Pada bulan Agustus ini, di sekolah tetum Bunaya mengambil tema tentang hari kemerdekaan. Hal tersebut untuk menyemarakkan peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus. Kegiatan untuk memperingati hari kemerdekaan telah dilakukan sejak awal bulan Agustus ini. Kegiatan yang dilakukan adalah lomba untuk orang tua murid serta adik-adik di sekolah tetum bunaya. Adik-adik kelas Mars  juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, Adik-adik sangat antusias saat diumumkan akan ada kegiatan lomba. Kegiatan lomba dilaksanakan pada tanggal 10-14 Agustus, adik-adik Mars sangat bersemangat mengikuti lomba bakiak dan lempar bola. Kelas Mars mengirimkan 2 Tim lempar bola dan 3 Tim bakiak. Adik-adik Mars berhasil memenangkan lomba lempar bola setelah berhadapan dengan kelas Venus Nova di babak final. Adik-adik sangat senang dapat ikut berpartisipasi serta memenangkan perlombaan.

Kegiatan belajar di kelas Mars selama bulan agustus ini mulai masuk pada materi pelajaran. Pada pelajaran pendidikan agama islam adik-adik diajak untuk membaca surat Al-Fatihah dan mengenal sifat jaiz Allah, selain itu adik-adik juga dikenalkan untuk menulis kalimat dalam huruf hijayah, seperti “Bismillahirrohmanirrohim, Assalamu’alaikum, subhanallah”. Adik-adik juga mendengarkan kisah tentang nabi Yusuf AS sejak kecil hingga beranjak dewasa. Ada beberapa adik yang telah mengetahui tentang kisah Nabi Yusuf ini, sehingga terjadi diskusi yang menarik.

.

Adik-adik belajar lebih mengenal susunan organisasi di sekolah tetum bunaya pada pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Adik-adik diminta untuk menuliskan nama kakak-kakak yang ada di sekolah tetum bunaya mulai dari sekolah SD, TK dan KB. Sehingga adik-adik menjadi lebih mengenal kakak-kakak, yang belum kenal sebelumnya. kegiatan ini untuk mengawali adik-adik dalam mengenal tentang susunan pemerintahan di desa.

Kegiatan bahasa indonesia kelas Mars bulan ini berkaitan dengan pengenalan denah dan peta. Untuk memudahkan adik-adik belajar, maka dibuat belajar peta dengan cara yang menyenangkan dengan tema”Aku di dalam Peta”. Dalam kegiatan ini adik-adik membuat gambar dirinya di dalam peta dan nantinya akan dibuat menjadi sebuah buku. Halaman depoan diawali dengan gambar diri adik-adik sendiri selanjutnya gambar adik di dalam kamar dan ruang kesayangannya. Adik-adik diminta untuk membuat gambar dengan menggunakan krayon, pensil warna maupun spidol agar gambar menjadi lebih menarik.

.

 

Adik-adik belajar matematika dengan mengingat kembali materi yang telah dipelajari sebelumnya tentang perkalian dan penambahan. Materi perkalian ini kembali diingatkan karena untuk memudahkan adik-adik dalam memahami materi baru yang akan diajarkan nantinya yaitu tentang sifat komutatif. Adik-adik diminta untuk membuat tabel penambahan 1 hingga 10 pada kertas berukuran 14×14. Adik-adik dikenalkan tentang bagaimana cara membaca tabel dengan benar, yaitu dibaca dari tabel sebelah kiri baru kemudian melihat tabel bagian atas. Akan tetapi untuk tabel penambahan dan perkalian akan menghasilkan angka yang sama dengan cara membaca tabel dari kiri ke atas maupun dari atas ke kiri. Oleh karena itu adik-adik menjadi mengerti bahwa sifat operasi hitung penambahan dan perkalian adalah bersifat bolak-balik atau biasa disebut dengan komutatif. Adik-adik juga dikenalkan sifat komutatif dalam kehidupan nyata  dengan menggunakan komuterline, yaitu kereta yang memiliki lintasan tertentu dan bentuk lintasannya adalah lurus sehingga dapat bergerak bolak-balik atau maju-mundur.

