Hari Senin, 28 September 2015 adik-adik sudah menunggu kegiatan hari ini karena sebelumnya Kakak memberitahukan di hari Senin akan ada kegiatan memasak Adik-adik bersorak tanda senang, kemudian ada salah satu adik yang bertanya “kita mau masak apa kak?”, kita akan memasak Beef Teriyaki.

Tibalah hari memasak, adik-adik memulai kegiatan dengan Brain Gym, berdoa, dan absen. Sebelum memulai memasak Kakak membuat 3 kelompok yang terdiri 4-5 orang, sayangnya ada salah satu adik yang belum bisa hadir dihari ini semoga di lain kesempatan bisa bergabung.

Setelah pembentukan kelompok adik-adik diperkenalkan alat dan bahan apa saja yang diperlukan untuk memasak Beef Teriyaki, mulai dari alat yaitu wajan, spatula/sodet, piring, sendok, pisau, talenan. Untuk bahannya yaitu daging sapi, bawang putih, bawang bombay, jahe, paprika, saos teriyaki, kecap manis, air, minyak, lada. Adik-adik ikut merasakan aroma dan tekstur dari setiap bahan juga perbedaan bawang yang sudah dikupas dan yang belum. Saat diperkenalkan ada beberapa adik yang belum mengetahui namanya seperti talenan, spatula/sodet, bawang Bombay.

Setelah diperkenalkan adik-adik siap untuk memasak dengan memakai celemek dan cuci tangan terlebih dahulu kemudian duduk sesuai kelompoknya. Saat semua sudah siap Kakak membagikan alat dan bahannya. Pertama adik-adik belajar memotong daging sendiri secara bergantian yang sebelumnya dipraktekan oleh Kakak. Komentar adik-adik saat memotong berbeda-beda, ada yang kesulitan atau tidak suka bau dagingnya. Setelah selesai memotong daging, Kakak menjelaskan dagingnya akan diungkap/direndam dengan jahe, bawang putih dan saos teriyaki agar bumbunya lebih meresap. Adik-adik melanjutkan memotong bawang Bombay dan bawang putih kemudian dilanjutkan memotong paprika hijau dan merah. Kegiatan memotong ini baik untuk melatih motorik kasar mereka.

.

Semua bahan sudah dipotong dan siap untuk dimasak, adik-adik melihat urutan memasak dan mencium aroma bumbunya. Caranya tuangkan minyak goreng secukupnya sampai panas dan masukkan bawang Bombay sampai berbubah warna, tambahkan sampai mendidih dan masukkan daging yang sudah direndam bumbu, lalu masukkan kecap manis dan saos teriyaki secukupnya. Tunggu daging sampai empuk lalu masukkan paprika sampai matang.

.

Selama mununggu dagingnya matang, adik-adik snack time dan ganti baju. Beef Teriyaki sudah matang… adik-adik duduk berkelompok untuk bersama-sama mencicipi masakan mereka, mereka senang sekali merasakan masakan yang mereka buat sendiri sampai ada yang minta untuk tambah.

Kegiatan memasak telah selesai, adik-adik membuat buklet tentang masakkan yang mereka buat. Isi dari buklet tersebut yaitu alat dan bahan yang mereka ketahui dengan digambar dan ditulis namanya. Senang sekali melihat adik-adik menyukai masakkan yang mereka buat sendiri, terima kasih adik-adik Merkurius Jingga

Ditulis oleh Kak Nita

Open chat