IMG_8038

Karya Poster diri

Bulan Agustus merupakan bulan awal bagi adik-adik Merkurius Jingga mengikuti kegiatan belajar di kelas dengan jam yang lebih panjang. Di bulan ini tema kegiatan adik-adik di sekolah yaitu tentang Aku dan Sekolahku. Kegiatan yang dilakukan selama satu bulan ini tentunya kegiatan yang dapat mengarahkan adik-adik untuk dapat mengenal identitas dirinya, teman dan kelas baru.

Di bulan ini adik-adik sudah mulai dibiasakan untuk melakukan kegiatan pagi seperti wudhu, sholat dhuha, mengaji dan salam pada Kakak-kakak.

Di awal pertemuan dalam setiap mata pelajaran, Kakak mengajak adik-adik untuk mengenal kegiatan apa saja yang akan dilakukan di kelas Merkurius karena tentunya nama-nama mata pelajaran di kelas Merkurius berbeda dengan kegiatan-kegiatan saat mereka bersekolah di Taman Kanak-kanak. Kegiatan ini dilakukan dengan menggali dari apa yang mereka ketahui. Adik-adik terlihat antusias mengikuti kegiatan di kelas baru.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Mengenal kegiatan SBK

Selama satu bulan ini, pada kegiatan IPA adik-adik diajak untuk membuat poster diri. Adik-adik terlihat senang dengan kegiatan ini karena mereka tidak hanya menggambar tubuhnya dalam sebuah kertas kecil namun adik-adik diminta untuk dicetak tubuhnya kemudian adik-adik melengkapi anggota tubuh lainnya. Setelah itu mereka mewarnai poster diri, lalu menggunting gambar dirinya dan menempelnya di dinding-dinding kelas. Diakhir pertemuan pada kegiatan ini adik-adik diajak merefleksikan perasaannya saat membuat poster diri. Ada yang berkata senang, capek saat menggambar dan menggunting tapi bagi mereka semua itu tetap menyenangkan karena pada akhirnya mereka dapat menempel hasil karyanya di kelas.

IMG_5581

Mewarnai poster diri

IMG_8243

Menempel poster diri

Untuk kegiatan awal pada pelajaran Agama adik-adik diajak mengenal tentang kitab Al Quran dan surat Al Fatihah. Adik-adik diberi kesempatan untuk melihat dan menghitung ayat surat Al Fatihah dalam mushab Al Quran dan melafalkan surat Al Fatihah bersama-sama. Selanjutnya pada kegiatan Seni Budaya dan Keterampilan (SBK) adik-adik diperkenalkan dengan unsur rupa dengan mengamati pohon-pohon yang ada di lingkungan sekolah serta mengamati mural di gedung TK Tetum Bunaya. Adik-adik diajak mengidentifikasi bersama-sama dari apa yang diamati dan digambarkan kembali oleh mereka.

IMG_7985

Mengamati mural gedung TK Tetum Bunaya

Kegiatan IPS di bulan ini yaitu tentang identitas diri. Kegiatan ini dilakukan dengan menggambarkan dirinya beserta informasi mengenai dirinya mulai dari nama hingga hal-hal yang disukai adik-adik. Kemudian di kegiatan Bahasa Indonesia adik-adik diminta untuk berkenalan secara lisan dengan diawali permainan menyebutkan nama dan benda kesukaannya. Adik-adik juga belajar membentuk huruf dari namanya dengan play dough,adik-adik terlihat antusias sekali membentuk huruf dengan media tersebut bahkan ada adik yang meminta izin untuk membawa play doughnya ke rumah. Selain itu adik-adik juga menceritakan pengalamannya membuat poster diri di depan teman-temannya dan teman lainnya diajak untuk aktif merespon apa yang dijelaskan temannya.

Pada kegiatan PKn adik-adik diperkenalkan dengan aturan di sekolah, dari aturan memakai baju seragam, membuat aturan kelas secara bersama-sama dan membuat jadwal piket. Adik-adik tidak hanya mengenal dan membuat aturan akan tetapi mereka juga melaksanakan aturan-aturan yang telah dibuat bersama. Kegiatan Matematikanya adik-adik diajak mengenal teman-teman serta barang-barang yang ada di kelasnya dengan menghitung jumlah temannya di kelas dan menghitung benda yang ada di kelas sesuai kategori yang ditentukan oleh Kakak misalnya adik-adik diminta menghitung dan menggambarkan benda yang berwarna biru di kelas mereka.

Jadwal piket

Jadwal piket

Kegiatan olahraga di bulan ini yaitu adik-adik melakukan kegiatan berjalan, berlari dan melompat. Sesekali adik-adik diajak melakukan permainan yang berhubungan dengan materi inti pada kegiatan olahraga. Sedangkan kegiatan Bahasa Inggris di bulan ini yaitu tentang Me and My Family. Adik-adik diajak bernyanyi bersama dan membuat bentuk rumah serta menggambarkan anggota keluarganya.

IMG_2747

Berjalan di garis lurus

Selain kegiatan belajar di kelas adik-adik juga terlihat antusias mengikuti kegiatan Parent of The Month saat Ayah dan Bunda temannya yang menjadi pemimpin mengisi kegiatan di kelas.

Kegiatan yang baru bagi adik-adik kelas Merkurius ini adalah kegiatan Pramuka yang dilaksanakan setiap hari rabu. Di bulan ini adik-adik diajak untuk mengenal tentang baju seragam pramuka serta belajar baris berbaris. Adik-adik terlihat antusias mengikuti kegiatan upacara pramuka setiap hari rabu pagi. Selain itu adik-adik juga terlihat gembira saat upacara bendara pada hari kemerdekaan 17 Agustus 2016 dapat mengikuti upacara bersama ayah bundanya.

 

Ditulis oleh Kak Indri/Indriani

Open chat