Hari yang ditunggu oleh Kelas Venus (kelas 2 di SD Tetum Bunaya). Sejak pagi mereka sudah berkumpul di halaman Kampus Akademik Pimpinan Perusahaan (APP). Hari itu mereka akan berwisata ke Museum Air Tawar dan Museum Serangga, Taman Mini Indonesia Indah, dan bus yang akan membawa mereka diparkir di halaman kampus itu.

Seru kan beramai-ramai pergi bersama teman. Sayangnya, dua anak berhalangan hadir karena sakit. Jadi hari itu yang berangkat 30 anak, didampingi delapan guru (kakak).

Kakak pendamping mengecek kehadiran anggotanya, dan per kelompok masuk ke dalam bus. Sebelum bus berangkat, tidak lupa berdoa.

Setelah tiba di TMII, anak-anak berbaris per kelompok lagi, untuk masuk ke Museum Dunia Serangga. Petugas siap menyambut, mengecek dan menghitung peserta sambil mempersilakan masuk ke museum.

Wow, kami mengamati  dan berkeliling di dalam museum. Banyak macam-macam serangga yang sudah diawetkan. Di area luar di belakang gedung museum anak-anak dapat menyaksikan serangga yang masih hidup seperti belalang yang mirip daun jambu biji dan kupu-kupu.

Setelah berkeliling asyik mengamati serangga-serangga yang ada di dalam Museum Serangga, anak-anak menuju danau yang berada di area depan Museum Dunia Air Tawar. Berjalan di atas jembatan yang tersedia menuju pintu Museum Dunia Air Tawar anak-anak membuka pelet (makanan ikan yang sudah dipersiapkan), dan melemparkannya sedikit demi sedikit ke danau. Langsung ikan-ikan bermunculan merebutkan makanan tersebut.

Setelah memberi makan ikan, anak-anak menuju area TRABIT. Anak-anak berbaris berkelompok dan menuju area TRABIT bersama pemandu menuju Ruang Jati. Di Ruang Jati anak-anak disambut oleh Ibu Disa sebagai Dokter Hewan yang akan memandu kegiatan. Anak-anak dapat mengenal spesies ikan yang hidup di air tawar. Anak-anak dapat mengenal bagian-bagian tubuh ikan dan juga dapat mengenal anatomy ikan.

Keliling di Tempat Budi Daya Ikan

Setelah mendengar dan menyaksikan penjelasan Ibu Disa tentang mengenal spesies ikan  air tawar anak-anak diajak Pemandu berkeliling dengan menjelaskan tempat dan macam-macam ikan yang berada di Area Budi Daya Ikan. Seperti ikan lele, ikan arwana, ikan gabus, ikan koki, ikan dan ikan-ikan yang lain.

LABORATORIUM

Setelah berkeliling di Area Budi Daya ikan anak-anak menuju dan berkumpul di ruang Laboratorium. Di laboratorium anak-anak disambut  petugas yang sudah mempersiapkan dan memberikan baju laboratorium satu persatu buat peserta untuk dipakai. Selanjutnya anak-anak mendengarkan dan menyaksikan penjelasan Ibu Disa tentang peralatan-peralatan yang ada di dalam laboratorium.

Kenang-Kenangan

Setelah dari dalam ruang Laboratorium anak-anak berkumpul dan berbaris di depan ruang Laboratorium untuk menyerahkan kenang-kenangan dari Kelas Venus Nova dan Kelas Venus Farra untuk Penyelenggara TRABIT.

Menonton Film 4 D

Setelah memberi kenang-kenangan ke pihak penyelenggara TRABIT di depan ruang laboratorium anak-anak berjalan dan berkumpul di depan pintu masuk untuk menonton Film 4 D. Sambil berbaris satu persatu anak-anak mendapat kaca mata 4 D dan duduk menyaksikan Film yang berjudul “Salamander Adventure”.

Berkeliling di Museum Dunia Air Tawar

Setelah menonton film 4 D anak-anak disambut oleh Pak Rohim sebagai pemandu di Musium Dunia Air Tawar dan Pemandu Atraksi.