Pada kegiatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, adik-adik belajar tentang denah di kamar dan ruangan di sekolah. Oleh karena itu untuk membuat denah dikenalkan terlebih dahulu arah mata angin , dan dalam membuat denah arah utara harus selalu berada pada bagian atas. Adik-adik senang membuat ruang kesayangan dirumahnya yaitu kamar, adik-adik menggambar setiap barang yang berada di dalam kamarnya. Untuk mengenal arah mata angin lebih baik, adik-adik diajak untuk berbaris kemudian diminta  melihat pada arah yang disebutkan secara bersamaan. Tahap kesulitan dari permainan ini adalah semakin lama jumlah arah mata angin yang disebutkan menhjadi semakin banyak, oleh karena itu adik-adik memerlukan berkonsentrasi agar dapat menunjukkan arah mata angin dengan benar. Adik-adik secara bergantian memberikan instruksi arah mata angin kepada temannya , dan adik-adik menjadi semakin antusias.

Dalam kegiatan Ilmu Pengetahuan Alam, adik-adik belajar tentang rangka. Pengenalan rangka diawali dengan mengajak adik-adik untuk melihat benda-benda disekeliling sekolah yang memiliki rangka. Setelah itu adik-adik diajak untuk membuat benda yang memiliki rangka dan dapat digunakan untuk bermain yaitu, layang-layanng. Adik-adik dapat membuat layang-layang sediri dengan cara mengikat bambu dengan menggunakan benang, setelah kerangka layang-layang terjadi selanjutnya ditempelkan kertas berwarna merah dan putih sesuai dengan tema Kemerdekaan  pada bagian kerangkanya dan selanjutnya menjadi sebuah layang-layang.

Pada kegiatan Seni Budaya dan Keterampilan, adik-adik dikenalkan dengan tarian “Ondel-Ondel”. Adik-adik sangat antusias mengikuti kegiatan ini, adik-adik bersemangat mengikuti setiap gerakan yang diajarkan. Adik-adik selanjutnya diminta untuk membuat properti menari yang akan di pegang di tangan berbentuk lingkaran bergambar maupun topeng. Adik-adik boleh membuat properti ini dirumah kemudian dibawa kesekolah maupun membuatnya disekolah. Adik-adik membuat properti topeng dengan hasil yang sangat bagus dan dapat menjadi properti menari sekaligus sebagai hiasan dinding dikelas.

.

Dalam pelajaran Pendidikan Jasmani, Kesehatan dam Olah Raga melakukan kegiatan running ABC dalam setiap awal kegiatannya sebagai pemanansan tubuh. Adik-adik juga diajak untuk melakukan gerakan lompatan beberapa rintangan dengan menggunakan tali karet gelang yang dirangkai sendiri oleh adik-adik sebelum berolahraga. Adik-adik memerlukan konsentrasi dan lompatan  yang baik untuk dapat melompati rintangan tali setinggi bahu adik-adik saat sedang duduk.

Kegiatan Bahasa Inggris dimulai dengan membuat buklet tentang cerita liburan adik-adik saat libur lebaran. Selain membuat buklet adik-adik juga bercerita secara lisan tentang liburannya. Adik-adik sangat senang dapat menceritakan cerita liburannya. Selanjutnya adik-adik belajar tentang “There is and There are”, adik-adik menggambar benda yang disuka dengan jumlah gambarnya bebas selanjutnya adik menuliskan “there is atau there are”. Apabila gambar adik hanya satu menggunakan “There is” dan apabila gambarnya lebih dari satu menggunakan “There are”. Kemudian adik-adik diajak dengan mendengarkan cerita “Eddy Elephant”, adik sangat senang mendengarkan cerita.

.

Dalam kegiatan pramuka selalu diawali dengan upacara, adik-adik berbaris sesuai dengan kelasnya masing-masing. Setelah kegiatan upacara adik-adik membuat regu baru karena saat ini adik Mars sudah menjadi anggota regu penggalang. Adik Mars menjadi satu regu dengan kelas yupiter dan saturnus. Dalam kegiatan ini juga adik-adik membuat yel-yel sesuai dengan nama regunya, ada regu Kobra, Elang, Harimau, Terompet dan Matahari. Kegiatan lainnya adalah berkumpul di amphiteater dan menyanyikan lagu-lagu daerah dan gerakannya.

Kegiatan pengembangan diri kelas Mars diisi dengan mengikuti acara ulang tahun dan pembacaan sejarah hidup teman, dan melakukan kegiatan latihan aktivitas sehari hari, seperti merapikan kelas dan menyapu.

Adik-adik sangat bersemangat melewati hari-hari di kelas Mars selama bulan Agustus ini, semoga adik-adik akan selalu tetap bersemangat seterusnya.

Ditulis oleh Kak Titis

Open chat