Kelas Bumi Benua 2016/2017

Kelas Bumi Benua 2016/2017

Wah… tidak terasa sudah memasuki tahun ajaran baru 2016-2017. Selamat datang Adik-adik Bumi Benua. Kakak senang bisa menyambut kalian di kelas yang baru tentunya dengan suasana yang baru. Pastinya kegiatan di kelas juga seru loh,, pasti sudah tidak sabarankan untuk berkegiatan.

Sebelum memasuki masa aktif belajar, Adik-adik melewati “Masa Adaptasi”. Di masa adaptasi kalian diajak untuk lebih mengenal lingkungan sekolah. Di hari pertama masa adaptasi tepatnya Rabu, 20 Juli 2016, kelas Bumi Benua lima adik yang hadir untuk pertama kalinya masuk sekolah, mereka datang dengan senyum semangat. Alhamdulillah mereka semua memakai seragam pramuka lengkap dengan atributnya, karena sebelumya memakai seragam pramuka pada hari Jumat. Adik-adik juga membawa peralatan yang akan ditinggal di sekolah seperti sikat gigi, odol, sandal, sarung/mukena, dan sajadah.

Hari pertama sekolah

Hari pertama sekolah

Hari kedua masa adaptasi bertambahlah anggota kelas Bumi Benua, yang awalnya lima adik sekarang menjadi sepuluh adik. Adik-adik yang datang di hari sebelumnya dengan senang bercerita pengalaman mereka kepada temannya tentang kegiatan kemarin. Selain itu mereka juga bercerita tentang masa liburan sekolah mereka, ada yang mudik dan ada juga yang tetap berada di Jakarta. Bahkan ada adik yang sudah membawa tulisan tentang kisah liburannya.

Masa adaptasi di hari ketiga bertambah lagi anggota Bumi Benua, menjadi limabelas  adik. Lengkap sudah Adik kelas Bumi Benua.

Apa saja ya.. yang dilakukan mereka selama masa adaptasi?

Pada hari pertama masuk sekolah Adik-adik diajak untuk halal bihalal di Aula memperingati Hari Raya Idul Fitri 1437H. Mereka antusias untuk berkumpul di Aula, karena dapat bertemu dan bermaaf-maafan bersama dengan Adik-adik dari Merkurius hingga Kakak-kakak Saturnus.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Kegiatan Halal bihalal

Masa adaptasi untuk Bumi Benua bertujuan untuk mengenal lebih dekat lingkungan sekolah. Kegiatan diawali dengan brain gym, silent game, absen, dan doa. Kemudian Adik-adik diajak untuk mengelilingi sekolah, mulai dari dalam gedung hingga di luar gedung. Adapun komentar-komentar mereka sepeti, “wah sekarang kelas Merkurius dan Venus ada dibawah semua ya kak?”, “Perpustakaan barunya keren kak, gambarnya bagus!”, siapa yang membuat gambar di dinding perpustakaan ini kak?”. Ternyata mereka sangat antusias melihat perubahan yang ada di lingkungan sekolah.

Kegiatanberikutnya dilakukan di dalam kelas, mereka membuat karya seperti peraturan kelas, ulang tahunku, dan jadwal piket. Selama masa adaptasi mereka juga menulis “perasaanku hari ini” setiap hari. Ada yang nulis senang, biasa saja, seru, dan lainnya.

IMG_0341

Peraturan kelas

IMG_0340

Display ulang tahun

Selain itu, adik-adik bermain di luar kelas seperti bermain petak jongkok dan batu tujuh. Disela-sela masa adaptasi, Adik-adik dibekali dengan kegiatan Latihan Aktivitas Sehari-hari seperti berjalan pelan, membawa benda, mengeluarkan dan memasukan kursi, naik turun tangga, dan buka tutup pintu.

IMG_0454

Latihan aktivitas sehari-hari

Nah,  yang buat Kakak suka senyum sendiri adalah ketika kalian meminta untuk makan bekal. “Kak  kapan ni kita makan bekal?” padahal waktu baru menunjukkan pukul 08.30. Mungkin karena aktivitas kalian dan masih masa pertumbuhan jadi kalian cepat lapar. Kemudian kalian menanyakan, “kapan kita mulai belajar kak?”. Wah sudah tidak sabar ya kalian ingin belajar, “tenang mulai bulan Agustus adik-adik akan mulai melakukan aktivitas belajar, dan tentunya ada program makan bersama serta sholat zuhur berjamaah”. “yeah…. makan catering”, teriak salah satu adik.

Makan bekal

Makan bekal

Alhamdulillah seiring berjalannya waktu, adik-adik dapat beradaptasi  menyesuaikan diri dengan kelas, dan keadaan yang baru, yang berbeda dengan kelas sebelumnya yaitu kelas Venus.

 

Ditulis oleh Kak Uchi/Uchi Damaliah

Open chat