Atraksi Belut Listrik

Anak-anak berkumpul di depan akuarium Belut Listrik. “Adik-adik hati-hati ya dengan Belut Listrik ini. Karena Belut Listrik ini dapat menghasilkan daya kira-kira 600 Volt dan dapat mematikan seekor buaya”. Ungkap Pak Rohim menjelaskan tentang Belut Listrik. Selanjutnya Pemandu memperlihatkan atraksi Belut Listrik yang dapat menyalakan lampu-lampu berbentuk bintang  yang berada di akuarium belut listrik.

Atraksi Ikan Supit

Setelah menyaksikan atraksi Belut Listrik anak-anak diajak pemandu berkeliling melihat ikan-ikan yang berada di akuarium dan menuju tempat ikan Supit. Pemandu menjelaskan menunjukkan bagaimana cara ikan supit mengambil mangsanya atau makanannya. Anak-anak menyaksikan ikan supit menyemprotkan air dari mulutnya dan mengenai makanan yang sudah dipersiapkan di atasnya.

Atraksi Ikan Buntal

Setelah menyaksikan atraksi ikan Supit anak-anak berlanjut menyaksikan penjelasan dan atraksi Ikan Buntal yang sudah dipersiapkan oleh Pemandu. Ikan Buntal dipegang dan sambil diusap-usap perutnya langsung mengembung dan membesar seperti balon.

Makan Siang

Setelah menyaksikan atraksi ikan Buntal anak-anak istirahat dan kembali ke ruang Kayu Jati untuk makan siang. Segar rasanya dan terasa berenergi kembali setelah makan siang dan istirahat.

Fun Games

Menjala/Menangkap ikan dengan jaring

Setelah istirahat dan makan siang di ruang Kayu Jati anak-anak melanjutkan kegiatan fun games yang sudah dipersiapkan oleh pemandu. Dengan memakai caping anak-anak mendengarkan dan menyaksikan penjelasan tentang bagaimana cara menjala ikan dengan jala atau jaring ikan.  Kemudian anak-anak bermain  dengan dibagi menjadi beberapa kelompok. Ada beberapa anak yang  menjadi ikan dan ada satu anak yang menjadi nelayan yang menjaring ikan.

Bekerjasama Memindahkan Gelang Karet dengan Sedotan

Setelah permainan menjaring ikan. Anak-anak dibagi dua kelompok dan melakukan permainan memindahkan gelang karet dengan sedotan.

Memindahkan  Air Dengan Gelas Tanpa Melihat

Setelah permainan memindahkan gelang karet dengan sedotan anak-anak melanjutkan melakukan permainan memindahkan air dengan gelas tanpa melihat.

Menangkap Ikan di Kolam

Ini saatnya yang dinanti-nanti. Setelah permainan memindahkan air anak-anak langsung menuju kolam sebelum masuk kolam anak-anak satu persatu diberi jaring kecil dan kantong plastik untuk menangkap ikan di kolam. Yang sudah mendapatkan dua ikan boleh langsung keluar , bersih-bersih dan ganti baju.

Atraksi Ikan Piranha

Setelah bersih-bersih dan ganti baju anak-anak bersiap-siap mengemasi barang. Sambil membawa barang anak-anak bersama pemandu diajak ke tempat ikan piranha untuk menyaksikan atraksi ikan piranha. Ikan piranha termasuk ikan pemakan daging. Pemandu sudah mempersiapkan makanan dan digantungkan di dalam akuarium ikan piranha dengan sekejap ikan piranha menghabiskan mangsanya atau makanannya. Atraksi ikan piranha merupakan akhir dari rangkaian kegiatan anak-anak di Museum Dunia Air Tawar.

Kembali ke Bus

Setelah berakhir kegiatan di Musium Air Tawar anak-anak langsung menuju Bus yang berada di tempat parkir. Anak-anak naik ke Bus dan duduk kembali sama seperti duduk saat berangkat. Tidak lupa anak-anak membaca doa untuk perjalanan pulang dengan bersama-sama. Selamat Tinggal Taman Mini Indonesia Indah semoga kami bisa berkunjung lagi.

 

Open chat