Foto Bersama

Foto Bersama

Kegiatan di bulan Agustus kelas Saturnus mengambil tema Aku dan Sekolahku, yang bertujuan memotivasi adik-adik untuk bersemangat memulai kembali kegiatan belajar di sekolah. Seperti mengenal kelas baru, peran di sekolah, dan tanggung jawab dalam kegiatan di sekolah. Selain itu, Adik-adik diharapkan dapat kembali beradaptasi dengan kegiatan yang dilakukan di sekolah.

Adik-adik mulai terbiasa melewati kegiatan yang lebih padat pada bulan Agustus dengan penuh semangat. Kegiatan belajar dilakukan di dalam dan di luar kelas untuk lebih memahami materi pelajaran yang disampaikan. Kemampuan sosialisasi mereka diasah dengan melakukan kegiatan belajar bersama kelompok, berdiskusi untuk menyampaikan pendapat serta melakukan presentasi. Aktivitas di rumah bersama Ayah Bunda juga telah diberikan untuk mengingat kembali kegiatan yang telah dilakukan di sekolah.

Tempat Alat Tulis

Tempat Alat Tulis

Kegiatan mengaji sebelum belajar telah dimulai kembali, kegiatan dilakukan di aula sekolah. Adik-adik mengikuti kegiatan mengaji setelah salam dan shalat dhuha. Materi yang disampaikan bervariasi setiap harinya mulai dari membaca bacaan shalat, Asmaul Husna, membaca surat Al Quran, dan doa sehari-hari.

Kegiatan Agama pada bulan Agustus ini belajar tentang surat Al Alaq, mulai dari cerita turunnya surat Al Alaq hingga membaca surat bersama-sama. Pada kegiatan Pendidikan Kewarganegaraan Adik-adik mengenal tentang Lambang negara yaitu Garuda Pancasila. Menjelaskan makna setiap simbol pada burung garuda seperti bintang, rantai, padi dan kapas, pohon beringin, dan kepala banteng serta sejarah perumusan Pancasila melalui video.

image001

Presentasi Bahasa Indonesia

Pada kegiatan Bahasa Indonesia Adik-adik belajar tentang unsur cerita seperti tokoh, latar, watak, dan amanat. Awalnya Adik-adik mendengarkan cerita yang dibacakan oleh kakak pengajar selanjutnya Adik-adik menuliskan unsur ceritanya secara berkelompok dan hasilnya dipresentasikan. Adik-adik mendapat tugas untuk membaca buku “Sastrunus” dan menuliskan unsur cerita dari salah satu cerita yang dipilih untuk dikumpulkan.

Pada kegiatan Matematika Adik-adik mengingat kembali tentang operasi hitung bilangan bulat serta FPB dan KPK yang diaplikasikan kedalam bentuk soal cerita. Selain itu Adik-adik mempelajari materi baru tentang pangkat tiga dan akar pangkat tiga. Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam membahas tentang ciri khusus makhluk hidup. Adik-adik membuat soal mencari kata dan ditukarkan dengan temannya untuk dikerjakan. Selanjutnya tugas yang diberikan adalah membuat ringkasan materi yang telah dipelajari kemudian dipresentasikan di depan kelas.

Kegiatan Ilmu pengetahuan Sosial dikenalkan dengan ibukota provinsi di Indonesia melalui tugas kelompok untuk membuat peta setiap pulau yaitu Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Nusa tenggara. Selanjutnya peta tersebut digabungkan menjadi satu sehingga terbentuk peta Indonesia. Kegiatan Olahraga kelas Saturnus dimulai dengan membuat bat tenis meja dari barang bekas, selanjutnya Adik-adik gunakan untuk bermain tenis meja di dalam kelas. Pada bulan ini Adik-adik juga belajar tentang teknik dasar permainan basket, mereka terlihat bersemangat saat melakukan permainan.

image002

Olahraga Tenis Meja di Kelas

Pada kegiatan Seni Budaya dan Keterampilan Adik-adik dikenalkan dengan berbagai jenis alat musik melalui video. Setelah menyaksikan video tersebut kemudian dilakukan tanya jawab dan diskusi. Dalam kegiatan Pendidikan Lingkungan Hidup Kelas Saturnus membuat hiasan sesuai dengan tema kemerdekaan menggunakan potongan majalah yang berwana merah dan putih yang disatukan menjadi bendera. Selain itu Adik-adik juga membuat tulisan Indonesia Merdeka dengan menggunakan plastik kemasan telur yang disusun pada dinding depan kelas membuat suasana kemerdekaan semakin terasa. Adik-adik juga membuat tempat alat tulis dari botol air mineral yang digunting bagian atasnya kemudian digantungkan pada jendela kelas.

image003

Hiasan Kelas Bertemakan Kemerdekan

Kegiatan Bahasa Inggris di kelas Saturnus tentang WH-Question. Adik-adik dikenalkan melalui gambar dan diminta untuk membuat pertanyaan yang dapat dibuat dengan menggunakan gambar tersebut. Selanjutnya pengenalan tentang materi tersebut juga dilakukan melalui video, setiap Adik membuat tanggapan atau pertanyaan dari video yang telah dilihat bersama-sama.

image004

Pengamatan Burung

Pada kegiatan Pramuka tanggal 3 Agustus 2016 SD Tetum Bunaya mendapat kunjungan dari Komunitas Burung Indonesia yang berasal dari kota Bogor. Adik-adik kelas Mars, Yupiter dan Saturnus mengikuti kegiatan pengamatan burung di lingkungan sekolah secara langsung dengan menggunakan binokular. Pada hari tersebut Adik-adik berangkat lebih pagi dari biasanya agar dapat lebih lama mengamati burung yang sedang terbang untuk mencari makan di pagi hari. Kegiatan diakhiri dengan membuat peta jalur hijau burung secara berkelompok di aula sekolah.

image017

Upacara Kemerdekaan

Kegiatan Upacara Kemerdekaan RI dilaksanakan di lapangan sekolah dengan mengundang Ayah Bunda berlangsung lancar. Petugas upacara berasal dari kelas Mars, Yupiter, dan Saturnus. Setelah selesai kegiatan upacara, Adik-adik bersama Ayah Bunda berkumpul di amphiteater untuk menyanyikan lagu wajib.

Pada tanggal 29 Agustus Adik-adik pertama kali mengunjungi perpustakaan sekolah dalam rangkaian kegiatan pustaka merdeka yaitu soft launching perpustakaan Pustaka Bunaya. Adik-adik berkesempatan untuk memasukkan data diri pada komputer sebagai syarat untuk menjadi anggota perpustakaan. Setelah mendaftar Adik-adik akan mendapat kartu anggota yang dapat diigunakan untuk meminjam buku. Mereka terlihat antusias saat mengetahui perpustakaan sekolah menggunakan komputer untuk mencari buku yang mereka perlukan.
Pada bulan September diharapkan Adik-adik lebih bersemangat dalam mengikuti kegiatan.

Ditulis Oleh : Kak Titis/Titis Nur Widiawati

Open chat