Venus Nova 2016/2017

Venus Nova 2016/2017

Rabu, 20 Juli 2016 merupakan hari pertama adik-adik Sekolah Dasar Tetum Bunaya kembali ke sekolah. Selama delapan hari terhitung sejak tanggal 20 – 29 Juli 2016 adik-adik menjalani masa adaptasi di kelas yang baru.

Pada hari pertama masa adaptasi diawali dengan kegiatan halal bi halal bersama seluruh Kakak-kakak di Aula SD Tetum Bunaya. Semua Adik-adik dan kakak pendamping kelas dari kelas Merkurius hingga kelas Saturnus berkumpul bersama untuk saling berkenalan, bersilaturahmi, dan saling memaafkan.

Pada tahun ajaran 2016/2017 adik-adik kelas Venus Nova berjumlah 15 orang. Pada hari pertama masa adaptasi, kelas Venus Nova hanya dihadiri oleh lima orang siswa. Penambahan jumlah adik-adik di kelas dilakukan secara bertahap lima orang setiap harinya. Sehingga di hari kedua adik yang masuk berjumlah sepuluh, dan di hari ketiga semua siswa dapat hadir di sekolah.

Pada minggu pertama ini kegiatan diisi dengan bercerita tentang liburan adik-adik selama libur akhir semeter dan libur lebaran. Beberapa adik sangat antusias menceritakan liburannya bersama keluarga. Ada yang pulang ke kampung halaman, ada yang berlibur ke luar kota, bahkan ada pula yang menikmati liburan keluar negri bersama keluarga.

Bercerita liburan di lingkaran

Bercerita liburan di lingkaran

Kegiatan lain yang tak kalah penting dilakukan adik-adik di minggu pertama masa adaptasi yaitu memberi nama semua perlengkapan yang ditinggal di sekolah seperti sikat gigi, pasta gigi, alat solat, dan sandal agar tidak hilang atau tertukar dengan teman lain. Adik-adik juga membuat hiasan pintu dan nama untuk loker masing-masing.

Penanda Kelas Venus Nova

Penanda Kelas Venus Nova

Kegiatan pada masa adaptasi di minggu kedua diisi dengan pemilihan pemimpin kelas atau Leader of the Week yang bertujuan mengembangkan kepekaan sosial dan jiwa pemimpin di dalam diri adik-adik. Pembagian jadwal piket juga telah dilakukan saat masa adaptasi. Mereka sangat antusias mengajukan diri menjadi pemimpin di setiap bulannya.

Membuat jadwal piket kelas

Membuat jadwal piket kelas

Kegiatan yang tak kalah pentingnya dari pemilihan pemimpin kelas adalah kegiatan Latihan Aktivitas Sehari-hari yang meliputi latihan berjalan pelan, latihan mengeluarkan dan memasukan kursi, latihan membawa piring dan gelas, latihan naik-turun tangga, dan membuat aneka hiasan kelas. adik-adik juga dilibatkan untuk membuat berbagai aturan ketika berada di dalam kelas seperti tidak tidur/tiduran di kelas, tidak berlari-lari di dalam kelas, duduk bersila ketika di lingkaran, mengangkat tangan sebelum bertanya/berbicara, menyayangi teman, dan sebagainya. Setiap adik diharuskan berkontribusi membuat peraturan di kelas yang telah disetujui bersama-sama.

Membuat aturan kelas

Membuat aturan kelas

Setelah menjalani masa adaptasi diharapkan adik-adik telah siap menjalani hari-hari di kelas Venus Nova dengan gembira dan penuh semangat.

 

Ditulis oleh Kak Pipit/Fitri Alawiyah

Open chat