Rabu 20 Juli 2016 merupakan hari pertama bersekolah untuk kelas Langit di Taman Kanak-Kanak Sekolah Tetum Bunaya. Di hari pertama sekolah hadir 6 Adik kelas Langit Putih Biru, dan 6 Adik Langit Jingga Hijau. Adik kelas Langit masuk bertahap di minggu pertama agar lebih nyaman menjalani masa adaptasi.

IMG_9528-1

salam kepada kakak di pagi hari

Di hari pertama sekolah  ada yang dengan berani di kelas menyapa Kakak dan bermain dengan teman baru, dan ada yang masih bersedih saat berpisah dengan Bundanya,  inilah masa adaptasi Adik-adik. Hari pertama masih ada yang ditemani Bunda masuk di dalam Kelas, ada yang mau ikut kegiatan dan ada juga yang masih mengamati apa yang dilakukan teman-temannya di kelas

membuka sepatu sendiri

membuka sepatu sendiri

Ketika berpisah dari Orang tua yang mengantar. Adik-adik membuka sepatu terlebih dahulu, lalu menuju ke dalam sekolah untuk menyimpan sepatu di rak. Setelah itu, Adik-adik mengeluarkan isi yang ada di dalam tasnya ada sendal dan sikat gigi yang akan ditinggal di sekolah, serta botol minum di letakkan diatas meja kelas masing-masing.

IMG_0110

mengeluarkan perlengkapan sekolah

Adik-adik bertanya kepada Kakak dengan menyapa “Kak, namain sikat gigi aku dong. Kak, botol minum tempatnya dimana? Aku Adik Langit Putih Biru. Kak, abis ini aku ngapain lagi?”. Waw, seru ya. Adik – adik sudah mulai percaya diri terhadap teman dan Kakak barunya di kelas. Bahkan ada Adik yang bercerita diantar Mama, Papa, Bunda, Mommy, Daddy, Ayah.

IMG_9521-1

menyimpan tas ke dalam loker

Tentunya setelah mengeluarkan isi yang ada di dalam tas dan menyimpan peralatannya sesuai tempat yang disediakan Adik-adik melanjutkan dengan mengabsen dengan dibantu Kakak mencari namanya lalu Adik – adik sendiri mewarnai gambar bintang.  Absen selesai Adik-adik bermain di dalam kelas dan mengenal kelas barunya dengan berkegiatan.

IMG_0112

kegiatan jurnal

Tiba waktu masuk kelas, Adik-adik diajak Kakak untuk mengambil air minum dan minum air putih duduk di Lingkaran, lalu Kakak mengajak Adik untuk Brain Gym bersama, setelah Brain Gym, Adik-adik berkenalan dengan Kakak juga teman di Lingkaran dengan Kakak menyambut salam terlebih dahulu. Setelah itu tepuk semangat dan ceria, juga absen dengan bertepuk nama panggilan hingga berdoa. Setelah berdoa Adik-adik mengajak Kakak “Kak, yuk kita nyanyi yuk Kak” Akhirnya Adik dan Kakak bernyanyi bersama dengan bertepuk, ceria sekali suasanannya.

IMG_0385

bernyanyi bersama teman

Hari pertama kegiatannya Halal bi halal, Adik kelas Antariksa turun dan bergabung ke kelas Langit. Adik-adik langit menyambut kehadiran Kakak-kakak Antariksa dan menyapa. Lalu interaksi terjadi di lingkaran tentang kegiatan berkumpul ini. Beraneka jawaban Adik-adik “Salam-salaman, sholat di tempat yang luas, makan ketupat, makan kue”. Aneka ragam ya jawaban Adik-adik. Kakak menjelaskan tentang makna halal bi halal dengan bahasa Adik. Lalu dilanjutkan baris Kakak Antariksa serta Adik Langit dan salaing bersalaman juga mengucapkan selamat lebaran. Salam-salaman sudah dilanjutkan apa lagi ya kira-kira? Wah ternyata Kakak juga sudah menyiapkan berabagai macam kue lebaran seperti kue nastar, kembang goyang, kue semprong, dan dodol. Sebelum mencicipi kue lebaran bersama Adik-adik antri mencuci tangan terlebih dahulu lalu mengambil kue sesuai kesukaan mereka. Adik-adik terlihat menikmati kue lebaran hingga ada Adik yang mengatakan “Kak, Aku boleh nambah kak ?”.

IMG_7730

mencicipi kue lebaran

Setelah selesai berkegiatan bersama dan merapikan kembali dengan meletakkan piring kotor ketempat yang telah disediakan Adik-adik kembali ke kelas masing-masing. Adik-adik Langit Putih Biru melanjutkan kegiatan selanjutnya yaitu berjalan pelan di lingkaran, bergantian dengan kelas Langit Jingga Hijau yang bermain di halaman sekolah. Ketika Kakak mempresentasikan Adik-adik semua memperhatikan Kakak, lalu ketika Kakak menawarkan ada yang mau bergantian mencoba Adik-adik antusias mengangkat tangan dengan mengatakan “Aku mau kak”.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

bermain di halaman sekolah

Canda dan tawa Adik-adik ketika bermain bersama di halaman sekolah. Setelah seru bermain, Adik-adik berjalan pelan kembali menyimpan sendal dengan di susun lalu kembali ke dalam kelas minum di lingkaran. Kegiatan selanjutnya jurnal, dan makan bekal. Ketika jurnal Adik-adik menempel nama sendiri ke buku mereka dengan mengatakan “dirawat ya kak ya” lucu ya mereka. Setelah menyimpan peralatan sekolah seperti, buku dan tempat minum mereka mengeluarkan makan bekal mereka dengan makan bersama secukupnya kemudian antri menggosok gigi.

IMG_0098

sikat gigi

Setelah menggosok gigi “Aku mau ganti baju Kak”. Adik-adik perempuan ganti baju di musholla dan Adik laki-laki ganti baju di dalam kelas. Mereka melipat baju sendiri loh, wah keren yah. Ketika ganti baju salah satu Adik mengatakan kepada Kakak “Kak, rumah tetum bunayanya cantik Kak, aku suka” Kakak mengatakan terima kasih serta tersenyum dan mengatakan kepada Adik “nah supaya lebih cantik lagi, sama-sama kita jaga ya kelasnya” Adik pun tersenyum.

IMG_0274

lingkaran pulang

Setelah itu dilanjutkan kembali ke lingkaran dan bercerita kegiatan yang dilakukan pada hari ini dengan mengatakan “kegiatan hari ini seru dan menyenangkan, Aku besok mau sekolah lagi”. Kemudian bernyanyi pulang bersama dan mengambil tas, sepatu. Memakai sepatu sendiri dan berbaris pulang.

berbaris

Open chat