image001

Keceriaan Adik-adik saat mengerjakan tugas

Bulan Agustus telah berlalu. Adik-adik sudah dapat menyesuaikan pelajaran, jadwal masuk dan pulang sekolah, serta jadwal pemakaian seragam yang berbeda dari tahun kemarin. Berbagai kegiatan dilalui dengan penuh semangat dan ceria.

Diawali dengan kegiatan pagi seperti Sholat Dhuha, mengaji, salam dengan kakak-kakak, dan saat dilingkaran (Brain Gym, Silent game dan bermain bola pintar).

image003

Membuat buku lipat ‘Aku di dalam Peta’

Setelah melalui masa adaptasi di bulan Juli, Adik-adik kelas Mars mulai fokus belajar dan diselingi dengan permainan. Berbagai aktifitas dilakukan secara individu maupun kelompok. Selama di bulan Agustus ini, pelajaran Bahasa Indonesia dan pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial berkolaborasi membuat kegiatan yaitu buku lipat yang bertemakan ‘Aku di dalam Peta’. Pada buku lipat ini Adik-adik diajarkan mengenai arah mata angin, denah dan peta. Selain itu, Adik-adik dibebaskan menggunakan kain perca sebagai media pembuatan peta.

image005

Hasil Karya Adik

Selain kegiatan membuat buku lipat, mereka juga diajarkan mengenai sifat operasi hitung, dan operasi hitung bilangan. Pada saat kegiatan berlangsung, Adik-adik terlihat antusias saat kakak sedang menjelaskan materi. Meskipun ada satu adik yang pada awalnya menganggap matematika sulit, tetapi setelah diarahkan ia bisa mengerjakan soal dengan lebih cepat dibandingkan dengan teman-temannya.

image007

Menyelesaikan soal matematika

Pelajaran yang tidak kalah serunya ketika belajar IPA dengan materi mengenai rangka. Pertama-tama Adik-adik dikenalkan mengenai rangka pada benda dan mereka diarahkan membuat layang-layang. Setelah terbentuk layang-layang, mereka dibebaskan mewarnai layang-layangnya dengan bertemakan kemerdekaan Republik Indonesia.

image009

Mengenalkan rangka melalui layang-layang

image011

Fungsi Rangka Manusia

Tidak hanya kegiatan di kelas saja. Tetapi ada beberapa kegiatan yang melibatkan orang tua murid diantaranya kegiatan pengamatan burung di lingkungan sekolah. Kegiatan tersebut dilakukan di pagi hari dengan menggunakan binokular bersama Komunitas Burung Indonesia.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Mengamati burung melalui Binokuler

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Partisipasi orang tua dalam kegiatan Pengamatan Burung

image017

Upacara hari Kemerdekaan Republik Indonesia

Selain itu, untuk menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia diselengarakan kegiatan Upacara Kemerdekaan dan menyanyikan lagu-lagu nasional.

Akhir bulan Agustus, Sekolah Tetum Bunaya mengadakan soft launching perpustakaan. Pada kegiatan ini adik-adik diarahkan untuk mendaftarkan diri sebagai anggota perpustakaan. Kegembiraan nampak pada wajah mereka saat dipersilakan untuk memilih buku dan membacanya.

Ditulis Oleh : Kak Dwi

Open chat