Hari Sabtu, 30 April 2016, terasa berbeda dari hari Sabtu biasanya. Di ruang kelas Mars (Kelas 4 SD Tetum Bunaya) terdengar suara riuh Adik-Adik yang telah mulai berdatangan sejak pukul 07.00. Hari ini delapan orang adik berkesempatan menampilkan tari Rampak Genjring dalam pembukaan seminar Doing Auditory-Verbal Therapy at Home yang diadakan oleh Rumah Kepompong. Adik-adik akan tampil di Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia.

Adik-Adik yang telah datang langsung berganti pakaian dengan menggunakan manset biru dan leging hitam. Setelah semua berkumpul, Adik-Adik duduk bersama Kakak (guru) di lingkaran dan berdoa bersama. Lalu mereka memulai perjalanan menuju Depok.

Sebelum berangkat.

Sebelum berangkat.

Begitu tiba di lokasi acara, Adik-Adik terlihat ragu, dan Kakak-Kakak mencoba menenangkan Adik-Adik dengan mengajak mereka  berlatih sambil menunggu waktu penampilan. Selanjutnya adik-adik diajak Brain Gym agar lebih siap saat tampil di depan peserta seminar yang telah hadir.

“Marilah kita saksikan bersama penampilan pembuka dari SD Tetum Bunaya yang akan membawakan tarian Rampak Genjring,” kata pembawa acara.

IMG_1320

Mendengar ucapan tersebut adik-adik dengan semangat bergegas menaiki panggung sambil berbaris dan menuju posisi masing-masing. Musik pun dimulai dan Adik-Adik mulai menjentikkan stik dan menghentakkan kaki.  Peserta seminar terlihat menikmati irama musik yang bersemangat tersebut. Adik-Adik menari dalam harmoni. Suara tepuk tangan pun riuh saat tarian selesai.

UI-001“Aku udah gak deg-degan lagi,” kata seorang Adik saat turun dari panggung. Mereka terlihat puas dengan apa yang telah mereka tampilkan. Hal ini adalah buah dari usaha Adik-Adik yang telah mengikuti beberapa kali latihan bersama Kak Rani.

(Ditulis oleh Kak Titis/Titis Nur Widiawati)

Open chat