Memasuki bulan September, tema kegiatan Merkurius tidak lagi tentang Aku dan Teman Baru. Mengingat perayaan Idul Adha jatuh pada pertengahan di bulan ini maka tema besar yang dipilih untuk kegiatan pembelajaran Merkurius adalah “Idul Adha”.

Untuk menyambut tema baru pada kegiatan pembelajaran di bulan ini kakak pendamping Merkurius memberikan sebuah kejutan pada adik-adik dengan menghias kelas Merkurius. Hiasan berbentuk pohon dan sapi yang dikolase. Di bulan September ini, kegiatan pembelajaran tentunya lebih seru dari bulan lalu, adik-adik juga sudah mulai belajar membaca di bulan ini.

Di minggu pertama pembelajaran, adik-adik diajak untuk menggambarkan suasana Idul Adha yang pernah dilewatinya pada tahun-tahun sebelumnya. Berbeda namun senada, adik-adik menggambarkan dirinya dengan hewan qurban yang pernah dilihatnya saat perayaan Idul Adha. Ada yang menggambar kambing, domba, dan sapi. Tidak hanya menggambarkan pengalamannya, adik-adik juga diajak untuk berlatih menceritakan pengalamnnya di depan teman-teman melalui foto-foto dan gambar perayaan idul Adha yang dibawa dari rumah. Namun, sebelumnya adik-adik diperkenalkan dengan kegiatan Idul Adha yang biasa di lakukan di Sekolah Tetum Bunaya dengan memperlihatkan foto-foto kegiatan Idul Adha tahun lalu. Pelajaran Agama juga di arahkan mengenal ciptaan Allah dengan mengamati lingkungan sekitar sekolah. Untuk kegiatan B. Inggris di minggu pertama adik-adik belajar mengenal bagian tubuhnya dari buklet yang dibuat pada minggu sebelumnya. Sedangkan untuk pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) bulan ini masih belajar Tari Ondel-ondel, dan pelajaran olahraga di minggu ini masih melanjutkan materi minggu lalu tentang berjalan dan berlari.

Kegiatan di minggu ke-2 adik-adik mulai mengenal beberapa hewan yang biasa diqurbankan pada hari raya Idul Adha. Dimulai dengan memberikan kebebasan pada adik-adik untuk menyebutkan hewan qurban yang mereka ketahui, lalu kakak mengajak adik-adik melihat gambar hewan qurban pada Big Book Hewan Qurban. Ketika melihat gambar, adik-adik membedakan antara kambing dan domba serta sapi dan kerbau. Setelah itu adik-adik membuat buklet tentang hewan qurban. Kegiatan selanjutnya yaitu mengenalkan pengurutan bilangan dengan dimulai dari membedakan besar dan kecil, adik-adik diminta untuk mengolase domba besar dan domba kecil menggunakan kertas origami. Pada pelajaran B. Inggris adik-adik belajar tentang family, adik-adik bernyanyi bersama-sama tentang family dan diminta membuat family puppet sejumlah anggota keluarga masing-masing. Untuk pelajaran agama adik-adik mengenal rukun iman dan program pembelajaran olahraga di minggu ke-2 sudah masuk materi baru yaitu melompat. Di minggu ini juga adik-adik diajak membuat kembang kelapa dari barang-barang bekas saat pelajaran SBK sebagai properti tari untuk mereka.

Masuk minggu ke-3 kegiatan yang dilakukan yaitu membuat cerita hewan qurban. Setelah diperkenalkan tentang macam-macam hewan qurban, kini adik-adik dibagi menjadi 3 kelompok untuk membuat sebuah cerita tentang hewan qurban. Membuat ceritanya secara bersama-sama, setiap kelompok terlihat sangat kompak bekerjasama menyelesaikan cerita. Ada yang menggambarkan ceritanya dan ada pula yang menuliskan ceritanya berbentuk narasi pendek. Kegiatan lainnya yaitu adik-adik diberi kebebasan untuk mengamati, mengomentari dan membaca gambar dari Big Book tentang Persahabatan. Mereka diminta untuk bercerita dan menggambarkan kembali gambar yang mereka ceritakan secara berpasangan. Di pelajaran olahraga adik-adik belajar melompat dengan bermain tapak gunung, dan B. Inggris di minggu ini adik-adik membuat my family booklet serta menuliskan kebiasaan yang sering dilakukan anggota keluarganya di rumah. Agama dan tari masih belajar seperti minggu lalu.

Setelah belajar macam-macam hewan qurban yang biasa diqurbankan di lingkungan sekitar kita, minggu ini adik-adik diajak membeli kambing bersama-sama. Tidak hanya adik-adik Merkurius abu-abu tapi seluruh adik Merkurius abu-abu dan jingga berbaris, berjalan pergi ke tempat penjualan hewan qurban yang tidak begitu jauh dari sekolah. Adik-adik terlihat sangat senang dan bersemangat. Bersenda gurau dalam barisan sambil melihat-lihat lingkungan sekitar itulah yang dilakukan adik-adik saat diperjalanan membeli kambing. Sesampainya disana, adik-adik langsung menyebar mencari posisi terdepan agar dapat melihat dan memilih kambing sampai akhirnya kakak meminta salah satu adik memilih kambing untuk dibeli. Adik-adik terlihat begitu asyik memberi makan kambing-kambing di tempat penjualan hewan qurban tersebut. Setelah adik-adik diberi waktu sejenak untuk memberi makan dan melihat-lihat kambing, selanjutnya adik-adik berbaris rapih untuk melakukan transaksi, setiap orang memberikan uang pada bapak penjual kambingnya. Lalu adik-adik membawa pulang kambing ke sekolah. di sekolah juga adik-adik sibuk memberi makan kambing-kambing yang ada. Setelah kegiatan tersebut, adik-adik diajak untuk membuat buklet tentang makanan hewan qurban dengan mencari dan menempel daun pada bukletnya. Sehari sebelum perayaan Idul Adha adik-adik juga diajak mengantarkan hewan qurban ke Masjid dekat sekolah, kita beramai-ramai mengantarkan kambing. Kegiatan olahraga adik-adik belajar melempar bola dan B. Inggris belajar tentang “House”.

Minggu terakhir di bulan September adik-adik memasak Beef Teriyaki. Seru sekali melihat adik-adik memasak. Adik-adik dibagi menjadi 3 kelompok dan semua mencoba memotong daging, memotong bumbu-bumbu yang dibutuhkan untuk memasak Beef Teriyaki. Ada beberapa adik yang terlihat sangat percaya diri saat memotong dan ada adik yang masih ragu-ragu ketiga memotong karena takut terluka. Tapi semuanya terlihat senang mengikuti kegiatan memasak hingga saat pulang meminta buklet resep masakannya dibawa pulang. Di minggu ini adik-adik melakukan drama tentang membeli kambing, adik-adik terlihat sangat senang bermain peran bahkan ada yang minta untuk bermain drama lagi. Akhir bulan ini juga adik-adik dijadwalkan untuk membuat hasil karya yang bisa dibawa pulang yaitu pajangan domba.

Open chat