Adik-adik sudah memasuki bulan Agustus setelah melewati bulan yang penuh berkah yaitu bulan ramadhan yang jatuh pada bulan Juli. Di bulan Agustus pulalah adik-adik kelas yupiter memasuki tahun ajaran baru 2015/2016. Senang sekali rasanya melihat adik-adik antusias dan bersemangat menyambut tahun ajaran baru ini. Di awal bulan Agustus adik-adik terlihat senang bercerita tentang libur mereka di hari raya Idul Fitri. Setelah usai masa adaptasi adik-adik mulai berkegiatan aktif yang mana adik-adik sudah mulai menerima setiap mata pelajaran yang akan disampaikan oleh kakak-kakak pengampu. Setiap mata pelajaran memiliki keasyikan sendiri-sendiri yang mana bisa menimbulkan ketertarikan adik-adik untuk selalu ingin mengikuti setiap kegiatan. Mata pelajaan IPA adik-adik belajar tentang pernapasan, adik-adik  telihat semangat mengikutinya itu ditunjukkan dengan banyak pertanyaan yang adik-adik ajukan kepada kakak pengampu. Nah yang paling seru lagi saat adik-adik yupiter membuat alat peraga pernapasan yang terbuat dari botol bekas, balon, karet, pipa kecil serta styrofoam. Setelah alat peraganya jadi adik-adik mencoba karya mereka dan saat alat peraganya enalami sedikit kerusakan mereka segera memperbaikinya. Tari Obahan Jiwa itulah tarian yang adik-adik pelajari saat mata pelajaran SBK Tari. Adik-adik yupiter mengikuti tahap demi tahap gerakan tari yang diajarkan. Mereka terlihat selalu berusaha menghafalkan gerakan demi gerakan dengan penuh semangat. Di mata pelajaran tari ini disisipkan permainan yaitu adik-adik dibagi menjadi beberapa kelompok kemudian setiap kelompok menari dan disaksikan oleh teman-teman mereka kemudian setiap kelompok diberi skor. Seru sekali!

.

Tidak hanya kedua pelajaran tersebut pelajaran matematika pun juga tidak kalah mengasyikkan adik-adik meperhatikan penjelasan kemudian mengerjakan soal-soal latihan. Pelajaran matematika tidak hanya berlangsung dikelas tetapi adik-adik diajak untuk belajar di amfitheater dengan banyak tumbuhan hijau disekitarnya. Dengan berada dilingkungan hijau adik-adik akan lebih bersemangat. Jika adik-adik merasa kesulitan mereka tidak malu untuk bertanya. Pelajaran matematika jadi mengasyikan. Di awal pelajaran Bahasa Indonesia adik-adik akan belajar tentang wawancara, awalnya adik-adik melakukan wawacara kemudian dibuat laporan setelah terkihat keseriusan mereka wawancara tersebut dibuat menjadi proyek. Apa itu proyeknya? Proyeknya adalah adik-adik membuat video wawancara. Adik-adik di bagi menjadi 4 kelompok. Kemudian mereka membuat konsep pertanyaan yang akan diajukan dan membagi tugas yang menjadi kameramen,  reporter, penulis  dan editor.  Setelah wawancara selesai dilakukan adik-adik mengedit video tersebut dengan penuh kekompakan.  Adik-adik terlihat antusias  menyelesaikan tugasnya mulai dari mencari lagu yang cocok untuk backsound, memberi nama kelompok, membuat background video, membuat subtittle,dan masih banyak lagi.

.

Dibulan Agustus ini adik-adik juga menyambut hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-70.  Untuk menyemarakkan HUT RI sekolah mengadakan perlombaan untuk orang tua murid dan juga untuk adik-adik. Kelas Yupiter mengikuti lomba bakiak dan lempar bola. Adik-adik yupiter terbagi menjadi beberapa kelompok. Dari pembentukan kelompok adik-adik sudah terlihat semangatnya. Di hari pelaksanaan perlombaan adik-adik bertanding dengan penuh kekompakan dan memberi semangat kepada teman mereka yang bertanding dengan kelas lain. Itu terbukti dengan kelas yupiter mendapat hadiah karena kekompakan dan keseruan mereka. Dihari Jumat adik-adik mengikuti kegiatan pramuka. Kegiatan tersebut diawali dengan upacara terlebih dahulu setelah itu adik-adik berkumpul dan membentuk regu. Ada regu Komodo,regu Cobra,regu Garuda, regu terompet,dan masih banyak lagi. regu-regu tersebut terdiri dari adik-adik dari berbagai kelas yang pengelompokannya secara random. Setelah pemilihan regu kemudian adik-adik membuat susuan pengurus,tidak hanya itu adik-adik juga membuat yel-yel regu. Bagus-bagus lho yel-yel yang mereka buat dengan penuh semangat.

.

Pada materi Pengembangan Diri adik-adik yupiter diminta untuk menuangkan seluruh kreatifitas mereka. Mereka memulai dengan membuat konsep karya yang akan dibuat yaitu membuat tempat pensil untuk setiap anggota kelas yupiter kemudian mereka berbelanja barang- barang yang dibutuhkan  di tetum mart setelah itu membagi tugas ada yang membuat background dan juga ada yang membuat tempat pensil dari cup kopi. Kegiatan tersebut meliputi menggambar alas menempelkan cup, mengguting cup menjadi 2 bagian, mengoleskan lem supaya alas terlihat mengkilap,kemudia menempelkan cup-cup tersebut ke alas yang telah digambar tadi. Hasilnya bagus sekali.

Inilah kegiatan adik-adik kelas yupiter di bulan agustus yang pasti adik-adik sangat bersemangat mengikuti setiap kegiatan seperti semangat kemerdekaan Republik Indonesia.

MERDEKA….. MERDEKA…… MERDEKA…..

Ditulis oleh Kak Sendang

Open chat