Display nama kelas Bumi Samudra

Kelas Bumi Samudra 2016/2017

Rabu, 20 Agustus 2016 adalah hari pertama masa adabtasi adik-adik kelas Bumi Samudra. Hari ini ada lima adik yang hadir dengan semangat mengikuti kegiatan, dan ada satu adik yang berhalangan hadir karena sakit. Ada juga seorang adik yang masuk di hari Kamis tetapi meminta masuk cepat karena tidak sabar ingin bersekolah. Kegiatan diawali dengan perkenalan Kakak kelas yaitu Kak Ikhwan dan Kak Ami yang berada di kelas Bumi samudra. Kegiatan hari pertama adalah halalbihalal. Kegiatan dilakukan  di aula bersama seluruh adik-adik dari Merkurius hingga Saturnus dan Kakak-kakak. Selesai kegiatan halal bihalal, adik-adik melanjutkan berkeliling halaman sekolah, melihat kelas-kelas dan menyapa teman-teman dan kakak yang ada di setiap kelas. Kegiatan berikutnya, adik-adik masuk ke dalam kelas. Di dalam kelas adik-adik duduk di lingkaran dan bercakap-cakap kemudian dilanjutkan dengan membuat nama untuk di pintu masuk kelas dan membuat nama pada loker yang sudah mereka pilih sendiri. Akhir kegiatan adik-adik menulis tentang perasaanku di hari pertama masuk sekolah dan menempelnya, kemudian  membuat buklet libur lebaran.

IMG_9760

Bercerita di lingkaran

Halal bihalal

 

Kamis, 21 Agustus 2016 adalah hari kedua masa adaptasi adik-adik di kelas Bumi Samudra. Hari ini ada penambahan lima adik dan menjadi sepuluh adik yang masuk. Semua adik-adik hadir tepat waktu dan menggunakan seragam sesuai dengan jadwalnya. Kegiatan diawali dengan perkenalan dan bercakap-cakap bersama Kak Ikhwan dan Kak Ami di Bumi Samudra. Setelah bercakap-cakap, adik-adik diajak berkeliling halaman sekolah dan kelas-kelas serta menyapa adik-adik dan kakak-kakak. Kegiatan berikutnya dilanjutkan dengan menata sandal dan mengecek perlengkapan yang dibawa. Bagi adik yang baru hadir melakukan kegiatan membuat nama di depan pintu dan di loker yang mereka pilih. Kegiatan selanjutnya yaitu membuat daftar ulang tahun dan peraturan di kelas. Pada hari kedua masa adaptasi diakhiri dengan kegiatan menulis perasaanku di hari kedua bagi adik yang sudah masuk pada hari sebelumnya dan hari pertama bagi adik yang baru masuk.

IMG_3640

Peraturan kelas

IMG_0344

Menuliskan perasaanku

Jumat, 22 Agustus 2016 adalah hari ketiga masa adaptasi, adik-adik sudah hadir semua kecuali ada satu adik yang izin karena masih di luar kota. Seperti hari sebelumnya kegiatan diawali dengan perkenalan kembali dan bercakap-cakap. Kemudian berkeliling halaman sekolah dan kelas-kelas serta menyapa teman-teman dan Kakak-kakak. Kegiatan  dilanjutkan di kelas yaitu membuat daftar piket kelas, dan Selanjutnya berkegiatan LAS (Latihan Aktivitas Sehari-hari) berjalan pelan. Adik-adik melakukan berjalan pelan mengelilingi lingkaran secara bergantian. Setelah selesai adik-adik melakukan  memasukkan dan mengeluarkan kursi, kemudian diakhiri dengan kegiatan menulis perasaanku. Selama masa adabtasi, adik-adik semangat melakukan kegiatan dan tak sabar ingin cepat berkegiatan kembali.

IMG_3638

Jadwal piket

Hari berikutnya Senin 25 Agustus, semua adik-adik masuk. Adik-adik semangat mengikuti kegiatan yang diberikan Kakak. Kegiatan ini berlangsung dari hari kehari selama masa adabtasi hingga Jumat 29 Agustus 2016. kegiatan yang adik-adik lakukan diantaranya menyelesaikan buklet libur lebaran atau liburan, dan mendata perlengkapan yang wajib dibawa dan di tinggal di sekolah. Mereka juga melakukan kegiatan LAS (Latihan Aktivitas Sehari hari, seperti berjalan pelan, membawa benda, membuka dan menutup pintu, menaiki dan menuruni tangga. Dalam minggu ini, ada adik yang sakit. Setiap pagi saat berdoa, tak lupa mendoakan temannya agar cepat sembuh dan kembali ke sekolah untuk berkegiatan bersama.

IMG_0458

Buklet liburan

Banyak cerita pengalaman adik-adik yang membuat semangat berada di sekolah.  Bermain games bersama Kakak membuat semangat baru dengan Kakak baru di Kelas Bumi Samudra, dan bermain diluar adik-adik mengeksplore lingkungan sekolah yang sudah beberapa minggu mereka tinggalkan karena libur sekolah.

IMG_2087

Bermain di lapangan sekolah

Rabu, 27 Agustus, adalah hari pertama adik-adik melakukan upacara pramuka setelah libur lebaran. Adik-adik bersemangat dan berbaris sesuai urutan kelas. Kegiatan upacara pramuka berlangsung hikmat. Selama masa adabtasi belum ada Program Makan Bersama. Adik-adik membawa bekal tambahan atau membawa dua kotak bekal yang isinya berbeda. Mereka tak sabar segera ada Program Makan Bersama. Adik-adik terlihat sudah tidak sabar untuk memasuki masa aktif belajar di sekolah, banyak adik-adik yang menanyakan kapan kita belajarnya Kak…? Oleh karena itu dihari terakhir masa adaptasi ini adik-adik menyelesaikan semua tugas dan kegiatan selama masa adaptasi yang belum selesai seperti membuat kalender, jadwal ulang tahun teman-teman, jadwal piket, jadwal mata pelajaran dan peraturan di dalam kelas.Alhamdulilah, semua dapat terselesaikan dengan kerjasama.

Hari terakhir masa adaptasi di kelas Bumi Samudra ditutup dengan kegiatan yang ceria dan menyenangkan.

 

 

Ditulis oleh Kak Ami dan Kak Ikhwan/Triyami dan Ikhwan Indra Permana

Open chat