembali seperti biasanya. Tapi karena hari senin bertepatan dengan libur nasional memperingati hari kemerdekaan maka adik-adik mengikuti kegiatan upacara 17 Agustus di sekolah. Tetapi, tidak hanya adik-adik yang mengikuti upacara ini namun ayah dan bunda juga diundang untuk menghadiri upacara bendera di hari kemerdekaan. Esok harinya kegiatan belajar sudah mulai aktif, adik-adik mengikuti olahraga dengan materi berjalan dan berlari, adik-adik juga membuat biodata tentang dirinya di pelajaran Bahasa Inggris. Pelajaran IPA di minggu ini adik-adik diajak mengenal anggota tubuhnya sambil bernyanyi bersama-sama dilingkaran dan saat pelajaran IPS adik-adik membuat buklet yang menceritakan tentang kegiatan adik-adik pada tanggal 17 Agustus kemarin. Sedangkan pelajaran Agama adik-adik mengenal bacaan ta’awudz. Materi pramuka di minggu ini adik-adik mengenal barung.

.

Masuk di minggu keempat adik-adik mulai membuat hasil harya yang bisa dibawa pulang untuk bulan ini yaitu adik-adik membuat poster diri dengan mencetak tubuhnya di kertas samson. Adik-adik terlihat sangat senang ketika membuat poster diri mereka masing-masing. Tubuh adik-adik dicetak oleh kakak kemudian adik-adik yang menggunting dan membentuk gambar diri mereka masing-masing lalu diwarnai dan terakhir adik-adik menempel poster dirinya di dinding kelas. Setelah hampir dua minggu di tempel, poster diri adik-adik dibagikan dan dibawa pulang ke rumah masing-masing.

Ditulis oleh Kak Indri

Open chat