Bulan September, kegiatan kelas Merkurius Jingga bertema “Idul Adha”. Menyambut perayaan Idul Adha di kelas Merkurius membuat display untuk menghias kelas, display tersebut di letakkan antara kelas Merkurius Jingga dan Merkurius Abu-abu. Display yang dibuat berbentuk pohon besar dan sapi dengan rumput. Tujuan display ini untuk memberitahukan kepada adik-adik datangnya perayaan hari Idul Adha 1436 H, juga dijadikan sebagai pembelajaran untuk adik-adik. Mereka diajak untuk merasakan bagaimana suasana dan makna dari penyembelihan hewan qurban.

Pelajaran Agama dibulan ini Kak Samsul mengajarkan tentang mengenal rukun Iman. Kak Samsul membawakannya dengan memberikan lagu tentang Rukun Iman, isi lagunya yaitu…. Rukun Iman

Ada enam perkara

Rukun Iman namanya

Satu pada Allah

Dua Malaikat

Tiga Kitab-kitabNya

Empat pada rasulNya

Yang kelima Hari Kiamat

Enam Qada dan Qadar

Dari lagu adik-adik cepat menghafal isi dari rukun Iman. Kemudian dari mengenal Rukun Iman, Kak Samsul mengenalkan ciptaan Allah melalui hewan qurban.

Pelajaran IPS, PKn, dan IPA dijadikan satu karena saling berhubungan sesuai pembelajaran tematik. Kegiatannya yaitu mengenal kegiatan Idul Adha di sekolah Tetum Bunaya. Adik-adik diperlihatkan foto-foto kegiatan Idul Adha tahun sebelumya, mulai dari pembelian sampai penyembelihan hewan qurban. Selain kegiatan di sekolah, adik-adik membawa buklet liburan Idul Adha yang dibuat bersama Ayah dan Bunda di rumah untuk diceritakan di depan kelas, buklet yang dibawakan bagus, dan kreatif sehingga memudahkan adik-adik untuk menceritakan kembali. Kemudian adik-adik diajak untuk langsung membeli dan memilih hewan qurban, mengenal macam-macam hewan qurban juga mengenal makanan hewan qurban dan dijadikan buklet. Hewan qurban telah disembelih, dihari Senin adik-adik memasak Beef Teriyaki dan mencicipi masakannya di kelas.

Setelah adik-adik mengetahui bagaimana proses perayaan Idul Adha di rumah dan di sekolah, mereka membuat drama tentang membeli hewan qurban. Adik-adik dibagikan menjadi 3 kelompok yang terdiri dan 5 orang dan berperan sebagai pembeli, penjual, dan hewan qurban yaitu kambing, sapi, dan domba. Mereka antusias dan senang bermain peran dalam drama.

Hasil karya yang dibuat adik-adik di tema Idul Adha ini mebuat kolase domba kecil dan besar. Kolase yaitu kegiatan menempel potongan-potongan kertas kecil yang ditempelkan pada suatu gambar. Setelah adik-adik selesai membuat kolase domba, kemudian diwarnai dengan pewarna makanan, warnanya sesuai ukuran gambar domba besar dan domba kecil. Selain kolase domba adik-adik membuat domba berbentuk 3D yang terbuat dari barang daur ulang yang nantinya akan dibawa pulang.

Kegiatan pengembangan diri dilihat dari kegiatan sehari-hari di sekolah. Mulai dari cara melipat baju ganti, mencuci dan mengelap tangan, proses makan bersama bagimana adik-adik berlatih membawa piring, sendok, dan gelas dengan hati-hati juga kesabaran untuk mengantri mengambil makan.

Untuk kegiatan menari bersama Kak Rani, adik-adik menari ondel-ondel dan membuat kembang kelapa yang terbuat dari bahan daur ulang.

Olahraga bersama Kak Ikhwan setiap harinya dimulai dengan pemanasan lari pelan dan berjalan santai memutari Jalan Timbul sebanyak 2 putaran, setelah itu peregangan di lapangan membuat lingkaran dan berhitung 1 sampai 8 secara bergantian. Kegiatan yang diberikan bervariasi, mulai dari melakukan gerakan melompat ke depan, ke belakang  dan ke samping, permainan lempar tangkap bola kecil. Setelah materi selesai diberikan waktu 15 menit untuk bermain bebas yang berhubungan dengan olahraga, ada yang memilih bermain bola, bulu tangkis, lompat tali.

Kegiatan pramuka disetiap hari Jumat dimulai dengan upacara pramuka yang dipimpin dari kelas Venus sampai Saturnus secara bergantian. Untuk kelas Merkurius masih mengenal urutan upacara pramuka. Setelah upacara kegiatan yang diberikan berbeda-beda setiap kelasnya. Untuk Merkurius mengenal seragam pramuka mulai dari topi sampai sepatu. Mengenal anggota barung, adik-adik dipilih oleh ketua barung untuk dijadikan anggota barung. Ketua barung dipilih dari kelas Bumi dan mempunyai nama, ada barung emas, barung putih, barung hijau, barung ungu, barung biru, dan lain-lain. Kegiatan lainnya yaitu berkeliling mengenal lingkungan sekitar dan mencatat apa saja yang dilihat saat melewati jalan.

Bahasa Inggris bersama Mrs Arti mengenal My Family dan My House. Setiap awal kegiatan Mrs Arti memberikan lagu-lagu dengan bahasa Inggris. Kegiatan mengenal keluarga adik-adik membuat boneka jari sesuai jumlah anggota keluarga. Untuk kegiatan mengenal rumahku belajar tentang benda-benda dan ruangan di dalam rumah.

Itulah kegiatan yang dilakukan adik-adik Merkurius Jingga selama bulan September. Semoga dibulan berikutnya adik-adik selalu bersemangat menyambut kegiatan yang diberikan dengan senyum dan ceria.

Ditulis oleh Kak Nita

Open chat