IMG_2835

Merkurius Jingga 2016/2017

Hari Rabu, tanggal 20 Juli 2016 adalah hari pertama adik-adik SD Tetum Bunaya masuk sekolah. Suasana baru, kakak baru, lingkungan baru dan teman baru pastinya menjadi pengalaman baru bagi adik-adik kelas Merkurius yang untuk pertama kalinya masuk ke gedung SD Tetum Bunaya.

Kelas Merkurius di SD Tetum Bunaya setara dengan kelas satu di sekolah-sekolah pada umumnya. Uniknya di SD Tetum Bunaya memiliki program adaptasi yang bertahap untuk adik-adik pada minggu awal kembali ke sekolah. Setiap adik dalam satu kelas tidak masuk secara bersama-sama di hari pertama sekolah namun adik-adik dibuatkan jadwal kedatangannya ke sekolah secara bertahap. Kegiatan adaptasi berlangsung dari tanggal 20-29 Juli 2016.

Pada tahun ajaran 2016-2017 adik di kelas Merkurius Jingga berjumlah 15 orang, dari jumlah tersebut adik-adik dibagi jadwal kedatangan bertahap dalam jangka waktu tiga hari mulai hari Rabu 20 Juli dijadwalkan 5 adik yang datang ke sekolah. Di hari Kamis 21 Juli bertambah lagi 5 adik menjadi 10 dan besoknya Jumat 22 Juli dijadwalkan 5 adik lagi berkumpul sehingga semua adik berkumpul di hari ke 3 masuk sekolah. Di 3 hari kedatangan adik yang bertahap ini suasana di lorong kelas Merkurius cukup ramai karena disana terlihat tidak hanya adik-adiknya yang antusias memasuki kelas baru namun para orang tua pun ikut serta antusias melihat kelas baru putra putrinya.

Selama masa adaptasi banyak hal yang dilakukan adik-adik kelas Merkurius Jingga. Di hari pertama masuk sekolah adik-adik yang datang di hari tersebut berkumpul di aula untuk halal bihalal. Sebelum halal bihalal ke aula, di kelas Kakak menanyakan tentang apa yang adik-adik ketahui mengenai halal bihalal. Jawaban adik beragam ada yang menjawab halal bihalal itu salam-salaman, berkumpul, dan lain sebagainya.

Halal bihalal

Saat masa adaptasi untuk pertama kalinya adik-adik juga mengikuti kegiatan upacara pramuka. Sebelum kegiatan upacara beberapa adik bertanya “Apa itu upacara Kak?” lalu Kakak menjelaskan tentang upacara dan adik-adik terlihat antusias mengikuti alur kegiatan upacara pramuka.

Selain itu di minggu adaptasi adik-adik diperkenalkan dengan kegiatan LAS (Latihan Aktivitas Sehari-hari) seperti  berjalan pelan di lingkaran dan garis lurus bahkan Kakak memberi tantangan berjalan pelan dengan membawa gelas berisi air dan adik-adik berusaha untuk menjaga airnya agar tidak tumpah saat berjalan. Adik-adik juga diajak membuat penanda untuk barang-barang miliknya seperti memberi nama alat-alat yang ditinggal di sekolah (sandal, sikat gigi, odol dan alat sholat), membuat penanda loker dengan menggambarkan dirinya serta membuat nama penanda kelas dengan menggambarkan benda kesukaannya.

Penanda loker

Selanjutnya adik-adik juga diperkenalkan cara mengeluarkan dan memasukkan kursi, melipat alas makan dan membawa benda. Di akhir kegiatan adaptasi adik-adik diajak membuat jadwal piket.

IMG_1414

Melipat alas makan

Pastinya beberapa kegiatan di atas pernah dilakukan sebagian adik yang sebelumnya bersekolah di TK Tetum Bunaya. Dengan semangat adik-adik yang sudah belajar kegiatan-kegiatan tersebut berlomba-lomba mengajukan dirinya untuk memberikan contoh bagi adik-adik yang baru masuk ke sekolah Tetum Bunaya. Semua bersemangat mengikuti kegiatan. Alhamdulillah dengan adanya masa adaptasi ini membantu adik-adik di kelas Merkurius menjadi lebih nyaman dengan teman dan lingkungan baru.

 

Ditulis oleh Kak Indri/Indriani

Open chat