SAMSUNG CAMERA PICTURES

Karya Kelas Venus Nova 2016/2017

Pada bulan Agustus adik-adik telah terbiasa kembali pada rutinitas sekolah yang lebih padat dibandingkan dengan bulan Juli saat masa adptasi. Kini Adik-adik Venus Nova telah merasa nyaman dengan semua kegiatan yang dilakukan di kelas maupun di luar kelas. jam pelajaran di kelas juga mulai berubah dari 07.00 – 10.30 menjadi 07.00 – 11.30.

Bulan Agustus merupakan awal bagi adik-adik untuk kembali melakukan kegiatan pagi dan program makan bersama di sekolah. Saat awal bulan, masih banyak adik yang bertanya tentang kegiatan pagi yang harus mereka lakukan. Setelah berjalan sekitar tiga hari, adik-adik mulai berinisiatif sendiri untuk langsung berwudu dan solat duha tanpa diingatkan oleh kakak. Setelah solat mereka akan langsung menuju kelas merkurius jingga untuk mengaji. Salam dengan seluruh kakak merupakan akhir dari rangkaian kegiatan pagi mereka di sekolah.  Sayangnya, masih ada beberapa adik yang tidak mendapat kesempatan melakukan kegiatan pagi di sekolah karena terlambat datang.

IMG_1920

Sholat dhuha

Program makan bersama di sekolah juga dimulai pada bulan Agustus. Adik-adik sangat bergembira apabila saat makan telah tiba. Seringkali mereka akan mengingatkan kakak tentang jam makan siang yang hampir tiba. Setelah selesai menulis jurnal, adik-adik secara tertib mengantre mengambil celemek, alas makan, dan peralatan makan lainnya.

Kegiatan agama pada bulan Agustus adik-adik mulai belajar mengenal huruf-huruf hijaiyah. Mereka membuat karya dari barang-barang bagus untuk menghias nama mereka yang di tulis dengan huruf hijaiyah. Pada pelajaran IPS adik-adik diajak mengenal dokumen pribadi miliknya seperti akta kelahiran dan rapor sekolah. Adik-adik juga belajar presentasi di depan kelas pada pelajaran IPS. Mereka mempresentasikan buklet kerjasama yang mereka buat sebagai aktivitas di rumah. Setelah semua adik selesai presentasi, mereka diminta mengungkapkan perasaan ketika presentasi di depan kelas. Ada yang berkata takut, gembira, gerogi, dan was-was. Namun semua adik dapat mempresentasikan tugas mereka dengan baik. Kegiatan mendengar, berbicara, menulis, dan membaca juga dilakukan saat pelajaran bahasa indonesia. Mereka diajak mendengarkan cerita, berbicara, membaca majalah bobo, dan menuliskan isi dari bacaan yang mereka baca di majalah bobo.

IMG_3487

Bekerjasama dalam permainan

Pada kegiatan SBK, adik-adik membuat baju dari kertas samson sesuai dengan ukuran badan mereka dan dihias dengan pola titik, garis, dan lengkung hingga membentuk suatu gambar. Semua hasil karya yang mereka buat di pajang di depan kelas untuk pameran hasil karya. Pada pameran hasil karya adik-adik berhak memberikan komentar pada hasil karya yang disukainya. Setiap adik mendapatkan tiga buah post it untuk menuliskan komentar dan di tempelkan pada karya teman lain yang ia suka.

IMG_8246

Karya SBK

Pada bulan Agustus adik-adik mengenal tumbuhan di sekitar sekolah pada pelajaran IPA. Mereka mengenal berbagai macam bentuk akar, batang, daun, dan bunga. Mereka diajak untuk menggunakan sumber belajar yang tersedia di lingkungan sekolah. Adik-adik juga bergembira belajar di luar kelas saat kegiatan olahraga. Mereka berlari, melompat, dan bermain lempar tangkap bola di lapangan.

Kegiatan Olahraga

Kegiatan Olahraga

Agustus merupakan bulan kemerdekaan bagi Indonesia. Pada bulan ini adik-adik melakukan kegiatan upacara kemerdekaan Indonesia yang ke 71 tahun bersama ayah bunda di sekolah. Upacara dimulai pukul 7.15 hingga 08.00. Setelah upacara berakhir, seluruh ayah bunda yang hadir dikumpulkan di amphi theatre untuk menyaksikan penampilan adik-adik menyanyikan lagu-lagu wajib Indonesia. Kegiatan lain yang tidak kalah seru yang dilakukan pada bulan Agustus adalah kegiatan edukasi lingkungan dengan membuat bird feeder pada kegiatan pramuka  sebagai wujud cinta lingkungan dan pelestarian burung liar.

Upacara Hari Kemerdekaan

Upacara Hari Kemerdekaan

Masih dalam rangkaian perayaan kemerdekaan Indonesia, Perpustakaan Tetum Bunaya melakukan soft launching peresmian perpustakaan sebagai bagian dari kegiatan Pustaka Merdeka yang dilaksanakan pada Selasa, 30 Agustus 2016 pukul 09.30-10.30 untuk kelas Venus. Adik-adik diajak mengunjungi perpustakaan dan mendaftarkan diri mereka sebagai anggota perpustakaan. Adik-adik yang telah mendaftar mendapatkan kartu perpustakaan yang berguna untuk meminjam buku perpustakaan.

Kegiatan pada bulan Agustus di kelas Venus berjalan dengan lancar dan adik-adik sangat menikmati hari-hari mereka di sekolah. Adik-adik telah merasa nyaman dengan pergantian guru pada tiap mata pelajaran di kelas Venus. Mereka antusias menantikan kakak yang mengajar setiap pergantian jam pelajaran. Semoga pada bulan-bulan berikutnya adik-adik tetap bersemangat melakukan kegiatan di kelas Venus Nova.

 

 

Ditulis oleh Kak Pipit/Fitri Alawiyah

Open chat